Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa kelas XI P MIPA2 SMA negeri 1 Ubud semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.6203204Keywords:
inquiry model, PPKn learning outcomes, learning activitiesAbstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa setelah memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran Inkuiri. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI P MIPA2 SMA Negeri 1 Ubud semester ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 35 orang. Objek dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa. Rancangan penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Data aktivitas belajar siswa direkam dengan menggunakan lembar observasi dan data hasil belajar diperoleh dengan menggunakan tes di setiap akhir siklus. Dari data hasil observasi pada siklus pertama diperoleh aktivitas belajar siswa 69,42 dan kedua diperoleh aktivitas belajar siswa 78,00 mengalami peningkatan sebesar 8,58. Data hasil belajar dari siklus pertama diperoleh 74,28 dan hasil belajar siklus kedua 91,42, mengalami peningkatan hasil belajar sebesar 17,14. Peningkatan aktivitas dan hasil belajar ini bisa terjadi mengingat penerapan model inkuiri menuntun siswa untuk bekerja sama dalam kelompok dalam melakukan percobaan sehingga menemukan konsep baru. Dengan demikian melalui penerapan model pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran merupakan strategi alternatif yang efektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI P MIPA2 di SMA Negeri 1 Ubud Tahun Pelajaran 2021/2022.
This classroom action research aims to determine the increase in students' physics learning activities and outcomes after obtaining learning using the Inquiry learning model. The research subjects were students of class XI P MIPA2 SMA Negeri 1 Ubud in the odd semester of the 2021/2022 academic year, totaling 35 people. The object of this research is the activity and student learning outcomes. This action research design was carried out in two cycles, where each cycle consisted of the stages of planning, implementing action, observing/evaluating, and reflecting. Student learning activity data was recorded using observation sheets and learning outcomes data were obtained using tests at the end of each cycle. From the observation data in the first cycle, it was obtained that the student's learning activity was 69.42 and the second was that the student's learning activity was 78.00 which had an increase of 8.58. Data on learning outcomes from the first cycle obtained 74.28 and learning outcomes from the second cycle 91.42, an increase in learning outcomes of 17.14. This increase in activity and learning outcomes can occur considering that the application of the inquiry model leads students to work together in groups in conducting experiments so as to find new concepts. Thus, through the application of the inquiry learning model in learning, it is an effective alternative strategy to increase the activity and learning outcomes of class XI P MIPA2 students at SMA Negeri 1 Ubud in the 2021/2022 academic year.
Downloads
References
Abbas, A. & Hidayat. M. Y. (2018). Faktor-faktor kesulitan belajar fisika pada peserta didik kelas IPA sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 45-49. https://doi.org/10.24252/jpf.v6i1.3273
Depdiknas. (2006). Standar Isi Mata Pelajaran Fisika untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)/ Madrasah Aliyah (MA).
Ekayanti, N. W. (2020). Implementasi model pembelajaran outdoor POCE untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas X multimedia SMK Negeri 1 Tampaksiring. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 180-189. https://doi.org/10.5281/zenodo.4003807
Fatik, Z. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika dengan lab virtual PhET pada materi gelombang elektromagnetik di SMAN 1 Kutorejo. Jurnal IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 1(1), 158-165. https://doi.org/10.26740/ipf.v1n1.p%25p.
Harefa, A. R. (2019). Peran ilmu fisika dalam kehidupan sehari-hari. Jurnal Warta, 13(2). https://doi.org/10.46576/wdw.v0i60.411
Kholilah, K., Pratiwi, M. R., Wahyuni, S., Yolviansyah, F., & Wicaksono, L. (2021). Analisis karakter kerja keras terhadap mata pelajaran fisika di SMA Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika. 17(1), 11-19. https://doi.org/10.35580/jspf.v17i1.15528.
Maulidina, S. & Bhakti, Y. B. (2020). Pengaruh media pembelajaran online dalam pemahaman dan minat belajar siswa pada konsep pelajaran fisika. ORBITA: Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 248-251. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i2.2592.
Mayudana, I. K. Y & Sukendra, I. K. (2020). Analisis kebijakan penyederhanaan RPP (Surat Edaran Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019). IJED (Indonesian Journal of Educational Development), 1(1), 62-70. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760682.
Nashiroh, M. & Sukirno. (2020). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi melalui implementasi model pembelajaran kooperatif teams games tournament. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 18(1), 20-35. https://doi.org/10.21831/jpai.v18i1.31443.
Nur’Azizah, H., Jayadinata, A. K. & Gusrayani, D. (2016). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi energi bunyi. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 51-60. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2931.
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA abad 21 dengan literasi sains siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 34-42. https://doi.org/10.20961/jmpf.v9i1.31612.
Purba, N. A. & Sirait, M. (2015). Pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor. INPAFI: Inovasi Pembelajaran Fisika, 3(4), 111-118. https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i4.5395.
Santyasa, I. W. 2004. Pengaruh Model dan Setting Pembelajaran Terhadap Remidiasi Miskonsepsi, Pemahaman Konsep, dan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa SMU. Disertasi (tidak diterbitkan). Universitas Negeri Malang.
Widana, I. W. (2017). Higher order thinking skills assessment (HOTS). Journal of Indonesia Student Assessment and Evaluation (JISAE), 3(1), 32-44, https://doi.org/10.21009/JISAE.031.04
Widana, I. W. & Diartini, P. A. (2021). Model pembelajaran problem based learning berbasis etnomatematika untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, X(1), 88-98. https://doi.org/10.5281/zenodo.4657740
Widarta, G. M. A. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 131-141. https://doi.org/10.5281/zenodo.4003775
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 I Nyoman Sudiartha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an Open Access article distributed under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License, which permits use, sharing, adaptation, distribution and reproduction in any medium or format, as long as you give appropriate credit to the original author(s) and the source, provide a link to the Creative Commons licence, and indicate if changes were made. The images or other third party material in this article are included in the article's Creative Commons licence, unless indicated otherwise in a credit line to the material.