PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SSCS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MIPA 1 SMA NEGERI 1 MENGWI
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.7676180Keywords:
Model Pembelajaran SSCS, hasil belajar, fisikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika melalui penerapan Model Pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create and Share) dalam pembelajaran fisika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Mengwi semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 38 orang terdiri dari 16 laki-laki dan 22 orang perempuan. Objek penelitian ini adalah hasil belajar fisika. Data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes hasil belajar yang diberikan tiap akhir siklus. Seluruh data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan skor rata-rata kelas sebesar 18,55 dari 67,50 menjadi 86,05 dengan ketuntasan klasikal mengalami peningkatan sebesar 60,53% dari 34,21% menjadi 94,74%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Mengwi Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023 setelah penerapan model pembelajaran Model Pembelajaran SSCS.
This study aims to improve physics learning outcomes through the application of SSCS learning model in physics learning. The type of this recent study is classroom action based reserch. The subjects of the study were 38 students of XI MIPA 1 at SMA N 1 Mengwi in the odd semester for the academic year of 2022/2023 in which there were 16 male students and 22 female students involved in it. The Object of the study wasSSCS learning model and learning outcomes. The data of students’ learning outcomes were obtained from learning outcomes testthat was given at the end of each cycle. The obtained data were then analyzed by descriptive qualitative and quantitative analysis. The result of this study showed that there was an improvement of class average scores of 18,55; from 67,50 to 86,05 with the increasing of classical learning completeness in about 60,53%, from 34,21% to 94,74%. The conclusion of this research showed that there was a significant improvement on physics learning outcomes of XI MIPA 1 students at SMA N 1 Mengwi in Odd Semester for the academic year of 2022/2023 after implementing SSCS learning model.
Downloads
References
Amalia, D., & Budianto. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Search, Solve, Create and Share Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Virus Siswa Kelas X SMA AL-Masdar Batang Kuis. Jurnal Best, 2, 60–68.
Devi, D. A. P. P. S., Widana, I. W., & Sumandya, I. W. (2022). Pengaruh penerapan ice breaking terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas XI di SMK Wira Harapan. Indonesian Journal of Educational Development, 3(2), 240-247. https://doi.org/10.5281/zenodo.7032283
Herliantari, H. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Search, Solve, Create, And Share (SSCS) Terhadap Kemampuan Creative Problem Solving Peserta Didik Pada Pembelajaran Fisika [Disertasi, UIN Raden Intan Lampung]
Johan, H., Raya, J., & Limun Bengkulu, K. (2012). Pengaruh Search, Solve, Create, And Share (SSCS) Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Merumuskan Dan Memilih Kriteria Pemecahan Masalah Pada Konsep Listrik Dinamis. Jurnal Exacta, X. www.ejmdte.com.
Lia, A. (2015). Pengaruh Model Search, Solve, Create dan Share (SSCS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Fluida Statis Pada Konsep Fluida Statis [Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah].
Luthfiyah, A., Kharisma Valentina, B., Ningrum, F. Z., Ruf Islammudin, M. ", Studi, P., Matematika, P., Keguruan, F., & Pendidikan, I. (2021). Model Pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, And Share) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Konferensi Ilmiah Universitas Pekalongan. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip
Mirayani, P., Widana, I. W., Purwati, N. K. R. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem solving dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 7 Denpasar tahun pelajaran 2020/2021. Widyadari, 22(2), 429 - 438. https://doi.org/10.5281/zenodo.5550368
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.
Santoso, E. B., & Djumadi. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share dan Predict Observe Explain Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMPN 1 Gondangrejo Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Economica, 1(1). https://doi.org/10.22202/economica.2017.v6.i1.1941
Sari, M. Y., Rohana, & Ningsih, Y. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Search Solve Create and Share Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMPNegeri 28 Palembang. Jurnal Perspektif Pendidikan, 92–102.
Sumandya, I. W. & Widana, I W. (2022). Reconstruction of Vocational-Based Mathematics Teaching Materials Using a Smartphone. Journal of Education Technology, 6(1), 133-139. https://dx.doi.org/10.23887/jet.v6i1.42833
Susmariani, N. K., Widana, I. W., & Rasmen Adi, I. N. (2022). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis blended learning dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 230-240. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.675
Trianto. (2013). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivisme. Prestasi Pustaka.
Utami, R. P. (2011). Pengaruh Model Pembelajaran Search Solve Create And Share (SSCS) dan Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Prestasi Belajar dan Kreativitas Siswa. Bioedukasi, 4, 57–71.
Warmini, N. K., Gede Agung, A. A., Sumantri, M., Pgsd, J., & Tp, J. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran SSCS Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Di Gugus VII Kecamatan Busungbiu. E-Journal Universitas Pendidikan Ganesha, 1.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Ni Made Sariasih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an Open Access article distributed under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License, which permits use, sharing, adaptation, distribution and reproduction in any medium or format, as long as you give appropriate credit to the original author(s) and the source, provide a link to the Creative Commons licence, and indicate if changes were made. The images or other third party material in this article are included in the article's Creative Commons licence, unless indicated otherwise in a credit line to the material.