Meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa menggunakan metode field trip
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.6204338Keywords:
ability, writing poetry, field tripAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran menulis puisi siswa dengan menggunakan metode field trip. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas. Objek penelitiannya adalah pembelajaran menulis pusi, subjek penelitiannya siswa kelas XI IPS 1 MAN 1 Hulu Sungai Tengah, yang berjumlah 36 orang. Metode pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi, dan tes hasil belajar. Metode analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Kreteria keberhasilan yang ditetapkan dalam penelitian ini yaitu nilai KKM=70 dengan ketuntasan secara klasikal minimal 85% dan aktivitas siswa minimal aktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan metode field trip pada pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis puisi dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran menulis puisi siswa kelas XI IPS 1 di MAN 1 Hulu Sungai Tengah dengan ketuntasan klasikal hasil belajar sebesar 63,8% dengan rata-rata kelas 69,42 pada siklus I, 91,6% dengan rata-rata kelas 88,08% pada siklus II.
This study aims to improve the quality of the process and learning outcomes of students' poetry writing by using the field trip method. This research is in the form of classroom action research. The object of the research is learning to write poetry, the research subjects are students of class XI IPS 1 MAN 1 Hulu Sungai Tengah, totaling 36 people. The method of collecting data is through documentation, observation, and learning outcomes tests. The research data analysis method used descriptive qualitative analysis. The success criteria set in this study are the KKM = 70 with classical completeness of at least 85% and student activities at least active. The results of this study indicate that the use of the field trip method in learning Indonesian poetry writing material can improve the quality of the process and learning outcomes of writing poetry for students of class XI IPS 1 at MAN 1 Hulu Sungai Tengah with classical completeness learning outcomes of 63.8% with an average class 69.42 in the first cycle, 91.6% with a class average of 88.08% in the second cycle.
Downloads
References
Marpaung, D. (2018). Penerapan metode diskusi dan presentasi untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa di kelas XI IPS-1 SMA negeri 1 bagan sinembah. SEJ: School Education Journal, 8(4), 360-368. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v8i4.11375.
Widiyarto, S. (2017). Pengaruh metode student teams achievement division (STAD) dan pemahaman struktur kalimat terhadap keterampilan menulis narasi. Lectura: Jurnal Pendidikan, 8(1), 82-89. http://journal.unilak.ac.id/index.php/lectura/article/download/285/177.
Nugraha, A. P., Zulela, M.S., & Bintoro, T. (2018). Hubungan minat membaca dan kemampuan memahami wacana dengan keterampilan menulis narasi. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 19-29. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.11647.
Yuniari, I. G. A. B. (2017). Penerapan model picture and picture untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas X MIA 6 SMA negeri 1 Mengwi tahun pelajaran 2016/2017. e-Journal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2), 1-11.http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v7i2.12407.
Erma, N. (2017). Analisis psikologi sastra tokoh utama novel maha cinta laila majnun karya syaikh nizami. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(9), 1-8. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/21702/17540
Sari, D. K. & Fuad, M. 2016. peningkatan keterampilan menulis puisi melalui teknik akrostik pada siswa kelas X. J-Simbol: Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 3(2), 1-10. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO/article/view/10788/7478.
Sueca, I. P. H. T., Damayanthi, N. L P., Wahyuni, D. S., & Sunarya, I. M. G. (2013). pengaruh penerapan pendekatan liberal (bebas) dengan teknik forum terhadap hasil belajar teknologi informasi dan komunikasi (TIK) siswa kelas VII di SMP negeri 1 sukasada tahun ajaran 2012/2013. Karmapati: Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika, 2(6), 933-938. http://dx.doi.org/10.23887/karmapati.v2i6.19720.
Ratnawati, K. (2020). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada pembuatan strip komik untuk meningkatkan kemampuan menulis bahasa inggris. Indonesian Journal of Educational Development, 1(3), 481-495. https://doi.org/10.5281/zenodo.4286867.
Widia, I. W. (2020). Penerapan model discovery learning berbantuan media phet untuk meningkatkan kompetensi siswa. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 262-273. https://doi.org/10.5281/zenodo.4004185
Bansuhari. (2020). Penerapan metode field trip untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas IX H SMP negeri 6 watampone. Jurnal Idiomatik, 3(1), 1-21. https://doi.org/10.46918/idiomatik.v3i1.643.
Sagala, S. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta.
Putro, H. E. & Japar, M. (2020). Layanan informasi karier berbasis field trip untuk meningkatkan pemahaman karier siswa. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(3), 243-252. https://doi.org/10.30653/001.201933.105.
Marini, M., Rahayuningsih, M., & Retnoningsih, A. (2016). Efektivitas metode field trip di sungai kaligarang semarang terhadap hasil belajar siswa materi pengelolaan lingkungan. Journal OF Biology Education, 5(1), 23-30. https://doi.org/10.15294/jbe.v5i1.12472.
Wati, F. F., Shodiq A.M., & Praherdhiono, H. 2019. Penerapan metode field trip dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi pada siswa tunarungu. Jurnal Ortopedagogia, 5(2), 85-89. http://dx.doi.org/10.17977/um031v5i22019p85-89.
Widana, I. W. (2020). The effect of digital literacy on the ability of teachers to develop HOTS-based assessment. Journal of Physics: Conference Series 1503 (2020) 012045. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1503/1/012045
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Khairunnisa Khairunnisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an Open Access article distributed under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License, which permits use, sharing, adaptation, distribution and reproduction in any medium or format, as long as you give appropriate credit to the original author(s) and the source, provide a link to the Creative Commons licence, and indicate if changes were made. The images or other third party material in this article are included in the article's Creative Commons licence, unless indicated otherwise in a credit line to the material.