Meningkatkan hasil belajar PPKN siswa kelas XII IPS 1 SMAN 1 Kuta Selatan tahun pelajaran 2019-2020 menggunakan model think pair share berbantuan kartu masalah

Authors

  • Elisabet Sumbung SMA Negeri 1 Kuta Selatan, Bali, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.3760720

Keywords:

learning model, think pair share, problem card, learning result

Abstract

This study is aimed to improve students’ PPKn learning result through Think pair share with problem card in grade XII IPS 1 SMA Negeri 1 Kuta Selatan in first semester of 2018/2019 academic year. This study is classroom action research. The subject of this study is students of XII Sosial 1 class in SMA Negeri 1 Kuta Selatan in the first semester 2019-2020 0f academic year. They are 36 students, meanwhile the object is the students’ learning results. Based on the data analysis result, it can be concluded that the result of the students’ learning increase from 62,75 (in pre-cycle) to 70,53 in the first cycle and 78,11 in the second cycle. Classically increase from 41,67% ( in pre-cycle) to 63’89% ( 1st cycle) and 94,44% (2nd cycle).

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas XII.IPS 1 SMAN 1 Kuta Selatan pada semester ganjil tahun pelajaran 2019 - 2020 melalui pembelajaran dengan Model Think Pair Share Berbantuan Kartu Masalah. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Kuta Selatan pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2019-2020 dengan jumlah siswa 36 orang, sedangkan objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan bahwa hasil belajar siswa pada kompetensi pengetahuan meningkat dari 62.75 (Pra Siklus) menjadi 70.53 pada Siklus I, dan menjadi 78.11 (Siklus II) dengan Ketuntasan Klasikal meningkat dari 41.67% (Pra Siklus) menjadi 63.89% (Siklus I), dan menjadi 94.44% (Siklus II).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anita, Lie. 2004. Cooperative Learning dalam Ruang-ruang Kelas. Jakarta : Grasindo.

Gagne, Berliner. 2009. Pentingnya Motivasi Belajar Siswa.Diambil dari : http://researchengines.com.

Hartina. 2008. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Paire Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Makassar (Studi pada Materi Pokok Laju Reaksi). Skripsi. Jurusan Kimia FMIPA, UNM.

Ibrahim, M,. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa

Kemmis, S & Mc Taggart, R. 1992. The Action Research Planner. Australia: Deakin University Press.

Nurhadi. dkk. 2003. Pembelajaran Konstekstual (Cooperatif Learning di Ruangruang Kelas). Jakarta: Gramedia Widiasarana.

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slamet. 2003, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Cet. IV, Jakarta: Rieneka Cipta.

Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosadakarya.

Tampubolon, Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga

Published

2020-05-11

How to Cite

Sumbung, E. (2020). Meningkatkan hasil belajar PPKN siswa kelas XII IPS 1 SMAN 1 Kuta Selatan tahun pelajaran 2019-2020 menggunakan model think pair share berbantuan kartu masalah. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 104-111. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760720

Issue

Section

Articles