Implementasi model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia

Authors

  • I Ketut Suwiti SMA Negeri 1 Ubud

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.6204383

Keywords:

Discovery learning, physics learning outcomes

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas X P MIPA 4 di SMA Negeri 1 Ubud Semester Ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X P MIPA 4 SMAN 1 Ubud Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021, dengan siswa sebanyak 34 orang. Objek penelitian adalah hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik setelah penerapan model discovery learning. Data penelitian adalah data hasil belajar memanfaatkan tes uraian dan tanggapan peserta didik menggunakan angket. Data selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang dalam tiap siklusnya dilaksanakan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 63,68 dengan persentase ketuntasan 61,76%, hasil kategori minimal tinggi 67,65% dengan nilai pengamatan kegiatan pembelajaran 89,29 tergolong sangat baik. Lalu meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata menjadi 76,29, persentase ketuntasan 79,41%, hasil kategori minimal tinggi 88,24% dengan nilai pengamatan kegiatan pembelajaran 91,67 tergolong sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia peserta didik kelas X P MIPA 4 di SMA Negeri 1 Ubud Semester Ganjil tahun pelajaran 2020/2021.

This study aims to determine the application of the discovery learning learning model in improving the learning outcomes of Indonesian students in class X P MIPA 4 at SMA Negeri 1 Ubud in the odd semester of the 2020/2021 school year. The research subjects were students of class X P MIPA 4 SMAN 1 Ubud Odd Semester for the 2020/2021 Academic Year, with 34 students. The object of research is the learning outcomes of students after the application of the discovery learning model. Research data are learning outcomes data using a description test and student responses using a questionnaire. The data were then analyzed descriptively. This research was carried out in two cycles which in each cycle carried out four stages, namely planning, implementing actions, observing and reflecting. The results in the first cycle obtained an average value of 63.68 students with a percentage of completeness 61.76%, the results of the minimum high category of 67.65% with a value of 89.29 observations of learning activities classified as very good. Then it increased in the second cycle with an average value of 76.29, the percentage of completeness was 79.41%, the results of the minimum high category were 88.24% with an observation value of 91.67 learning activities classified as very good. This shows that the application of the discovery learning learning model can improve the learning outcomes of Indonesian students in class X P MIPA 4 at SMA Negeri 1 Ubud in the odd semester of the 2020/2021 school year.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawiyah, R., Wibowo, Y.S., & Kartika, Y. (2017). Pendidikan yang berdaya saing. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, 325-332. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/327-334/1752.

Adelia, W. S., & Surya, E. 2017. Resolution to increase capacity by using math students learning guided discovery learning (gdl). International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 34(1), 144-154, https://www.researchgate.net/publication/318561469.

Fathirma’ruf, F., Imansyah, N., & Asmedy, A. (2021). Akselerasi covid-19 pada proses pembelajaran di era pendidikan 4.0. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(2), 279-284. https://doi.org/10.29210/020211153.

Kurniawan, R. M., & Rianto, S. (2021). Integrasi Penguatan pendidikan karakter kedisiplinan di sekolah dasar dalam pembelajaran berbasis e-learning. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2b), 872-882. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2b.1217

Maharani, B. Y. (2017). Penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan benda konkret untuk meningkatkan hasil belajar ipa. Jurnal Mitra Pendidikan, 1(5), 549-561. http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/106.

Mayudana, I. K. Y., & Sukendra, I. K. (2020). Analisis kebijakan penyederhanaan RPP: Surat edaran menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 14 tahun 2019. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 61-68. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760682.

Muliyati, D., Bakri, F., & Ambarwulan, D. (2018). Aplikasi android modul digital fisika berbasis discovery learning. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 3(1),74-79. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10944.

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA abad 21 dengan literasi sains siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 34-42. https://doi.org/10.20961/jmpf.v9i1.31612.

Rudyanto, H. E. (2014). Model discovery learning dengan pendekatan saintifik bermuatan karakter untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Premiere Educandum, 4(1), 41-48. http://doi.org/10.25273/pe.v4i01.305.

Sulastri. (2018). Metode pembelajaran discovery untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia dalam menyimpulkan isi puisi siswa kelas VII G MTsN 9 Ngawi tahun pelajaran 2017/2018. Jurnal PINUS: Pijar Nusantara, 4(1), 7-10. https://doi.org/10.29407/pn.v4i1.12184

Widia, I. W. (2020). Penerapan model discovery learning berbantuan media phet untuk meningkatkan kompetensi siswa. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 262-273. https://doi.org/10.5281/zenodo.4004185.

Widana, I. W. & Diartini, P. A. (2021). Model pembelajaran problem based learning berbasis etnomatematika untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, X(1), 88-98. https://doi.org/10.5281/zenodo.4657740

Published

2022-02-25

How to Cite

Suwiti, I. K. (2022). Implementasi model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(4), 628-638. https://doi.org/10.5281/zenodo.6204383