Kontribusi pendidikan dan pelatihan terhadap kualitas pengelolaan pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.3760434Keywords:
education and training, learning managementAbstract
This study aims to determine the contribution of education and training, to the quality of learning management in high school teachers in Tabanan District separately or simultaneously.This study is an ex post pacto study with a population of all high school teachers in Tabanan District totaling 294 people, the sample used was 90 people with proportional random sampling techniques through lottery. Data analysis methods used are simple regression, multiple regression, multiple correlation, and partial correlation.The results showed that: there was a significant contribution of education and training to the quality of learning management with a contribution of 49.90% and an effective contribution of 24.95%. From the results of the study and supported by the results of previous studies and opinions of experts, it can be concluded that education and training can improve the quality of learning management for teachers so that policy makers, especially principals, motivate teachers to take part in education and training periodically to improve the quality of education.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi pendidikan dan pelatihan, terhadap kualitas pengelolaan pembelajaran pada guru-guru SMA di Kecamatan Tabanan secara terpisah maupun simultan. Penelitian ini adalah penelitian ex post pacto dengan populasi semua guru SMA di Kecamatan Tabanan berjumlah 294 orang, sampel yang digunakan 90 orang dengan teknik proportional random sampling melalui undian. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana, regresi ganda, korelasi ganda, dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat kontribusi yang signifikan pendidikan dan pelatihan terhadap kualitas pengelolaan pembelajaran dengan kontribusi sebesar 49,90% dan sumbangan efektif sebesar 24,95%. Dari hasil penelitian dan didukung oleh hasil penelitian sebelumnya serta pendapat dari ahli maka dapat disimpulkan pendidikan dan pelatihan dapat meningkatkan kualitas pengelolaan pembelajaran pada guru sehingga bagi pengambil kebijakan khususnya kepala sekolah untuk memotivasi guru agar mengikuti pendidikan dan pelatihan secara periodik guna meningkatkan kualitas pendidikan.
Downloads
References
Direktotat Jenderal GTK. 2016. Pedoman Pengelolaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guna Mendukung Pengembangan Profesi Guru Pembelajar (PPGP). Jakarta: Kemdikbud.
Junaedi, Akhmad. 2012. Kontribusi Pendidikan dan Pelatihan, Motivasi Berprestasi, dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) di Kabupaten Jembrana. (Jurnal Ilmiah Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan Volume 2).
Notoatmojo.1998. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 28 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah.
Santoso, S. 2005. Bank Soal Statistik dengan SPSS. Jakarta: Alex Media Komputindo.
Siti Nurjaningsih, dkk. 2019. Pengelolaan Pendidik dan tenaga Kependidikan (MPPKS-PTK). Jakarta: Direktorat GTK Kemdikbud.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Widana, IW., Suarta, IM., Citrawan, IW. 2019. Penerapan Metode Simpang Tegar untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Penulisan PTK dan Artikel Ilmiah. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat) http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jpm Vol.4 No. 1 2019, hh. 365-375.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2020 I Ketut Hariwirawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an Open Access article distributed under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License, which permits use, sharing, adaptation, distribution and reproduction in any medium or format, as long as you give appropriate credit to the original author(s) and the source, provide a link to the Creative Commons licence, and indicate if changes were made. The images or other third party material in this article are included in the article's Creative Commons licence, unless indicated otherwise in a credit line to the material.