MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN ECIRR PADA SISWA KELAS XI MIPA 3 SMA NEGERI 1 MENGWI

Authors

  • I Nyoman Alit Tiana SMA Negeri 1 Mengwi

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.7675899

Keywords:

model pembelajaran ECIRR, hasil belajar, fisika

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui besarnya peningkatan hasil belajar fisika siswa terhadap penerapan model belajar ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce). Subjek penelitian ini adalah siswa XI MIPA 3 semester ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 38 orang, sedangkan objek penelitian ini adalah hasil belajar fisika. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, observasi, dan tes. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan dalam penelitian ini yaitu ketuntasan secara klasikal minimal 85%. Data hasil belajar fisika diperoleh menggunakan tes hasil belajar. Hasil Penelitian Tindakan Kelas menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model belajar ECIRR dapat meningkatkan hasil belajar fisika, peningkatan skor rata-rata hasil belajar fisika sebesar 18,38 dari 69,65 menjadi 88,03 dan peningkatan ketuntasan klasikal 55,26 % dari awal 42,11% sampai siklus II sebesar 97,37%.

This classroom actionbased research was aimed at determining the magnitude of the increase in students’ Physics learning outcomes through the application of the ECIRR learning model. The subjects of this study were 38 students of XI MIPA 3 in Odd semester for the academic year of 2022/2023. Meanwhile, the object of this reseach was the results of students’ learning physics. Data Collection were obtained through some methods, namely: documentation, observation, and test. In addition, the method of data analysis was Descriptive qualitative analysis. The criteria of learning completeness that was designed in this study was classically completed at least 85%. The data on students’ physical learning outcomes were obtained by using a learning achievement test. Class action research results found that learning Physics with learning model ECIRR can improve students’ average physics learning outcomes in about 18,38, from 69,65 to 88,03 and there was an improvement of classical learning completeness in about 55, 26% from the beginning that was 42,11% to 97,37% in cycle II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustiana, E., & Ganda Putra, F. (2018). Pengaruh Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dengan Pendekatan Lesson Study terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 1–6. http://ejournal. radenintan.ac.id/ index.php/ desimal/ index

Apriyani, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce) terhadap Keterampilan Berpikir Reflektif Matematis Siswa. [Skripsi, Program Sarjana Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta].

Bahri, A. (2012). Bahan Ajar Penelitian Tindakan Kelas. Unismuh.

David M. Hanson. (2006). Intructor’s Guide to Process-Oriented Guided Inquiry Learning. Pacific Crest.

Damayanthi, K. A. U., Widana, I. W., & Sumandya, I. W. (2022). Pengembangan bahan ajar matematika berbasis vokasi menggunakan linkfly siswa kelas X SMK. Indonesian Journal of Educational Development, 3(2), 199-208. https://doi.org/10.5281/zenodo.7026852

Effendi, M., Koes, S., Negeri, S., & Bondowoso, P. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran ECIRR Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Pada Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Sains, 4(3), 113–121.

Hamdani. (2014). Penerapan Model ECIRR Menggunakan Kombinasi Real Laboratory dan Virtual Laboratory untuk Mereduksi Miskonsepsi Mahasiswa. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan.

Hermawati, N., & Suliyanah. (2016). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah Pada Materi Kalor di Kelas X SMAN 1 Wringinanom. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 5, 95.

Kustijono, R., & Wiwin, E. (2014). Pandangan Guru Terhadap Pelaksanaan Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Fisika SMK Di Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 4(1).

Masykur, R. (2019). Teori dan Telaah Pengembangan Kurikulum. CV. Anugrah Utama Raharja.

Nurdyansyah & Fahyuni, E. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai kurikulum 2013 (Vol. 1). Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Sari, W. P., Suyanto, E., & Suana, W. (2017). Analisis Pemahaman Konsep Vektor pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 159–168. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1743

Tama, A. M., Rinaldi, A., & Andriani, S. (2018). Pemahaman Konsep Peserta Didik dengan Menggunakan Graded Response Models (GRM). Desimal:Jurnal Matematika, 1(1), 91–99. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/desimal/index

Umi Masruro. (2017). Pengaruh Strategi Pembelajaran ECIRR Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Matematis. [Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah].

Wahab Jufri. (2013). Belajar dan Pembelajaran Sains. Pustaka Reka Cipta.

Widana, I. W. & Ratnaya, I. G. (2021). Relationship between divergent thinking and digital literacy on teacher ability to develop HOTS assessment. Journal of Educational Research and Evaluation, 5(4), 516-524. https://doi.org/10.23887/jere.v5i4.35128

Widana, I. W., Sopandi, A. T., Suwardika, I. G. (2021). Development of an authentic assessment model in mathematics learning: A science, technology, engineering, and mathematics (STEM) approach. Indonesian Research Journal in Education, 5(1), 192-209. https://doi.org/10.22437/irje.v5i1.12992

Published

2023-02-28

How to Cite

Tiana, I. N. A. (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN ECIRR PADA SISWA KELAS XI MIPA 3 SMA NEGERI 1 MENGWI . Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 3(4), 524-533. https://doi.org/10.5281/zenodo.7675899