Pengembangan instrumen penilaian tematik berbasis HOTS untuk peserta didik kelas IV sekolah dasar

Authors

  • Ni Wayan Suarti SDN 2 Sibetan

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.6178829

Keywords:

HOTS, thematic assessment instrument, quality

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen penilaian tematik berbasis HOTS yang berkualitas secara teoretis dan empiris untuk peserta didik kelas IV SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development, dengan langkah sebagai berikut: (1) potensi masalah, (2) perencanaan, (3) desain produk, (4) validasi produk oleh ahli, (5) revisi produk , (6) uji coba produk, (7) produk akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian tematik yang dikembangkan memiliki kualitas secara teoretis dan empiris. Kualitas secara teoretis berdasarkan penilaian dari 3 ahli yang menyimpulkan semua soal layak digunakan, karena terpenuhinya kriteria penulisan butir soal dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa. Dari kriteria HOTS, 40 soal memenuhi kriteria soal HOTS, yaitu terpenuhinya aspek materi. Kualitas secara empiris berdasarkan analisis hasil uji coba lapangan. Semua butir soal memenuhi syarat validitas dan reliabilitas, dengan tingkat kesukarannya 32,5% soal mudah, sedang 57,5%, dan sukar 10%. Dari segi keefektifan distraktor ada 97,5% pengecoh berfungsi dan 2,5% pengecoh tidak berfungsi.

This study aims to develop a HOTS-based thematic assessment instrument with theoretical and empirical quality for fourth grade elementary school students. The type of research used is research and development, with the following steps: (1) potential problems, (2) planning, (3) product design, (4) product validation by experts, (5) product revision, (6) testing product, (7) final product. The results showed that the thematic assessment instruments developed had theoretical and empirical qualities. The theoretical quality is based on the assessment of 3 experts who conclude that all the questions are suitable for use, because the criteria for writing the items from the material, construction, and language aspects are fulfilled. From the HOTS criteria, 40 questions meet the HOTS criteria, namely the fulfillment of the material aspects. Quality is empirically based on the analysis of the results of field trials. All items met the validity and reliability requirements, with a difficulty level of 32.5% for easy questions, 57.5% for medium, and 10% for difficult questions. In terms of distractor effectiveness, 97.5% of distractors are functioning and 2.5% of distractors are not functioning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, N. F. and Endang, S. (2014). Pengembangan instrumen penilaian

keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada materi asam basa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(2), 1380-1389.

Arikunto, S. (2018). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi ke-4. PT. Bumi Aksara.

Atmaja, I. K. S., Sukendra, I. K., & Widana, I. W. (2021). Pengembangan bahan ajar digital matematika SMA kelas X berorientasi HOTS. Widyadari, 22(2), 459 – 468. https://doi.org/10.5281/zenodo.5550368

Budiarsa, I. G. (2020). Meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas XII TKJ A SMKN 3 Tabanan melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan teknik diskusi kelompok. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 82-92. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760711

Budiman, A. and Jailani. (2014). Pengembangan instrumen asesmen higher orderthinking skill (HOTS) pada mata pelajaran matematika SMP kelas VIII semester 1. Jurnal riset pendidikan matematika, 1(2), 139-151.

Desi, F., Yusuf, S., & Ghullam, H. (2018). Pengembangan instrumen tes higher-order thinking skill pada pembelajaran tematik berbasis outdoor learning di sekolah dasar kelas IV. Indonesian journal of primary education, 2(1), 87-96.

Fanani & Zainal, M. (2018). Strategi pengembangan soal higher order thinking skill (HOTS) dalam kurikulum 2013. Journal of islamic religious education, 2(1), 57-76.

Hanifah, N. (2019). Pengembangan instrumen penilaian higher order thinking skill (HOTS) di sekolah dasar. Current Research in Education: Conference Series Journal, 1(1), 1-8.

Kamarudin, dkk. (2016). Inculcation of higer order thinking skills (HOTS) in Arabic language teaching at malaysian primary school. Creative education journal, 7(2), 307-3014.

Kemdikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016.

Malik, A., Chandra, E. and Agus, S. (2015). Deskripsi kebutuhan hots assessment pada pembelajaran fisika dengan metode inkuiri terbimbing. Prosiding seminar nasional fisika, IV(3), 1-4.

Prastowo, A. (2013). Pengembangan bahan ajar tematik. Diva PRESS.

Pratiwi, U. & Fasha, E. F. (2015). Pengembangan instrumen penilaian HOTS berbasis Kurikulum 2013 terhadap sikap disiplin. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 1(1), 123-142.

Rochmah, N. L. and Asih, W. W. (2015). Analisis soal tipe higher order thinking skill (HOTS) dalam soal UN kimia SMA rayon B tahun 2012/2013. Kaunia, 11(1), 27-39.

Samritin and Suryanto. (2016). Developing AnAssessment Instrument of Junior High School Students’ Higher Order Thinking Skills In Mathematics. Research and Evaluation in Education, 2(1), 92-107

Sudjana, N. (2019). Penilaian hasil belajar dan proses belajar mengajar. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Thompson, T. (2014). An analysis of higher-order thinking on algebra i endof course tests. Research Gate, 25(4), 328-358.

Wardany, K., Saji, and Murni, R. (2015). Penyusunan instrumen tes higher order thinking skill pada materi ekosistem SMA kelas X. Jurnal biologi, Sains, Lingkungan, 4(2), 538-543.

Widana, I. W. (2017). Modul penyusunan soal higher order thinking skill (HOTS). Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Widana, I. W. (2017). Higher order thinking skill assessment (HOTS). Journal OfIndonesia Student Assessment and Evaluation (JISAE), 3(1), 32-44.

Widana, I. W. (2020). Kiat jitu menulis soal HOTS bagi guru matematika SMA/SMK. Mahameru Press.

Yuniar, M. R., and Saepulrohman, A. (2015). Analisis HOTS (Higher-Order Thinking Skill) Pada Soal Objektif Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas V SD Negeri 7 Ciamis. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 66-78.

Published

2022-02-25

How to Cite

Suarti, N. W. (2022). Pengembangan instrumen penilaian tematik berbasis HOTS untuk peserta didik kelas IV sekolah dasar. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(4), 534-548. https://doi.org/10.5281/zenodo.6178829