Meningkatkan aktifitas dan hasil belajar fisika melalui penerapan model pembelajaran siklus belajar hipotetik-deduktif

Authors

  • I Made Sudana SMA Negeri 4 Denpasar, Bali, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.3760729

Keywords:

Hypothetic-Deductive learning cycle model, activities, physics learning outcomes

Abstract

This study is a classroom action research, which aimed to determine the effectiveness of the Hypothetic-Deductive Learning Cycle Learning Model to improve students’ learning activities and outcomes in Physics subjects. The research subjects were 36 students’ of class X-MIPA3 of SMA Negeri 4 Denpasar in the academic year 2015/2016. The object of this research is the activities and learning outcomes of students' physics on the subject matter of Irregular Straight Motion and Irregularly Changed Straight Motion. Student learning activity data was collected using observation, while Physics student learning outcomes data was collected using tests. The criteria for success of this study are set as follows: (1) student activity is at least an active category, (2) the average student learning outcomes are at least 76, and (3) classical learning completion is at least 85%. The data obtained were analyzed descriptively qualitatively. At the end of the second cycle, the results of the study showed that: (1) the activities of students were classified as active, (2) the average student learning outcomes reached 79.50 and (3) classical learning completeness reached 88.89%. Conclusion, the Hypothetical-Deductive Learning Cycle Learning Model effectively improves the activities and learning outcomes of students’ of class X-MIPA3 of SMA Negeri 4 Denpasar in the academic year 2015/2016.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, bertujuan untuk mengetahui efektivitas Model Pembelajaran Siklus Belajar Hipotetik-Deduktif sebagai upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fisika. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-MIPA3 SMA Negeri 4 Denpasar yang berjumlah 36 orang pada tahun pelajaran 2015/2016. Objek penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar Fisika siswa pada materi pelajaran Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB). Data aktivitas belajar siswa dikumpulkan menggunakan lembar observasi, sedangkan data hasil belajar Fisika siswa dikumpulkan menggunakan tes hasil belajar. Kriteria keberhasilan penelitian ini ditetapkan sebagai berikut: (1 aktivitas siswa minimal kategori aktif, (2) rerata hasil belajar siswa minimal 76, dan (3) Ketuntasan Belajar Klasikal minimal 85%. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Pada akhir siklus II, hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas siswa tergolong kategori aktif, (2) rerata hasil belajar siswa mencapai 79,50 dan (3) ketuntasan belajar mencapai 88,89%. Kesimpulan, Model Pembelajaran Siklus Belajar Hipotetik-Deduktif efektif meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X-MIPA3 SMA Negeri 4 Denpasar pada tahun pelajaran 2015/2016.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S., Supardi, & Suhardjono. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dasna. (2006). Model Siklus Belajar (Siklus belajar) dalam Pembelajaran Kimia. Malang: Universitas Negeri Malang.

LGM Wiratini. (2012). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas XII Bahasa SMA Negeri 1 Kerambitan Semester 1 Tahun Pelajaran 2011/2012. Laporan PTK:Tidak Dipublikasikan.

Mulyasa. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, (2013).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 59 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah, Kemdikbud (2013).

Sudiatmika. (1997). Penguasaan Konsep Zat dan Wujudnya melalui Siklus Belajar Empiris-Induktif. Bandung: IKIP Bandung.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).

Widana, I. W. (2008). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XII IPA-2 SMA Negeri 1 Kerambitan Semester 2 Tahun Pelajaran 2007/2008 Melalui Strategi Pembelajaran Open Ended. Laporan PTK:Tidak Dipublikasikan.

Widiadnyana, K. (2009). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Siklus Belajar Hipotesis-Deduktif Terhadap Hasil Belajar Kimia di Sekolah Menengah Atas (Studi Eksperimen di SMA Negeri 1 Busungbiu). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Zainal Aqib. (2002). Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendikia.

Published

2020-05-11

How to Cite

Sudana, I. M. (2020). Meningkatkan aktifitas dan hasil belajar fisika melalui penerapan model pembelajaran siklus belajar hipotetik-deduktif. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 1(1), 112-121. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760729

Issue

Section

Articles