Upaya peningkatan kompetensi guru dalam menyusun silabus dan RPP melalui supervisi akademik yang berkelanjutan di MA Darul Inabah

Authors

  • Saidatun Najmiah MA Darul Inabah

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.5681443

Keywords:

academic supervision, quality of syllabus and lesson plans, competence

Abstract

Penelitian tindakan ini bertujuan untuk: 1) membuktikan secara ilmiah apakah supervisi akademik berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun silabus dan RPP; 2) mengetahui langkah-langkah yang tepat dalam melakukan supervisi akademik agar mampu meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun silabus dan RPP; dan 3) mengukur peningkatan persentase kompetensi guru dalam menyusun silabus dan RPP setelah supervisi akademik berkelanjutan kepada guru yang sudah menyusun silabus dan RPP di tahun sebelumnya dan pada guru yang belum menyusun silabus dan RPP. Subjek penelitian ini adalah guru-guru pada MA Darul Inabah Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan madrasah yang berlangsung selama 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan test dan observasi, serta dianalisis dengan metode deskriptif. Kriteria keberhasilan adalah apabila hasil penilaian kualitas silabus dan RPP adalah berturut-turut baik (71-85) dan sangat baik (86-100). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas silabus dan RPP mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Kesimpulan, supervisi akademik secara berkelanjutan terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun silabus dan RPP di MA Darul Inabah, baik secara kuantitas maupun kualitas.

This action research aims to: 1) scientifically prove whether continuous academic supervision can improve teacher competence in preparing syllabus and lesson plans; 2) knowing the right steps in conducting academic supervision in order to be able to improve teacher competence in compiling the syllabus and lesson plans; and 3) measuring the percentage increase in teacher competence in compiling the syllabus and lesson plans after continuing academic supervision to teachers who have prepared syllabus and lesson plans in the previous year and to teachers who have not prepared syllabus and lesson plans. The subjects of this study were teachers at MA Darul Inabah for the academic year 2021/2022. This research was conducted using the madrasah action research method which lasted for 2 cycles. Data collection techniques using tests and observations, and analyzed by descriptive methods. The criteria for success is if the results of the assessment of the quality of the syllabus and lesson plans are good (71-85) and very good (86-100) respectively. The results showed that the quality of the syllabus and lesson plans increased from cycle I to cycle II. In conclusion, continuous academic supervision has been scientifically proven to improve teacher competence in compiling the syllabus and lesson plans at MA Darul Inabah, both in quantity and quality.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Baharudin & Esa Nur Wahyuni. (2015). Teori belajar dan pembelajaran. Ar-Ruzz Media.

Gede, P. (2020). Upaya peningkatan kemampuan guru dalam menyusun silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) melalui diskusi kelompok terfokus di SMAN 1 Waingapu. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 13-27. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760430.

Hamalik, O. (2013). Proses belajar mengajar. PT Bumi Aksara.

Hamdani. (2011). Strategi belajar mengajar. Pustaka Setia.

Hariwirawan, I. K. (2020). Kontribusi pendidikan dan pelatihan terhadap kualitas pengelolaan pembelajaran. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 45-51. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760434.

Hosna, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Ghalia Indonesia.

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan implementasi Kurikulum 2013. PT. Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.

Rusman. (2013). Metode-metode pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru. Raja Grafindo Nusantara.

Sumandya, I. W. & Widana, I. W. (2019). Pengembangan skenario pembelajaran matematika berbasis vokasional untuk siswa kelas XI SMK. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(2), 244-253, DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4704.

Sulastri, S. (2021). Supervisi akademik berbasis TIK di SDN 013 Bukit Bestari Tanjungpinang. Indonesian Journal of Educational Development, 2(1), 88-97. https://doi.org/10.5281/zenodo.4781861.

Syaodih & Ibrahim. (2013). Perencanaan pengajaran. Rineka Cipta.

Tingkat, I. N. (2020). Optimalisasi pengembangan diri untuk mendongkrak prestasi (vokasional) sekolah. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 1-12. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760422.

Winarti, T. (2020). Penerapan model pembinaan kelompok dan individu untuk meningkatkan nilai akreditasi komponen standar isi bagi sekolah binaan SMP wilayah kecamatan Pemalang. Indonesian Journal of Educational Development, 1(3), 516-524. https://doi.org/10.5281/zenodo.4287482.

Widana, I. W., Suarta, I. M., & Citrawan, I. W. (2019). Work motivation and creativity on teacher ability to develop HOTS-based assessments. International Journal of Social Sciences and Humanities, 3(3), 188-200. https://doi.org/10.29332/ijssh.v3n3.378.

Widana, I. W., Suarta, I. M., & Citrawan, I. W. (2019). Penerapan metode simpang tegar untuk meningkatkan kemampuan guru dalam penulisan PTK dan artikel ilmiah. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 365 - 375. https://doi.org/10.21067/jpm.v4i1.3016.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Published

2021-11-18

How to Cite

Najmiah, S. (2021). Upaya peningkatan kompetensi guru dalam menyusun silabus dan RPP melalui supervisi akademik yang berkelanjutan di MA Darul Inabah. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(3), 482-490. https://doi.org/10.5281/zenodo.5681443