Penerapan model hybrid learning dalam PTM terbatas untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.5681376Keywords:
hybrid learning, motivasi, hasil belajarAbstract
Tujuan dari penulisan best practice ini adalah 1) mendeskripsikan penerapan model hybrid learning dalam PTM terbatas, 2) menjelaskan hasil penerapan model hybrid learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Best practice ini merupakan pengalaman penulis sebagai Kepala Sekolah di SMP PGRI 2 Denpasar yang beralamat di Jalan Meduri nomor 45 Denpasar. Penerapan model hybrid learning dilaksanakan selama semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Adapun sumber datanya adalah siswa kelas VII yang berjumlah 290 orang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan model hybrid learning di SMP PGRI 2 Denpasar dilakukan melalui tahap persiapan meliputi tahap rapat koordinasi, sosialisasi, persiapan sarana-prasarana, penyesuaian kurikulum, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi; 2) penerapan model hybrid learning di SMP PGRI 2 Denpasar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar dengan perubahan rata-rata skor motivasi dan tes hasil belajar siswa. Adapun rekomendasi yang dapat penulis sampaikan adalah: 1) pembelajaran hybrid learning dapat digunakan sebagai alternatif model untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tatap muka terbatas; 2) guru perlu menjalin komunikasi dengan orang tua siswa, untuk mendampingi belajar dan mengantar jemput anak tepat waktu sehingga proses pembelajaran dapat berjalan lancar.
The purposes of writing this best practice are 1) to describe the application of the hybrid learning model in limited PTM, 2) to explain the results of the application of the hybrid learning model to increase motivation, and to improve learning outcomes.This best practice is the author's experience as a principal at SMP PGRI 2 Denpasar, which is located at Jalan Meduri nomor 45 Denpasar. The implementation of the hybrid learning model is carried out during the odd semester in academic year 2021/2022. The data sources are from grade VII, totaling students are 290 people. The data collected in this study is the motivation to learn and student learning outcomes. The data analysis technique is a qualitative descriptive analysis method. Based on the results and discussion, it was concluded that 1) the implementation of the hybrid learning model at SMP PGRI 2 Denpasar was carried out through the preparation stage including the coordination meeting stage, socialization, preparation of infrastructure, curriculum adjustment, online implementation stage, and face-to-face and the evaluation stage was carried out to measure the success of the hybrid learning program; 2) the application of the hybrid learning model at SMP PGRI 2 Denpasar can increase learning motivation and learning outcomes by changing the average score of student. The recommendations that the author can convey are: 1) hybrid learning can be used as an alternative in an effort to increase student motivation and learning outcomes in limited face-to-face learning; 2) teachers need to establish communication with students' parents, to accompany learning and pick up children on time so that the learning process can running fluently.
Downloads
References
Artawan, I. M. (2020). Meningkatkan motivasi dan prestasi belajar seni rupa siswa kelas XII AP-4 SMKN 1 Tampaksiring tahun pelajaran 2018/2019 melalui metode penugasan membuat kliping gambar/foto. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 301-310. https://doi.org/10.5281/zenodo.4006107
Cleopatra, M. (2015). Pengaruh gaya hidup dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2), 168-181. 10.30998/formatif.v5i2.336
Galus, S.A., Arifin, & Sulkifly. (2021). Kesiapan sekolah dalam pengelolaan model pembelajaran hybrid learning di SMA kota Gorontalo. Student Journal of Educational Management, 1(1), 41-56.
Husamah. (2014). Pembelajaran bauran (blended learning). Prestasi Pustakarya.
Hima, L. R. (2020). Pengaruh pembelajaran bauran (blended learning) terhadap motivasi siswa pada materi relasi dan fungsi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), Hal 36-42.
Juliana, D. G., Widana, I. W., & Sumandya, I. W. (2017). Hubungan motivasi berprestasi, kebiasaan belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Emasains, 6(1), 40-60. ISSN 2302-2124.
Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Nomor 03/KB/2021, Nomor 384 Tahun 2021, Nomor HK.01.08/Menkes/4242/2021 Nomor 440-7 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.
Kompas. (2021). "Hybrid learning", solusi kekhawatiran belajar tatap muka awal tahun 2021. tersedia pada: https://www.kompas.com/edu/read/2020/12/21/183914971/hybrid-learning-solusi-kekhawatiran-belajar-tatap-muka-awal-tahun-2021?page=all. Diakses tanggal 14 Oktober 2021.
Madiya, I. W. (2020). Pengembangan aplikasi E-UKBM kimia sebagai media pembelajaran interaktif siswa kelas XI SMAN Bali Mandara. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 142-158. https://doi.org/10.5281/zenodo.4003785
Mayudana, I. K. Y., & Sukendra, I. K. (2020). Analisis kebijakan penyederhanaan RPP: Surat edaran menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 14 tahun 2019. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 61-68. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760682
Setyo, D. (2021). Model-model pembelajaran hybrid (seri 3 hybrid learning). Tersedia pada http://dedysetyo.net/2021/01/02/model-model-pembelajaran-hybrid-seri-3-hybrid-learning/. Diakses tanggal 14 Oktober 2021.
Singh, H. (2003). Building effective blended learning programs. Issues of Educational Technology, 43(6), 51-54.
Sudiarta, I. G. P., & Widana, I. W. (2019). Increasing mathematical proficiency and students character: lesson from the implementation of blended learning in junior high school in Bali. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series1317 (2019) 012118. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012118.
Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Deseases (Covid-19).
Widana, I. W. (2020). The effect of digital literacy on the ability of teachers to develop HOTS-based assessment. Journal of Physics: Conference Series 1503 (2020) 012045. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1503/1/012045.
Widana, I. W. & Septiari, L. K. (2021). Kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran Project-Based Learning berbasis pendekatan STEM. Jurnal Elemen, 7(1), 209-220. https://doi.org/10.29408/jel.v7i1.3031.
Widarta, G. M. A. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 131-141. https://doi.org/10.5281/zenodo.4003775.
Yofita Sandra, Z. Mawardi Effendi, Atmazaki. (2021). Penerapan model hybrid learning pada mata kuliah praktikum. Prosiding Seminar Nasional Peta Jalan Pendidikan dan Rancangan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Ayu Sri Wahyuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an Open Access article distributed under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License, which permits use, sharing, adaptation, distribution and reproduction in any medium or format, as long as you give appropriate credit to the original author(s) and the source, provide a link to the Creative Commons licence, and indicate if changes were made. The images or other third party material in this article are included in the article's Creative Commons licence, unless indicated otherwise in a credit line to the material.