Implementasi model quantum teaching realitic (QTR) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan media sampah

Authors

  • Hasan Hasan SMAN 1 Pringgasela

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.6203138

Keywords:

Peluang, Quantum Teaching Realistic,, hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Matematika pada materi peluang kejadian saling lepas dengan media sampah melalui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching Realistic (QTR). Subjek dalam penelitian adalah pada siswa kelas XII IPA 3 SMA Negeri 1 Pringgasela Semester 2 tahun pelajaran 2020/2021 berjumlah 30 orang. Objek penelitian adalah hasil belajar. Data hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Matematika dikumpulkan menggunakan tes. Data dianalisis menggunakan teknik deskripsi kualitatif. Penelitian dikatakan berhasil bila memenuhi kriteria: (1) nilai rata-rata tes akhir pembelajaran Matematika materi materi peluang kejadian saling kepas minimal sebesar nilai KKM=75, dan (2) ketuntasan klasikal minimal 80%. Hasil analisis data menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa setalah adanya penerapan model pembelajaran QTR. Pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik sebesar 69,33 dengan ketuntasan belajar sebesar 60% sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yang cukup signifikan dengan nilai rata-rata siswa sebesar 84,00 dan ketuntasan belajar minimal sebesar 83,33%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelaran QTR dengan media sampah pada materi peluang berhasil dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Selain itu juga dengan adanya implementasi ini selain hasil belajar siswa yang meningkat teryata keaktifan serta motivasi siswa untuk belajar juga meningkat.

The purpose of this study was to improve student learning outcomes in Mathematics subjects on the material of opportunities for mutually exclusive events with waste media through the application of the Quantum Teaching Realistic (QTR) learning model. The subjects in the study were students of class XII IPA 3 SMA Negeri 1 Pringgasela Semester 2 for the academic year 2020/2021 totaling 30 people. The object of research is learning outcomes. Data on student learning outcomes in Mathematics were collected using tests. The data were analyzed using a qualitative description technique. The research is said to be successful if it meets the following criteria: (1) the average value of the final test of Mathematics learning material for the probability of passing each other is a minimum of KKM = 75, and (2) classical completeness is at least 80%. The results of data analysis showed an increase in student learning outcomes after the implementation of the QTR learning model. In the first cycle the average value obtained by students was 69.33 with a learning completeness of 60%, while in the second cycle there was a significant increase with an average student score of 84.00 and a minimum learning mastery of 83.33%. So it can be concluded that the application of the QTR learning model with waste media on the material has the opportunity to succeed and get satisfactory results. In addition, with this implementation, in addition to increasing student learning outcomes, it turns out that student activity and motivation to learn has also increased.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atwood, M. (1990). Critical Thinking, Collaboration and Citizenship: Inventing a Framework Appropriate for Our Times. USA: Charles C Thomas, Publisher

Dahiya, Vijay. (2014). Why Study Matemathics? Applications of Matematics in Our Daly Life. International Joural of Innovative Science, Enggieering & Technology, Vol. I Issue 10 . December 2014. ISSN 2348 – 7968

DePorter. 1992. Quantum Learning: Unleasing The Genius In You. New York: Dell Publishing. Terjemahan: Alwiyah Abdurrahman

Hidayani, Siregar Irdes dan Juliani, Rita. Pengaruh model Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar Siswa pada materi pokok Zat dan Wujudnya di Kelas VII Semeter I SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan T.P 2013/2014. Jurnal Inpafi

Vol. 2, No. 2, Mei 2014

Hasratuddin. (2014). “Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang akan Datang Berbasis Karakter”. Jurnal Didaktik Matematika. 1 (2)

Jihad, A. (2008). Pengembangan Kurikulum Matematika. Yogyakarta: Multi Pressindo

Ramndani, Yani. (2004). Kajian Pemahaman Matematika Melalui Etika Pemodelan Matematika. Terakreditasi Bedasarkan Keputsan Dirjen Dikti Depdikas Npomor: 23a/DIKTI/Kep./2004 Tl 4 Juni 2004

Rachmadi, W. (2008). Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP dan Alternatif Proses Remidinya. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika

Tanjungsari, R. D., Soedjoko, E., & Mashuri. (2012). “Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP Pada Materi Persamaan Garis Lurus”. Unnes Journal of Mathematics Education

Wijaya,dkk. (2019). Diagnosing Students’ Learning Difficulties in The Eyes of Indonesian Mathematics Teacher

Waskitoningtyas, R. S. (2016). “Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan Pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5

Yusmin, E. (2017). “Kesulitan Belajar Siswapada Pelajaran Matematika (Rangkuman Dengan Pendekatan Metaethnography)”. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan.

Published

2022-02-25

How to Cite

Hasan, H. (2022). Implementasi model quantum teaching realitic (QTR) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan media sampah. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(4), 561-570. https://doi.org/10.5281/zenodo.6203138