Membangun kepercayaan warga sekitar terhadap SMPN 48 SATAP OKU dengan mengoptimalkan kemampuan warga sekolah

Authors

  • Sri Rahayu Candralela SMPN 48 SATAP OKU

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.5681487

Keywords:

trust, local residents, optimization of capabilities

Abstract

Best practice ini bertujuan untuk mendeskripsikan usaha kepala sekolah guna membangun kepercayaan warga terhadap SMPN 48 SATAP OKU, hal ini dilakukan karena masih kurangnya kepercayaan masyarakat terhadap sekolah karena berbagai faktor. prosedur pelaksanaan yang dilakukan meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, refleksi dan hasil dengan teknik pengumpulan data berupa observasi menggunakan beberapa Instrumen dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah warga sekolah dan objek penelitian adalah kepercayaan warga sekitar terhadap SMPN 48 SATAP OKU. Setelah usaha yang dilakukan terutama pendekatan terhadap warga dan mengoptimalkan kemampuan guru, pegawai, membangun karakter yang baik pada siswa serta memanfaatkan sarana prasarana yang ada dari tahun 2016 hingga tahun 2018 mulai tampak hasilnya, hal ini terlihat dari hasil Instrumen pendapat warga tentang keberadaan SMPN 48 SATAP OKU respon baik hanya 1% sebelum diadakannya tindakan dan meningkat menjadi 91% setelah diadakan tindakan. Hasil nyata yang terlihat adalah kepercayaan warga untuk menyekolahkan anaknya di SMPN 48 OKU setelah dari SDN 184 OKU, tertibnya administrasi sekolah, rasa pengabdian yang tinggi guru dan kedisiplinan siswa meningkat. Sehingga tujuan pemerintah untuk menuntaskan pendidikan sembilan tahun dapat tercapai. Dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa dengan mengoptimalkan kemampuan warga sekolah maka dapat membangun kepercayaan warga sekitar terhadap SMPN 48 SATAP OKU.

This best practice aims to describe the principal's efforts to build public trust in SMPN 48 SATAP OKU, this is done because there is still a lack of public trust in schools due to various factors. The implementation procedures carried out include planning, implementing actions, reflection and results with data collection techniques in the form of observations using several instruments and interviews. The subjects in this study were school residents and the object of research was the local residents' trust in SMPN 48 SATAP OKU. After the efforts made, especially the approach to residents and optimizing the abilities of teachers, employees, building good character in students and utilizing existing infrastructure from 2016 to 2018, the results began to appear, this can be seen from the results of the citizen opinion instrument about the existence of SMPN 48 SATAP OKU good response was only 1% before the action and increased to 91% after the action. The tangible results that can be seen are the people's trust to send their children to SMPN 48 OKU after SDN 184 OKU, orderly school administration, a high sense of teacher devotion and increased student discipline. So that the government's goal to complete nine years of education can be achieved. From the results above, it can be concluded that by optimizing the ability of school residents, it can build the trust of local residents towards SMPN 48 SATAP OKU.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Affandi, H. (2017). Tanggung jawab negara dalam pemenuhan hak atas pendidikan menurut undang-undang dasar tahun 1945. Jurnal Hukum POSITUM, 1(2), 218-243. DOI:10.35706/positum.v1i2.848.

Damanik, J. (2015). Upaya dan strategi pemenuhan standar nasional pendidikan. Jurnal Dinamika Pendidikan, 8(3), 151-160. https://doi.org/10.51212/jdp.v8i3.126

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Departemen Pendidikan Nasional.

Gede, P. (2020). Upaya peningkatan kemampuan guru dalam menyusun silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) melalui diskusi kelompok terfokus di SMAN 1 Waingapu. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 13-27. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760430.

Hidayat, R. (2013). Pengaruh manajemen strategik dan biaya pendidikan terhadap daya saing sekolah di sekolah dasar negeri se Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana Administrasi Pendidikan, 1 (2), hlm. 187-192.

Husain, H. (2021). Upaya membantu guru membuat e-ulangan melalui metode SHOPING menggunakan whatsapp. Indonesian Journal of Educational Development, 1(4), 544-555. https://doi.org/10.5281/zenodo.4559684

Paparang, O. V. (2017). Peran serta warga sekolah dalam melaksanakan program adiwiyata di sma negeri 9 lempake samarinda. Journal Administrasi Negara, 5(2), 5922-5933. https://ejournal.ap.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2017/05/JURNAL%20fix%20(05-31-17-01-52-28).pdf.

Rizaluddin, R. (2017). Implementasi program wajib belajar sembilan (9) tahun pada lembaga pendidikan muhammadiyah di mandailing natal. Edu Riligia, 1(3), 382-396. http://dx.doi.org/10.47006/er.v1i3.986.

Sawirdi, S. (2017). Implentasi kebijakan sd-smp negeri 4 satu atap di desa pongkar kecamatan tebing kabupaten karimun. Jurnal Pendidikan, 17(2), 113-20. https://doi.org/10.33830/jp.v17i2.270.2016.

Somantri, M.(2014). Perencanaan pendidikan. Bogor: IPB Press.

Sugardha, I. A. (2018). Upaya ke arah wajib belajar 12 tahun di kabupaten majalengka; pendekatan kebijakan. Jurnal Administrasi Pendidikan, XXV(2), 252-263 . https://doi.org/10.17509/jap.v25i2.15640.

Sumandya, I. W. & Widana, I. W. (2019). Pengembangan skenario pembelajaran matematika berbasis vokasional untuk siswa kelas XI SMK. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(2), 244-253, DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4704.

Widana, I. W., Suarta, I. M., & Citrawan, I. W. (2019). Work motivation and creativity on teacher ability to develop HOTS-based assessments. International Journal of Social Sciences and Humanities, 3(3), 188-200. https://doi.org/10.29332/ijssh.v3n3.378.

Widana, I. W. (2020). The effect of digital literacy on the ability of teachers to develop HOTS-based assessment. Journal of Physics: Conference Series 1503 (2020) 012045, doi:10.1088/1742-6596/1503/1/012045.

Tingkat, I. N. (2020). Optimalisasi pengembangan diri untuk mendongkrak prestasi (vokasional) sekolah. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 1-12. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760422.

Yusnidar, T. (2015) Peran serta warga sekolah dalam mewujudkan program adiwiyata di smp wilayah semarang barat. Journal of Educational Studies (JESS), 4(1), 1-7. https://doi.org/10.15294/JESS.V4I1.6865.

Published

2021-11-18

How to Cite

Candralela, S. R. (2021). Membangun kepercayaan warga sekitar terhadap SMPN 48 SATAP OKU dengan mengoptimalkan kemampuan warga sekolah. Indonesian Journal of Educational Development, 2(3), 491-500. https://doi.org/10.5281/zenodo.5681487