Current Issue

Vol. 1 No. 1 (2022): WIDYADHARMA 1: INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN SENI DRAMA TARI DAN MUSIK

Widya Dharma adalah sebuah istilah yang merujuk pada pengertian widya diartikan sebagai ilmu pengetahuan dan dharma diartikan sebagai kewajiban atau kebenaran. Widya Dharma diartikan sebagai proses dalam menyampaikan, menuangkan, menggambarkan dan menjabarkan tentang kewajiban atau kebenaran dari ilmu pengetahuan. Pelaksanaan dari Widya Dharma dapat berupa pertemuan-pertemuan ilmiah yang dikemas dalam Seminar, Webinar, Sarasehan, dan Loka Karya. Atau dengan kata lain adanya pertemuan antara penyebar ilmu pengetahuan dan penerima ilmu pengetahuan.

            Widya Dharma yang dilaksanakan oleh Program Studi Pendidikan Sendratasik adalah dalam bentuk Webinar Nasional dengan tema “ Inovasi Pembelajaran Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik “ yang  mengundang beberapa akademisi dari perguruan tinggi luar sebagai narasumber dipadukan juga dengan akademisi dari program studi Pendidikan Sendratasik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Mahadewa Indonesia. Sesuai tema tersebut di atas, materi yang disampaikan, dijabarkan dan dituangkan adalah inovasi yang telah dilakukan atau konsep inovasi yang akan dilakukan dalam pembelajaran seni Drama Tari dan Musik baik di tingkat SMA/SMK atau di Perguruan Tinggi yang memeiliki mata kuliah seni Drama Tari dan Musik.

            Inovasi memberikan pengertian pengembangan atau perubahan yang bisa saja terjadi pada perubahan atau pengembangan terhadap sistem, metode, materi, startegi dan lainnya dalam sebuah proses pembelajaran dengan tujuan peserta didik lebih cepat memahami, mengerti dan selanjutnya mempraktikan dari ilmu pengetahuan yang telah diterimanya. Kata bijak yanhg sering didengar adalah Tanpa Inovasi kitan tidak akan berkembang dan dengan Inovasi kita bisa meraih semua mimpi.

Published: 2022-04-20

Articles

View All Issues