Implementasi pendekatan saintifik pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.4560676Keywords:
pendekatan saintifik, model pembelajaran kooperatif tipe STAD, hasil belajar, dan keaktifan belajarAbstract
This research was motivated by the problems identified in class IV SDN 1 Rendang, namely the low activity and mathematics learning outcomes of students. The purpose of this study was to increase the activeness and learning outcomes of mathematics through the implementation of a scientific approach on the STAD cooperative learning model. The subjects of this study were 33 class IV semester I SDN 1 Rendang students in the academic year 2017/2018. The object of research is active learning and learning outcomes. Learning activity data were collected by means of observation sheets, while data on learning outcomes were collected by means of tests. Data were analyzed descriptively. The criteria for the success of the study were active learning in the active category and classical learning completeness at least 85%. This research was conducted in two cycles. The results showed that student learning activeness was in the active category. Student learning outcomes also met the established success criteria, namely the student's average score of 75.30, absorption of 75.30%, and mastery of learning 87.88%. The results of this study indicate that the implementation of a scientific approach with the STAD cooperative learning model can increase student activity and learning outcomes in mathematics.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang teridentifikasi di kelas IV SDN 1 Rendang yaitu rendahnya keaktifan dan hasil belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika melalui implementasi pendekatan saintifik pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV semester I SDN 1 Rendang tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 33 orang. Objek penelitian adalah keaktifan belajar dan hasil belajar. Data keaktifan belajar dikumpulkan dengan lembar observasi, sedangkan data hasil belajar dikumpulkan dengan tes. Data dianalisis secara deskriptif. Kriteria keberhasilan penelitian adalah keaktifan belajar pada kategori aktif dan dan ketuntasan belajar secara klasikal minimal 85%. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan keaktifan belajar siswa ada pada kategori aktif. Capaian hasil belajar siswa juga memenuhi kriteria keberhasilan yang ditetapkan yakni nilai rata-rata siswa 75,30, daya serap 75,30%, dan ketuntasan belajar 87,88%. Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa implementasi pendekatan saintifik dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika.
Downloads
References
Abidin, Y. (2014). Desain sistem pembelajaran konteks kurikulum 2013. Refika Aditama.
Adnyana, M. E. (2020). Implementasi model pembelajaran STAD untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar. Indonesian Journal of Educational Development, 1(3), 496-505. https://doi.org/10.5281/zenodo.4286979
Arisandi, N.P.D. (2014). Penerapan model Pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SD No.2 Benoa tahun pelajaran 2014/2015. Undiksha.
Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, (2014). Materi pelatihan guru implementasi kurikulum 2013. Kemendikbud.
Daryanto. (2014). Pendekatan pembelajaran saintifik kurikulum 2013. Gava Media.
Dianti Purwaningsih, N. M., & Widana, I. W. (2017). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar matematika dengan mengontrol bakat numerik siswa. Emasains, 6(2). pp. 153-159. ISSN 2302-2124
Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan pembelajaran. Rineka Cipta.
Ganing, I.N. (2015). Penerapan pendekatan saintifik dalam setting pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan penguasaan kompetensi pengetahuan PKn pada siswa kelas IV SDN 3 Sesetan tahun pelajaran 2015/2016. Undiksha.
Hermawan. (2010). Pengembangan kurikulum dan pembelajaran. Universitas Terbuka.
Hosnan. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual. Ghalia Indonesia.
Huda, M. (2013). Cooperative learning. Pustaka Pelajar.
Isjoni. (2012). Cooperatif learning efektifitas pembelajaran kelompok. Alfabeta.
Karisma, S. (2015). Aspek pendekatan saintifik dalam pembelajaran pada QS. AL-Baqarah. Skripsi diajukan kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan untuk Memenuhi Persyaratan Memperoleh Gelar Strata Satu Sarjana Pendidikan Islam. Universitas Islam Negeri Malang.
Rostika, D. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar kimia. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 240-251. https://doi.org/10.5281/zenodo.4004041
Rusman. (2010). Model-Model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Rajagrafindo Persada.
Semaraputra, I.K. (2016). Penerapan pendekatan saintifik berbasis pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan penguasaan kompetensi pengetahuan IPA pada siswa kelas IV SDN 1 Sanur tahun pelajaran 2015/2016. Undiksha.
Suadnyana, I.N. (2016). Penerapan model pembelajaran student team achievement division (STAD) dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan aktivitas dan penguasaan kompetensi pengetahuan matematika Kelas V SDN 5 Sanur tahun pelajaran 2015/2016. Undiksha.
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosadakaraya.
Suwarsa, I. W. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 274-282. https://doi.org/10.5281/zenodo.4004199
Trianto. (2011). Model-model pembelajaran. Pustaka Belajar.
Widana, I. W. (2017). Higher order thinking skills assessment (HOTS). Journal of Indonesia Student Assessment and Evaluation (JISAE), 3(1), 32-44, http://doi.org/10.21009/JISAE.031.04.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 I Komang Suparsawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an Open Access article distributed under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License, which permits use, sharing, adaptation, distribution and reproduction in any medium or format, as long as you give appropriate credit to the original author(s) and the source, provide a link to the Creative Commons licence, and indicate if changes were made. The images or other third party material in this article are included in the article's Creative Commons licence, unless indicated otherwise in a credit line to the material.