PENCIPTAAN KARYA SENI TARI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERORIENTASI SCIENCE TECHNOLOGY, ENGEENERING, ART, AND MATH (STEAM) SEBAGAI UPAYA MENJAGA EKSISTENSI KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT

Authors

  • Ni Luh Sustiawati Pendidikan Seni Pertunjukan, Fakultas Seni Pertunjukan ISI Denpasar
  • Ni Wayan Mudiasih Pendidikan Seni Pertunjukan, Fakultas Seni Pertunjukan ISI Denpasar

Keywords:

Penciptaan Seni Tari; PjBl; STEAM; Kearifan Lokal

Abstract

Indonesia memiliki keanekaragaman budaya maupun kearifan lokal yang telah dimiliki oleh masyarakat. Dibutuhkan upaya untuk menjaga eksistensi kearifan lokal masyarakat, sehingga mampu menjaga jati diri dan mempererat persatuan dan kesatuan. Penciptaan karya seni tari merupakan salah satu langkah yang dapat digunakan sebagai bentuk eksplorasi maupun refleksi kearifan lokal melalui karya garapan seni yang artistik. Dengan demikian tujuan dari penelitia ini adalah untuk menganalisis proses penciptaan karya seni tari melalui model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning (PjBL) dan berorientasi Science, Technology, Engeenering, Art, and Math (STEM). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik deskriptif. Adapun hasil penelitian yang diperoleh yakni  untuk menjaga eksistensi kearifan lokal sebagai kearifan yang dimiliki masyarakat dalam menjaga kehidupan sosial dapat dilakukan melalui kegiatan Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning (PjBL) berorientasi pada Science Technology, Engeenering, Art, and Math (STEAM) untuk melibatkan peserta didik pada kegiatan penciptaan karya seni tari yang melibatkan teknologi untuk memfasilitasi peserta didik dalam mencari informasi serta merangkai sebuah produk seni melalui kegiatan ilmiah.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-04-20