ELEMEN-ELEMEN ESTETIS KOMPOSISI TARI

Authors

  • I Wayan Mastra Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Luh Putu Pancawati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Keywords:

Elemen-Elemen Estetis Komposisi Tari

Abstract

Dalam seni pertunjukan tari yang professional mengenal elemen-elemen Estetis Komposisi Tari, yaitu menata gerak-gerak tari sesuai dengan tingkatan estetis pandangan kemampuan penata dan penonton. Tari yang baik adalah tari yang bisa “memuasakan hati penonton”, karena sebuah pertunjukan dihadapkan oleh semua lapisan masyarakat, oleh karena itu persiapan yang matang sangat diutamakan dalam pencapaian tujuan oftimal.

 Tari-tarian Indoneia banyak macam dan jenisnya, yang mana masing-masing mempunyai ciri has dan fungsi tersendiri. Untuk pencapaian pertunjukan tari yang edial memerlukan elemen-elemen komposisi tari, salah satu diantaranya adalah musik, baik sebagai iringan tari maupun sebagai pengiring tari. Fungsi musik dalam tarian saling keterkaitan dengan gerak tari. Untuk itu pertunjukan tari dalam penyajiannya tidak terlepas dengan musik serta unsur-unsur persyaratan lainnya.

Tujuan penelitian secara umum meletrarikan kesenian Indonesia. Tujuan khususnya yaitu untuk memperdalam tentang elemen-elemen estetis komposisi tari yang terkandung dalam seni tari Indonesia. Metode digunakan yaitu metode analisis deskretip. Bentuk penelitian kualitatif. Sumber data dapat diimput melalui berbagai sumber buku yang valid dengan obyek penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-04-20