Meningkatkan prestasi belajar fisika melalui penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dengan mind mapping
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.6203651Keywords:
Contextual teaching and learning, learning achievementAbstract
Tujuan dilakukan penelitian tindakan kelas ini pada siswa kelas XII IPA 1 di SMA Negeri 1 Penebel pada semester 1 tahun pelajaran 2015/2016 adalah untuk mengetahui apakah penerapan model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan mind mapping dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan 22 subjek penelitian yang dilakukan dalam dua siklus melalui tahapan-tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi/ pengamatan dan refleksi. Tes prestasi belajar merupakan alat yang digunakan dalam mengumpulkan data hasil penelitian yang selanjutnya di analisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan peserta didik mengikuti proses pembelajaran dari rata-rata awal 75,54 meningkat menjadi 79,59 pada siklus I dan meningkat menjadi 82,64 pada siklus II dengan ketuntasan belajar awal 63,63% pada siklus I meningkat menjadi 81,81% dan pada siklus II meningkat menjadi 86,36%. Simpulan yang dapat diambil dari hasil tersebut adalah penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning dengan mind mapping dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar fisika siswa kelas XII IPA 1 di SMA Negeri 1 Penebel pada semester 1 tahun pelajaran 2015/2016.
The purpose of this classroom action research on students of class XII IPA 1 at SMA Negeri 1 Penebel in semester 1 of the 2015/2016 academic year is to find out whether the application of the Contextual Teaching and Learning (CTL) model with mind mapping can improve student learning achievement. This classroom action research involves 22 research subjects conducted in two cycles through the stages of planning, implementation, observation and reflection. Learning achievement test is a tool used in collecting research data which is then analyzed using descriptive analysis. The results obtained from this study indicate an increase in the ability of students to follow the learning process from an initial average of 75.54 increasing to 79.59 in the first cycle and increasing to 82.64 in the second cycle with an initial learning mastery of 63.63% in the first cycle. I increased to 81.81% and in the second cycle increased to 86.36%. The conclusion that can be drawn from these results is that the application of the contextual teaching and learning learning model with mind mapping in the implementation of the learning process is able to improve physics learning achievement for class XII IPA 1 students at SMA Negeri 1 Penebel in semester 1 of the 2015/2016 academic year.
Downloads
References
Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi, dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 161-174 .http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v13i2.113.
Ekayanti, N. W. (2020). Implementasi model pembelajaran outdoor POCE untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas X multimedia SMK Negeri 1 Tampaksiring. IJED: Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 180-189. https://doi.org/10.5281/zenodo.4003807.
Evitasari, A. D. & Utamaningtys, S. (2021). Pendampingan penyusunan rpp “satu halaman” bagi guru sekolah dasar. Intan Cendikia: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2(1), 1-14. http://jurnal.intancendekia.org/index.php/Intan_Cendekia/article/view/123/116.
Juliana, D. G., Widana, I. W., & Sumandya, I. W. (2017). Hubungan motivasi berprestasi, kebiasaan belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Emasains, 6(1), 40-60. ISSN 2302-2124.
Komalasari, N. Rochman, C., Nasrudin, D., & Supriatna S. (2018). Mengukur efektivitas proses pembelajaran fisika contextual teaching and learning (CTL). Jurnal Wahana Pendidikan Fisika 3(2), 68-73. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i2.13733.
Leonard, (2015). Kompetensi tenaga pendidik di Indonesia: analisis dampak Rendahnya kualitas SDM guru dan solusi perbaikannya. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3), 192-201. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v5i3.643.
Mardika, I. K. (2020). Upaya meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar kimia melalui penerapan model pembelajaran inkuiri. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 311-321. https://doi.org/10.5281/zenodo.4006135.
Nurhidayah, N., Yani, A., & Nurlina, N. (2016). Penerapan model contextual teaching learning (CTL) terhadap hasil belajar fisika pada siswa kelas XI SMA handayani sungguminasa kabupaten gowa. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 161-174. https://doi.org/10.26618/jpf.v4i2.307.
Permatasari, I. (2013). Penerapan media mind mapping program pada model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika pada siswa kelas XI.A2 SMA Negeri 4 Surakarta. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2), 28-33. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pfisika/article/view/2799/1915
Pusparina, R. (2021). Meningkatkan motivasi berprestasi siswa melalui model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan CTL. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 391-400. https://doi.org/10.5281/zenodo.5257412.
Rosada, U. D. (2016). Strategi pembelajaran yang humanis berbasis contextual teaching and learning (CTL). Jurnal CARE Edisi Khusus Temu Ilmiah, 03(3), 21-31. http://ejournal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/596.
Rosyid, M. Z., Mustajab, & Abdullah A. R. (2019). Prestasi Belajar. Literasi Nusantara.
Setyowati, D. & Widana, I. W. (2016). Pengaruh minat, kepercayaan diri, dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar matematika. Emasains, 5(1), 66-72. ISSN 2302-2124.
Sundari, H. (2015). Model-model pembelajaran dan pemefolehan bahasa kedua/asing. Pujangga: Jurnal Bahasa dan Sastra, 1(2), 106-117. http://dx.doi.org/10.47313/pujangga.v1i2.321.
Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Winarti. (2015). Contextual Teaching And Learning (CTL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan, 1(1). 1-8. http://doi.org/10.25273/jpfk.v1i1.4.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 I Ketut Sudarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an Open Access article distributed under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License, which permits use, sharing, adaptation, distribution and reproduction in any medium or format, as long as you give appropriate credit to the original author(s) and the source, provide a link to the Creative Commons licence, and indicate if changes were made. The images or other third party material in this article are included in the article's Creative Commons licence, unless indicated otherwise in a credit line to the material.