MODEL PEMBELAJARAN PBL PADA MATA PELAJARAN SENI TARI DI SMK N JAWA TENGAH KOTA SEMARANG

Keywords:

Model Pembelajaran, PBL, Seni Tari

Abstract

Model Pembelaran Project Based Learning (PBL) merupakan sebuah strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru seni tari di SMK Negeri Jawa Tengah. Inovasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran perlu di kembangkan agar sesuai dengan tujuan dan capaian pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis model pembelajaran PBL pada mata pelajaran seni tari SMK N Jawa Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan art in education. Data diidentifikasi untuk dapat diverifikasi dan disimpulkan. Hasil dari penelitian ini yaitu SMK Negeri Jawa Tengah dalam mengimplementasikan PBL menggunakan Langkah-langkah 1) Start With the Essential Question, 2) Design a Plan for the Project, 3) Create at schedule (4) Monitor the Students and the Progress of the Project (5) Assess the Outcome (6) Evaluate the Experience. Simpulan dari penelitian ini yaitu model pembelajaran PBL dapat digunakan sebagai strategi pembelajaran seni tari yang mengkolaborasikan kreatifitas guru dalam mengembangkan materi dan kreatifitas siswa dalam membentuk project.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-04-20