Pengaruh lingkungan kerja dan kompetensi guru terhadap kinerja guru IPS SMP negeri kabupaten Klaten

Authors

  • Rustam Hadi SMPN 1 Trucuk

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.5681560

Keywords:

teacher competence, work environment, performance

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja guru IPS dalam proses pembelajaran di SMP Negeri Kabupaten Klaten; 2) pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru IPS dalam proses pembelajaran di SMP Negeri Kabupaten Klaten; 3) pengaruh kompetensi guru dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru IPS dalam proses pembelajaran secara simultan di SMP Negeri Kabupaten Klaten. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif, dengan populasi seluruh guru IPS SMP Negeri Kabupaten Klaten yang berjumlah 166 orang. Teknik proportionate stratified random sampling dipergunakan untuk menentukan sampel dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 54 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas dan reliabilitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment dan rumus Alpha, dan uji hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif kompetensi guru terhadap kinerja guru IPS dalam proses pembelajaran di SMP Negeri Kabupaten Klaten; 2) terdapat pengaruh positif lingkungan kerja terhadap kinerja guru IPS dalam proses pembelajaran di SMP Negeri Kabupaten Klaten; 3) terdapat pengaruh positif lingkungan kerja dan kompetensi guru terhadap kinerja guru IPS dalam proses pembelajaran secara simultan di SMP Negeri Kabupaten Klaten. Hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh hasil RSquare sebesar 0,865 yang berarti bahwa kompetensi guru dan lingkungan kerja memberikan pengaruh dengan kategori sebesar 86,5% terhadap kinerja guru IPS SMP Negeri Kabupaten Klaten, sedangkan sisanya 13,5% dipengaruhi oleh faktor lain.

This study aims to determine: 1) the effect of the work environment on the performance of social studies teachers in the learning process at SMP Negeri Klaten Regency; 2) the effect of teacher competence on the performance of social studies teachers in the learning process at SMP Negeri Klaten Regency; 3) the effect of teacher competence and work environment on the performance of social studies teachers in the simultaneous learning process at SMP Negeri Klaten Regency. This type of research is descriptive quantitative research, with a population of all social studies teachers at SMP Negeri Klaten Regency, amounting to 166 people. The proportionate stratified random sampling technique was used to determine the sample and the number of samples obtained was 54 people. Collecting data using questionnaires and documentation. Test the validity and reliability of the instrument using the product moment correlation formula and the Alpha formula, and hypothesis testing using multiple linear regression analysis. The results showed that: 1) there was a positive influence of teacher competence on the performance of social studies teachers in the learning process at SMP Negeri Klaten Regency; 2) there is a positive effect of the work environment on the performance of social studies teachers in the learning process at SMP Negeri Klaten Regency; 3) there is a positive influence of the work environment and teacher competence on the performance of social studies teachers in the simultaneous learning process at SMP Negeri Klaten Regency. The results of the calculation of the coefficient of determination obtained RSquare results of 0.865, which means that the competence of teachers and the work environment have an influence with a category of 86.5% on the performance of social studies teachers at SMP Negeri Klaten Regency, while the remaining 13.5% is influenced by other factors.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akram, M. (2015). Relationship of teacher competence with professional commitment and job satisfaction at secondary level. International Journal of AYER, 4, 58-70. https://www.researchgate.net/profile/Muhammad-Akram-63/publication/280038387.

Cintia, E. & Gilang, A. (2016). Pengaruh lingkungan kerja fisik dan non fisik terhadap kinerja karyawan pada kppn bandung I. e-Proceeding of Management, 3(1), 709-714. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/3169/3004.

Elfita, R. (2019). Pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja guru pendidikan agama islam di mts negeri sentajo filial singingi kecamatan singingi kabupaten kuantan singing. Jurnal Al-Hikmah, 1(1). 37-55. http://www.ejournal.uniks.ac.id/index.php/Alhikmah/article/view/84.

Gede, P. (2020). Upaya peningkatan kemampuan guru dalam menyusun silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) melalui diskusi kelompok terfokus di SMAN 1 Waingapu. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 13-27. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760430

Hariwirawan, I. K. (2020). Kontribusi pendidikan dan pelatihan terhadap kualitas pengelolaan pembelajaran. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 45-51. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760434

Imroatun, S. & Sukirman, S. (2016). Pengaruh lingkungan kerja, kompensasi kerja, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru ekonomi/ akuntansi di sma negeri se-kabupaten wonosobo. Economic Education Analysis Journal, 5(1), 181-194. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/9995.

Janawi. (2012). Kompetensi guru citra guru profesional. Alfabeta

Jayul, A. & Irwanto, E. (2020). Model pembelajaran daring sebagai alternatif proses kegiatan belajar pendidikan jasmani di tengah pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 190–199. https://doi.org/10.5281/zenodo.3892262.

Lailatussaadah. (2015). Upaya peningkatan kinerja guru. Jurnal Intelektualita, 3(1), 15-25. https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/196.

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Remaja Rosdakarya.

Ningsih, P. (2016). Pengaruh komitmen, kompetensi, dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru di kecamatan pasangkayu kabupaten mamuju utara (study kasus pada sma negeri 1 pasangkayu dan ma ddi pasangkayu). E-Journal Katalogis, 4(11), 127-137. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Katalogis/article/view/7148/5745.

Papilaya, J. (2019). Implementasi model pembelajaran tipe stad dalam meningkatkan motivasi belajar belajar siswa pada kompetensi dasar menganalisis permasalahan ketenegakerjaan dalam pembangunan ekonomi sma negeri 7-ambon. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 3(2), 107-120. http://dx.doi.org/10.30598/jbkt.v3i2.1109.

Pasaribu, E. E. (2018). Pengaruh locus of control dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru smp negeri di kecamatan mandau kabupaten bengkalis. Jurnal Jumped: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2). 197-210. http://dx.doi.org/10.31258/jmp.6.2.p.197-210.

Rahadian, D. (2017). Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan kompetensi teknologi pembelajaran untuk pengajaran yang berkualitas. JTEP: Jurnal Teknologi Pembelajaran, 2(1), 234-254. https://doi.org/10.31980/tp.v2i1.114.

Raharjo, T. (2020). Efektivitas pendampingan implementasi kurikulum 2013 untuk meningkatkan kemampuan guru melaksanakan pembelajaran. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 93-103. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760717

Tingkat, I. N. (2020). Optimalisasi pengembangan diri untuk mendongkrak prestasi (vokasional) sekolah. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 1-12. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760422

Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Widana, I. W. & Diartini, P. A. (2021). Model pembelajaran problem based learning berbasis etnomatematika untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika. Jurnal Emasains, X(1), 88-98. https://doi.org/10.5281/zenodo.4657740.

Published

2021-11-18

How to Cite

Hadi, R. (2021). Pengaruh lingkungan kerja dan kompetensi guru terhadap kinerja guru IPS SMP negeri kabupaten Klaten. Indonesian Journal of Educational Development, 2(3), 501-511. https://doi.org/10.5281/zenodo.5681560