Implementasi pembelajaran flipped classroom berbasis strategi diferensiasi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik

Authors

  • I Made Yadnya Tresna Putra SMA Negeri 6 Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.5681318

Keywords:

flipped classroom, differentiation, critical thinking skills

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang teridentifikasi di kelas XII IPA3 SMAN 6 Denpasar yaitu rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik selama pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dan mendeskripsikan tanggapan peserta didik terhadap implementasi model pembelajaran flipped classroom berbasis strategi diferensiasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPA3 SMAN 6 Denpasar pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 31 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan materi yang diajarkan adalah Listrik Dinamis. Data keterampilan berpikir kritis peserta didik dikumpulkan dengan tes keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini dikatakan berhasil jika rata-rata keterampilan berpikir kritis peserta didik secara klasikal minimal dengan kategori baik serta ketuntasan klasikal minimal 85%. Tanggapan peserta didik dikumpulkan dengan angket tanggapan. Kriteria keberhasilan untuk tanggapan peserta didik adalah minimal berada pada kategori positif. Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa, pertama terjadi peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang dapat dilihat dari skor rata-rata siklus I sebesar 80,10 (kategori baik) dan skor rata-rata siklus II sebesar 82,12 (kategori baik). Kedua, tanggapan peserta didik terhadap implementasi pembelajaran flipped classroom berbasis strategi diferensiasi tergolong positif dengan skor rata-rata tanggapan peserta didik 58,48.

This research was motivated by the problems identified in class XII IPA3 SMAN 6 Denpasar, namely the low critical thinking skills of students during online learning. This study aims to improve students' critical thinking skills and describe students' responses to the implementation of the flipped classroom learning model based on differentiation strategy. The subjects of this study were 31 students of class XII IPA3 SMAN 6 Denpasar in the odd semester of the 2021/2022 academic year. This research was carried out in 2 cycles and the material taught was Dynamic Electricity. Data on students' critical thinking skills were collected by means of a critical thinking skills test. This research is said to be successful if the average critical thinking skills of students classically are at least in the good category and classical completeness is at least 85%. Student responses were collected by means of a response questionnaire. The success criteria for student responses are at least in the positive category. Based on the results of the descriptive analysis showed that, first, there was an increase in students' critical thinking skills which could be seen from the average score of the first cycle of 80.10 (good category) and the second cycle average score of 82.12 (good category). Second, students' responses to the implementation of the flipped classroom learning based on differentiation strategy are positive with an average score of 58.48 students' responses.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainia, D. K. (2020). Merdeka belajar dalam pandangan Ki Hadjar Dewantara dan relevansinya bagi pengembangan pendidikan karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3 (3), 95-101.

Alfina, N. S., Harahap, M. S., dan Elidra, R. (2021). Efektivitas penggunaan model pembelajaran flipped classroom terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik di SMA Negeri 1 Angkola Barat. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 4 (1), 97-106.

Andriani, W., Subandowo, M., Karyono, H., dan Gunawan, W. (2021). Learning loss dalam pembelajaran daring di masa pandemi corona. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran. Universitas Negeri Malang.

Brame, C. J. (2013). Flipping the classroom. Artikel. Tersedia pada http://cft.vanderbilt.edu/guides-sub-pages/flipping-the-classroom/. Diakses 4 Mei 2021.

Ditasona, C. (2017). Penerapan pendekatan differentiated instruction dalam peningkatan kemampuan penalaran matematis peserta didik SMA. Jurnal EduMatSains, 2 (1), 43-54.

Ekayanti, N. W. (2020). Implementasi model pembelajaran outdoor POCE untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas X multimedia SMK Negeri 1 Tampaksiring. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 180-189. https://doi.org/10.5281/zenodo.4003807

Ennis, R. H. (1985). Goal critical thinking curriculum. Dalam Costa, A. L. (Ed): Developing minds: a resourse book for teaching thinking. Alexandria, Virginia: Association for Supervision and Curriculum Developing (ASCD).

Gloudeman, M. W., Shah-M. B., Terri H. W., Christina V., & Eric J. L. (2017). Use of condensed videos in a flipped classroom for pharmaceutical calculations: Student perceptions and academic performance. Currents in Pharmacy Teaching and Learning, 10 (2), 206-210.

Marlina. (2019). Hakikat Pembelajaran Berdiferensiasi. Kemendikbud.

Maolidah, I S, Ruhimat, T, dan Dewi, L. (2017). Efektivitas penerapan model pembelajaran flipped classroom pada peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Edutcehnologia, 3 (2), 160-170.

Nurkancana, W. & Sunartana, P. P. N. (1990). Evaluasi hasil belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Saguni, F. (2019). Penerapan teori konstruktivis dalam pembelajaran. Jurnal Paedagogia, 8 (2), 20-32.

Salma, A. Z., Subarkah, C. Z., dan Aisyah, R. (2016). Peningkatan keterampilan berpikir kritis mahasiswa pada materi koloid melalui model pembelajaran flipped classroom. Makalah Hasil Penelitian. Prosiding SNIPS.

Simanjuntak, S. S., dan Listiani, T. (2020). Penerapan differentiated instruction dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas 2 SD. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10 (2), 134-141.

Sudana, I. M. (2020). Meningkatkan aktifitas dan hasil belajar fisika melalui penerapan model pembelajaran siklus belajar hipotetik-deduktif. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 112-121. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760729.

Sudiarta, I. G. P., & Widana, I. W. (2019). Increasing mathematical proficiency and students character: lesson from the implementation of blended learning in junior high school in Bali. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series1317 (2019) 012118. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012118

Widana, I. W. & Septiari, L. K. (2021). Kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran Project-Based Learning berbasis pendekatan STEM. Jurnal Elemen, 7(1), 209-220. https://doi.org/10.29408/jel.v7i1.3031.

Published

2021-11-18

How to Cite

Putra, I. M. Y. T. . (2021). Implementasi pembelajaran flipped classroom berbasis strategi diferensiasi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Indonesian Journal of Educational Development, 2(3), 461-471. https://doi.org/10.5281/zenodo.5681318