Persepsi siswa tentang layanan usaha kesehatan sekolah jiwa yang diberikan guru BK SMA Negeri 1 Tabanan
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.4006088Keywords:
perception, UKSJAbstract
This study aims to find out how students' perceptions about the service of School Mental Health Services (UKSJ) provided by BK teachers in terms of material, methods, media and time used. This research is a qualitative descriptive study. This research was conducted at SMAN 1 Tabanan academic year 2018/2019. The sample in this study were 231 people, the sampling was done using proportional random sampling technique. The data collection method is in the form of a questionnaire. The data analysis technique used is the percentage analysis technique, where after all the answers have been collected then tabulated these answers. The results showed that the average student's perception of the Mental School Health Service (UKSJ) information service provided by BK teachers was 73.16% which could be categorized well.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa tentang layanan informasi Usaha Kesehatan Sekolah Jiwa (UKSJ) yang diberikan oleh guru BK ditinjau dari segi materi, metode, media dan waktu yang digunakan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Tabanan tahun pelajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian sebanyak 231 orang, pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Metode pengumpulan data berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis persentase, di mana setelah semua jawaban terkumpul kemudian ditabulasikan jawaban tersebut. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persepsi siswa tentang layanan informasi Usaha Kesehatan Sekolah Jiwa (UKSJ) yang diberikan oleh guru BK adalah 73,16 % yang dapat dikategorikan baik.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur penelitian (Suatu pendekatan praktik). Jakarta: Rineka Cipta
Arsyad, Azhar. (2007). Media pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Erman Amti. (2004). Dasar-dasar bimbingan dan konseling. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Fitri, S. (2011). Mengenalidan menangani depresi pada siswa :Rambu-rambu bagi konselor sekolah di sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Juliana, D. G., Widana, I. W., & Sumandya, I. W. (2017). Hubungan motivasi berprestasi, kebiasaan belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Emasains, 6(1). pp. 40-60. ISSN 2302-2124.
Nasir, Muhith. (2011). Dasar-dasar keperawatan jiwa: Pengantar teori. Jakarta: Salemba Medika.
Nawabakti, L.R. (2013). Pengaruh pemberian usaha kesehatan jiwa sekolah terhadap tingkat depresi siswa sekolah dasar kelas VI dalam menghadapi ujian nasional di kecamatan Seyegan Sleman Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.
Poerwadaminta,W.J.S. (1992). Kamus besar bahasa indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Prayitno. 2012. Seri panduan bimbingan dan konseling di sekolah (Buku III) Pelayanan bimbingan dan konseling sekolah menengah umum (SMU). Jakarta: Ikrar Mandiri.
Pringgodigdo dan Hanafi. (1997). Persepsi dalam pengajaran. Jakarta: PT. Rajawali.
Setyowati, D. & Widana, I. W. (2016). Pengaruh minat, kepercayaan diri, dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar matematika. Emasains, 5(1). pp. 66-72. ISSN 2302-2124.
Sudjana, Nana. (2005). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.
Videback, S,L. (2008). Buku ajar keperawatan jiwa. Jakarta: EGC
Winkel. 1997. Bimbingan dan konseling di institusi pendidikan. Jakarta: Gramedia.
Yusuf, S. (2007). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2020 I Wayan Juliawan, Dewa Gede Eka Sastra Wiguna, Pande Wayan Bawa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an Open Access article distributed under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License, which permits use, sharing, adaptation, distribution and reproduction in any medium or format, as long as you give appropriate credit to the original author(s) and the source, provide a link to the Creative Commons licence, and indicate if changes were made. The images or other third party material in this article are included in the article's Creative Commons licence, unless indicated otherwise in a credit line to the material.