Penentuan bilangan oksidasi unsur dalam senyawa atau ion dalam penyetaraan persamaan reaksi redoks

Authors

  • I Wayan Sudiya SMA Negeri 1 Kuta Selatan, Bali, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.3760692

Keywords:

numbers oxidation, ion, poliatom

Abstract

Research composed in order to overcome the problem of determining the oxidation number by applying techniques / shortcuts for determining the oxidation number of elements in compounds or ions which in its implementation begins with an agreement to reverse the price of bilox from positive to negative or vice versa. The concept of shortcuts for determining the oxidation number of elements in compounds or ion ions has begun to be applied since the 2004/2005 school year until now in the Mathematics and Natural Sciences class XII in the discussion of equalizing redox reactions. The impact achieved from this strategy will facilitate students in completing equalization of the redox reaction equation in class XII IPA and can also be introduced in class X. The conclusion of this shortcut writer is very well applied in class XII IPA, in this way they can quickly and easily determine the oxidation number of an element in a compound or polyatomic ion. The results can also be very useful to help speed up the completion of the equations of the redox equations either by the oxidation number method or the half reaction method.

Penelitian ini disusun guna mengatasi masalah menentukan bilangan oksidasi dengan menerapkan teknik/cara pintas penentuan bilangan oksidasi unsur dalam senyawa maupun ion. Pelaksanaan pembelajaran diawali dengan kesepakatan untuk membalik harga biloks dari positif menjadi negatif atau sebaliknya. Konsep cara pintas penentuan bilangan oksidasi unsur dalam senyawa atau ion sudah penulis terapkan sejak tahun pelajaran 2004/2005 sampai sekarang di kelas XII MIPA pada pembahasan penyetaraan reaksi redoks. Dampak yang dicapai dari strategi ini memudahkan peserta didik dalam menyelesaikan penyetaraan persamaan reaksi redoks di kelas XII MIPA dan dapat juga diperkenalkan di kelas X. Kesimpulan penulis, cara pintas ini sangat baik diterapkan di kelas XII MIPA, karena dengan cepat dan mudah menentukan nilai bilangan oksidasi unsur dalam senyawa ataupun ion poliatom. Hasil pembelajaran berguna untuk membantu mempercepat penyelesaian penyetaraan persamaan reaksi redoks baik dengan metode bilangan oksidasi maupun metode setengah reaksi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Endang Susilawati-Tarti Harjani. 2016. Buku Siswa Kimia 1. Solo: PT Wangsa Jatra Lestari.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.

Tim FKIP. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tirka. 1994. Determinasi Faktor Kejelasan Guru, Efektifitas Interaksi Dan Lingkungan, Belajar Terhadap Self Esteem Dan Prestasi Akademis Siswa SMA Negeri Di Bali. Laporan Penelitian. STKIP: Singaraja.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Published

2020-05-11

How to Cite

Sudiya, I. W. (2020). Penentuan bilangan oksidasi unsur dalam senyawa atau ion dalam penyetaraan persamaan reaksi redoks. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 69-74. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760692

Issue

Section

Articles