Meningkatkan motivasi dan prestasi belajar seni rupa siswa kelas XII AP-4 SMKN 1 Tampaksiring tahun pelajaran 2018/2019 melalui metode penugasan membuat kliping gambar/foto

Authors

  • I Made Artawan SMK Negeri 1 Tampaksiring

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.4006107

Keywords:

learning motivation, learning achievement, assignment to make clippings

Abstract

This study aims to determine the effectiveness of the assignment to make a picture/photo clipping of fine art as an effort to increase motivation and learning achievement of students of class XII AP-4 SMK Negeri 1 Tampaksiring in the academic year 2018/2019. The subjects of this study were 35th grade XII AP-4 students of State Vocational School 1 Tampaksiring in the academic year 2018/2019. The object of research is the motivation and learning achievement of students of class XII AP-4 SMK Negeri 1 Tampaksiring in the academic year 2018/2019. Learning motivation data were collected using a questionnaire, while student achievement data was collected using tests. The research data were analyzed descriptively qualitatively. Benchmarks of research success: (1) minimal student motivation in the high category, (2) the average value of the minimum daily tests of KKM, and (3) classical learning completeness of at least 85%. The results showed that in the first cycle: (1) students' motivation was quite high, (2) the average value of student achievement was 76.40; and (3) classical completeness reached 81.25%. Whereas in the second cycle: (1) students' motivation was classified as high category, (2) the average value of student achievement was 78.37; and (3) classical completeness reached 93.75%. In conclusion, the assignment of making picture clippings/photographs of fine art works can increase motivation and learning achievement of students of class XII AP-4 SMK Negeri 1 Tampaksiring in the academic year 2018/2019.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penugasan membuat kliping gambar/foto karya seni rupa sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas XII AP-4 SMK Negeri 1 Tampaksiring Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas XII AP-4 SMK Negeri 1 Tampaksiring Tahun Pelajaran 2018/2019 berjumlah 35 orang. Objek penelitian adalah motivasi dan prestasi belajar siswa kelas XII AP-4 SMK Negeri 1 Tampaksiring Tahun Pelajaran 2018/2019. Data motivasi belajar dikumpulkan dengan kuesioner, sedangkan data prestasi belajar siswa dikumpulkan menggunakan tes tertulis. Data hasil penelitian di analisis secara deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan penelitian: (1) motivasi belajar siswa minimal dalam kategori tinggi, (2) nilai rata-rata hasil ulangan harian minimal sebesar nilai KKM, dan (3) ketuntasan belajar secara klasikal minimal 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I: (1) motivasi belajar siswa tergolong kategori cukup tinggi, (2) nilai rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 76,40; dan (3) ketuntasan klasikal mencapai 81,25%. Sedangkan pada siklus II: (1) motivasi belajar siswa tergolong kategori tinggi, (2) nilai rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 78,37; dan (3) ketuntasan klasikal mencapai 93,75%. Kesimpulan, penugasan membuat kliping gambar/foto karya seni rupa dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas XII AP-4 SMK Negeri 1 Tampaksiring Tahun Pelajaran 2018/2019.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Animarlina. (2011). Perbedaan pengaruh pengetahuan konsep-konsep ekosistem pada peserta didik antara yang diajar strategi pembelajaran deduktif dengan induktif. http://animarlina.wordpress.com/karya-ilmiah. Diunggah Juli 2011.

Arikunto, S., Supardi, & Suhardjono. (2008). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Catrining, Luh dan Widana, I Wayan. (2018). Pengaruh pendekatan pembelajaran realistic mathematics education terhadap minat dan hasil belajar matematika. Emasains, 7(2). pp. 120-129. ISSN 2302-2124.

Dantes. (2008). Supervisi akademik dalam kaitannya dengan penjaminan mutu pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha).

Dja’ali. (2008). Psikologi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Faiq, Muhamad. (2009). Pembelajaran induktif-struktur sosial dan peran guru. http://penelitiantindakankelas.blogspot.com/2009/03/model pembelajaran-induktif-struktur.html. Diunggah 04 Maret 2009.

Widana, I. W. (2014). Pengembangan bank soal. Emasains, 3(2). pp. 43-49. ISSN 2302-2124.

Juliana, DG., Widana, I., W., dan Sumandya, I. W. (2017). Hubungan motivasi berprestasi, kebiasaan belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Emasains, 6(1). pp. 40-60. ISSN 2302-2124.

JS. Badudu. (1996). Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.

Mahurianasla. (2011). Model pembelajaran induktif. mahasiswa pascasarjana (S2). Teknologi pendidikan Unib. http:// mahurianasla.blogspot.com/2011/02/model-pembelajaran-induktif.html. Diunggah 8 Mei 2011.

Moore, L. L., Grabsch, D. K., & Rotter, C. (2010). Using achievement motivation theory to explain student participation in a residential leadership learning community. Journal of Leadership Education, 9, 22-34.

Mulyasa. (2007). Kurikulum tingkat satuan pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Nomor 59 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah, Kemdikbud (2013).

Santrock, J.W. (2011). Educational psychology (ed). Texas: McGraw Hill.

Sardiman. (2011). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Slameto. (2003). Pengertian belajar. http://www.infoskripsi.com/proposal/proposal-skripsi-pengaruh-cara-belajar-html.

Setyowati, Devi dan Widana, I Wayan. (2016). Pengaruh minat, kepercayaan diri, dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar matematika. Emasains, 5 (1). pp. 66-72. ISSN 2302-2124.

Suryosubroto, B. (1997). Proses belajar mengajar di sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).

Wena. (2009). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Published

2020-08-30

How to Cite

Artawan, I. M. (2020). Meningkatkan motivasi dan prestasi belajar seni rupa siswa kelas XII AP-4 SMKN 1 Tampaksiring tahun pelajaran 2018/2019 melalui metode penugasan membuat kliping gambar/foto. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 1(2), 301-310. https://doi.org/10.5281/zenodo.4006107

Issue

Section

Articles