REPRESENTASIONAL “PANDANGAN DUNIA BALI” DIBALIK PAGELARAN TARI SANGHYANG

Authors

  • A.A. Putra Dwipayana Universitas Hindu Indonesia Denpasar
  • I Gede Sutana STAHN Mpu Kuturan Singaraja

Keywords:

Tari Sanghyang, Representasional, Pandangan Dunia.

Abstract

Sebagai salah satu kesenian kuno di Bali, tari Sanghyang menjadi sebuah pagelaran yang tidak hanya bersifat estetis, tetapi fungsionalnya terhadap aspek sosial dan kebudayaan Bali lebih mengarahkan pada suatu ketentuan yang khusus terhadap equilibrium kosmik. Oleh karena itu, dalam kajian ini memposisikan tari Sanghyang sebagai salah satu kesenian yang representatif terhadap objek formal kajian dan perlu ditelusuri terkait hubungannya dengan kesesuaian pandangan dunia orang Bali sehingga identifikasi ini lebih memperhatikan pada persoalan karakteristik kebudayaan Bali yang membentuk kesenian ini sebagai bagian yang tidak terpisahkan dengan Bali secara subjeknya. Metode dalam kajian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengupayakan kajian pada titik tolak intensionalitas. Sesuai dengan hasil yang diperoleh dalam analisis yang dilakukan, kajian ini menunjukkan bahwa, keberadaan tari Sanghyang sebagai salah satu kesenian kuno di Bali yang dikategorikan sebagai kesenian sakral menghadirkan pandangan dunia yang sintesis (kesatuan) antara dunia sekala-niskala dalam realitas yang tidak terpisahkan dan dualistik untuk pencapain kesimbangan kehidupan. Pendasaran ini sangat berkaitan dengan pandangan dunia Bali.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dibia, I Wayan. 1999. Selayang Pandang Seni Pertunjukan Bali. Yogyakarta: Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia Bekerjasama dengan arti.line atas Bantuan Ford Fondation.

Dibia, I Wayan. 2012. Ilen-Ilen Seni Pertunjukan Bali. Denpasar: Bali Mangsi.

Lodra, I Nyoman. 2017. Tari Sanghyang: Media Komunikasi Spiritual Manusia dengan Roh. Dalam Jurnal Multikultural & Multireligius Vol. 16 No. 2. (241-253)

Paramita, I Gusti Agung. 2020. Pandangan Dunia dan Karakteristik Kebudayaan Bali. dalam Sarasastra Pusparagam Pemikiran Kebudayaan Bali. Badung: Sarwa Tattwa Pustaka (157-170)

Westa, I Wayan. 2018. Seni dan Refilosofi Kebudayan. Dalam Bali dalam Narasi. Denpasar: Pascasarjana Universitas Hindu Indonesia dan PT. Japa Widya Duta.

Triguna, Ida Bagus Gde Yudha. 2011. Mengapa Bali Unik ?. Jakara: Pustaka Jurnal Keluarga.

Published

2022-04-20