Optimalisasi ekstrakurikuler: sebuah praktik baik

Authors

  • Sarpo Sasmito UNNES Semarang

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.5681650

Keywords:

extracurricular, school achievement, best practices

Abstract

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan untuk mengembangkan bakat, minat, dan talenta peserta didik. Melalui kegiatan ekstrakurikuler diharapkan terciptanya peserta didik berprestasi sesuai bakat dan minatnya, sehingga mampu mendongkrak prestasi dan prestise sekolah. Best practice ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi sekolah. Tindakan yang dilakukan adalah optimalisasi pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler di SDN 01 Petanjungan dalam berbagai kompetisi. Metode pelaksanaan best practice dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan ekstrakurikuler. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen pedoman observasi, studi dokumen, dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan data sebelum kegiatan dengan data setelah pelaksanaan dan dijelaskan secara deskriptif naratif. Hasil penerapan program optimalisasi kegiatan ekstrakurikuler di SDN 01 Petanjungan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan secara signifikan terhadap kegiatan ekstrakurikuler dan prestasi siswa. Prestasi tersebut juga sekaligus mampu meningkatkan prestasi dan prestise sekolah di masyarakat.

Extracurricular activities are activities to develop the talents, interests, and talents of students. Through extracurricular activities, it is hoped that students will excel according to their talents and interests, so that they are able to boost school achievement and prestige. This best practice aims to determine the improvement of school achievement. The action taken was optimizing the implementation of extracurricular activities at SDN 01 Petanjungan in various competitions. The best practice implementation method is carried out through the stages of planning, implementing and evaluating extracurricular activities. Data collection was carried out using observation guide instruments, document studies, and interviews. Data analysis used comparative descriptive analysis by comparing the data before the activity with the data after the implementation and explained descriptively in the narrative. The results of the implementation of the optimization program for extracurricular activities at SDN 01 Petanjungan showed that there was a significant increase in extracurricular activities and student achievement. This achievement is also able to increase the achievement and prestige of the school in the community.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abruzzo K.J. (2016). Does participation in extracurricular activities impact student achievement?. Journal for Leadership and Instruction, 15(1), 21-26. https://eric.ed.gov/?id=EJ1097547.

Adiputri, R, D. (2019). Sistem Pendidikan Finlandia Catatan dan Pengalaman Seorang Ibu. Jakarta: Gramedia.

Fibrianto, A. S., & Bakhri, S. (2018). Pelaksanaan aktivitas ekstrakurikuler paskibra (pasukan pengibar bendera) dalam pembentukkan karakter, moral dan sikap nasionalisme siswa sma negeri 3 surakarta. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 2(2), 75-93. https://doi.org/10.21067/jmk.v2i2.1970.

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2014 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 958. Sekretariat Kemendikbud. Jakarta.

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan Sebagai Ekstrakurikuler Wajib. Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 959. Sekretariat Kemendikbud. Jakarta.

Pasaribu, A. (2017). Implementasi manajemen berbasis sekolah dalam pencapaian tujuan pendidikan nasional di madrasah. Jurnal EduTech, 3(1), 12-34. http://dx.doi.org/10.30596%2Fedutech.v3i1.984.

Putri, I. N. A. (2020). Manajemen kegiatan ekstrakurikuler robotik di sma negeri 28 jakarta. iMProvement: Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Penddikan, 7(1), 117-124. https://doi.org/10.21009/Improvement.071.10.

Raharjo, S. B. (2012). Evaluasi trend kualitas pendidikan di indonesia. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 6(2), 511-532. https://doi.org/10.21831/pep.v16i2.1129.

Serena, A. A. (2020). Analisis pelaksanaan ekstrakurikuler olahraga di sma Negeri se-kabupaten kendal. JPOS (Journal Power Of Sports), 3(2), (25-29), http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPOS/article/view/7244.

Sudiarta, I. G. P., & Widana, I. W. (2019). Increasing mathematical proficiency and students character: lesson from the implementation of blended learning in junior high school in Bali. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series1317 (2019) 012118. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012118.

Sumbung, E. (2020). Meningkatkan hasil belajar PPKN siswa kelas XII IPS 1 SMAN 1 Kuta Selatan tahun pelajaran 2019-2020 menggunakan model think pair share berbantuan kartu masalah. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 104-111. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760720

Suriansyah, A. & Aslamiah. Strategi kepemimpinan kepala sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat dalam membentuk karakter siswa. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, XXXIV(2), 234-247. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.4828.

Tingkat, I. N. (2020). Optimalisasi pengembangan diri untuk mendongkrak prestasi (vokasional) sekolah. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 1-12. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760422.

Undang-undang RI No.20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Widana, I. W., Suarta, I. M., & Citrawan, I. W. (2019). Penerapan metode simpang tegar untuk meningkatkan kemampuan guru dalam penulisan PTK dan artikel ilmiah. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 365 - 375. https://doi.org/10.21067/jpm.v4i1.3016.

Zulfiani, L. F. (2020). Pengaruh Ekstrakurikuler Bola Basket Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan: Teori dan Praktik, 5(2), 36-39. https://doi.org/10.26740/jp.v5n2.p36-39.

Published

2021-11-18

How to Cite

Sasmito, S. (2021). Optimalisasi ekstrakurikuler: sebuah praktik baik. Indonesian Journal of Educational Development, 2(3), 524-533. https://doi.org/10.5281/zenodo.5681650