About the Journal

Pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dewasa ini lebih mengutamakan kualitas. Pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang berkualitas diharapkan mampu memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kualitas pendidikan di Negara Indonesia. Pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang bermutu dapat dicapai jika guru atau dosen memiliki inovasi di dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Salah satu inovasi yang dapat dilakukan adalah membuat wadah bagi para pecinta Bahasa dan Sastra Indonesia, yaitu berupa Prosidng. Prosiding yang disusun Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Magister FBS, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia ini berjudul SANDIBASA. SANDIBASA merupakan akronim yang berarti Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Hal ini sangat gayut dengan tuntutan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di era digital saat ini. Sumbangan pemikiran dari berbagai pakar diharapkan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Penerbit berharap agar prosiding ini dapat menambah wawasan pembaca dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

Current Issue

Vol. 2 No. 1 (2024): Sandibasa II (Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia II)

SANDIBASA II merupakan akronim yang berarti Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia II.  Tema besar yang diangkat dalam SANDIBASA II adalah “Inovasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang Beretika pada Era Digital”. Dari tema besar tersebut diklasifikasikan dalam empat sub-tema, yaitu Strategi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Metode/Model Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, serta Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Seminar kali ini menghadirkan 2 pemakalah utama dan pemakalah pendamping, yaitu: Prof. Dr. Nurhayati, M.Pd. dosen FKIP Universitas Sriwijaya (UNSRI) dan  Prof. Dr. Drs. Nengah Arnawa, M.Hum. dosen FBS Universitas PGRI Mahadewa Indonesia (UPMI Bali) serta 22 pemakalah pendamping dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Sehingga secera keseluruhan terdapat dua puluh empat artikel yang membahas tema inovasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang beretika pada era digital. 

Published: 2024-05-06

Articles

View All Issues