Penggunaan lembar kerja peserta didik untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada SMKN 1 Cikarang Selatan

Authors

  • Fajariah Masyah Indah Sinurat SMKN 1 Cikarang Selatan

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.6203446

Keywords:

mathematics learning achievement, student worksheets

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik tentang materi bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma peserta didik kelas X TPA SMKN 1 Cikarang Selatan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X TPA SMKN 1 Cikarang Selatan semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 35 peserta didik. Objek penelitian ini adalah prestasi belajar peserta didik yang diperoleh dengan tes prestasi belajar. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis statistik deskriptif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan diawali dengan tindakan prasiklus. Setiap siklusnya dilakukan kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan tindakan tersebut diperoleh hasil penelitian menunjukan bahwa pada Pra Siklus nilai rata-rata 69,14. Pada Siklus I nilai rata-rata 76,57 dan pada siklus II menjadi 81,57. Ketuntasan belajar dengan nilai KKM sebesar 76, pada Pra Siklus ketuntasan klasikal 37,14%, pada Siklus I ketuntasan klasikal menjadi 60% dan Siklus II menjadi 80%. Respon peserta didik terhadap penggunaan LKPD yang awalnya dari layak menjadi dangat layak serta pembelajaran juga masuk kategori baik. berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKPD dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik tentang materi bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma peserta didik kelas X TPA SMK N 1 Cikarang Selatan.

The purpose of this study was to determine the use of Student Worksheets (LKPD) in improving students' learning achievement about the material of numbers to powers, roots and logarithms of students in class X TPA SMK N 1 Cikarang Selatan. The research subjects were students of class X TPA SMKN 1 Cikarang Selatan in the odd semester of the 2019/2020 school year as many as 35 students. The object of this research is the learning achievement of students obtained by learning achievement tests. The data obtained were analyzed by descriptive statistical analysis. This research was conducted in two cycles and started with pre-cycle action. In each cycle, planning, action, observation, and reflection activities are carried out. Based on these actions, the results showed that in the Pre-Cycle the average value was 69.14. In the first cycle the average value was 76.57 and in the second cycle it was 81.57. Mastery learning with a KKM value of 76, in the Pre-cycle classical completeness is 37.14%, in Cycle I classical completeness becomes 60% and Cycle II becomes 80%. The response of students to the use of LKPD which was originally from proper to very feasible and learning is also in the good category. Based on this, it can be concluded that the use of LKPD can improve student learning achievement regarding the material of numbers, roots and logarithms of class X TPA students at SMK N 1 Cikarang Selatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Astuti, A. & Leonard. (2012). Peran kemampuan komunikasi matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 102-110. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i2.91.

Hamalik, O. (2013). Kurikulum Dan Pembelajaran. Bumi Aksara.

Mar’atusholihah, H. (2019). Pengembangan media pembelajaran tematik ular tangga berbagai pekerjaan. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 253-260. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19411.

Mardika, I. K. (2020). Upaya meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar kimia melalui penerapan model pembelajaran inkuiri. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 311-321. https://doi.org/10.5281/zenodo.4006135.

Mayudana, I K. Y. & Sukendra, I K. (2020). Analisis kebijakan penyederhanaan rpp (surat edaran menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 14 tahun 2019. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 61-68. ttp://dx.doi.org/ 10.5281/zenodo.3760682.

Nurramah, A & Suhendar, A. M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan LKS Dan KKS. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) Unindra, 3(1), 1-10.

Prastowo, A. (2014). Panduan Penyusunan LKPD. Diva Press.

Rosiyanti, H. & Kamil, G. (2018). Penggunaan lembar kerja siswa dengan metode pembelajaran penemuan terbimbing untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP dharma karya UT. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 4(2), 155-160. https://doi.org/10.24853/fbc.4.2.155-160.

Septian, R., Irianto, S., & Andriani, A. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) matematika berbasis model realistic mathematics education. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(1), 59-67.

Syamsu, F. D. (2020). pengembangan lembar kerja peserta didik berorientasi pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Genta Mulis: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1), 65-79. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/394/343.

Widana, I. W. (2020). Pengaruh pemahaman konsep asesmen HOTS terhadap kemampuan guru matematika SMA/SMK menyusun soal HOTS. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, IX(1), 66 – 75. https://doi.org/10.5281/zenodo.3743923.

Widana, I. W. (2016). Sensitivitas Mendeteksi Bias Butir Metode Uji Beda Taraf Sukar, Khi-Kuadrat Lord dan Distribusi Sampling Empiris. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 7(2), 77-85. https://doi.org/10.21009/JEP.072.01

Published

2022-02-25

How to Cite

Sinurat, F. M. I. (2022). Penggunaan lembar kerja peserta didik untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada SMKN 1 Cikarang Selatan. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(4), 580-588. https://doi.org/10.5281/zenodo.6203446