PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI IMPLEMENTASI MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION

Authors

  • Haji Hasan SMAN 1 Pringgasela

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.7675860

Keywords:

hasil belajar, matematika, realistic mathematics education

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada materi pemusatan data statistik dengan model pembelajaran menggunakan model Realistic Mathematics Education (RAME). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus yang masing-masing melalui 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPA 3 SMA Negeri 1 Pringgasela tahun ajaran 2022/2023. Objek penelitian dalah hasil belajar matematika. Penelitian tindakan ini dikatakan berhasil bila nilai rerata hasil belajar matematika minimal sebesar nilai KKM sebesar 75. Data hasil belajar matematika dikumpulkan menggunakan instrumen tes. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rerata hasil belajar pada siklus I sebesar 70,09 sedangkan pada siklus II nilai rerata kelas telah berhasil mencapai kriteria keberhasilan sebesar 91,38. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran RAME dibantu media daun dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada kelas XII IPA 3 SMA Negeri 1 Pringgasela tahun pelajaran 2022/2023.

The purpose of this study was to find out how to improve student learning outcomes in statistical data centering material with a learning model using the Realistic Mathematics Education (RAME) model. This research is a classroom action research which is conducted in 2 cycles, each of which goes through 4 stages, namely, planning, implementing, observing, and reflecting. The research subjects were students of class XII IPA 3 at SMA Negeri 1 Pringgasela in the 2022/2023 school year. The object of research is the result of learning mathematics. This action research is said to be successful if the average value of mathematics learning outcomes is at least the KKM value=70. Data were collected using test instruments and analyzed descriptively qualitatively. The results showed that the mean value in the first cycle 70,09, while in the second cycle the class mean value had succeeded in achieving the success criteria of 91,38. Therefore, it can be concluded that the use of the Realistic Mathematics Education (RAME) learning model assisted by leaf can improve student mathematics learning outcomes in class XII IPA 3 SMA Negeri 1 Pringgasela in the 2022/2023 school year.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnyana, M. E. (2020). Penerapan model pembelajaran TGT (teams games tournament) untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar biologi. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 322-334. https://doi.org/10.5281/zenodo.4006233.

Agnesti, Y., & Amelia, R. (2020). Penerapan Pendekatan Kontekstual dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Perbandingan dan Skala terhadap Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 347–358. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.748.

Ananda, R. (2018). Penerapan pendekatan realistics mathematics Education (RME) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 125-133. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.39.

Gede, P. (2020). Upaya peningkatan kemampuan guru dalam menyusun silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) melalui diskusi kelompok terfokus di SMAN 1 Waingapu. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 13-27. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760430.

Hasan & Al-Idrus, SQMJ. (2020). Korelasi Al-Qur‟an dengan sains dan matematika sebagai sumber kebenaran dalam pembuktian nilai π(phi) dari Peristiwa Tawaf. Proceeding Book of: The 1st International Confrence on Islamic Studies (ICIS). 1 (1), 112-119. https://ejournal.iaforis.or.id/index.php/icois/article/view/75.

Kelen, W. M. D. E. L. (2020). Pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. PROSIDING SENDIKA, 6(2).

Maizar, Mustika, I. & Nabella, S., D. (2022). Pengantar Statistik 1. Media Sains Indonesia.

Masdy, A. M. (2018). Peningkatan ketuntasan belajar matematika melalui pendekatan realistik pada siswa kelas VII-H SMP Negeri 6 Palopo. Prosiding, 4(1).

Muin, A. & Ulfah, R. M. (2012). Meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran menggunakan aplikasi Moodle. Jurnal Phytagoras, 7(1), 73-82. http://dx.doi.org/10.21831/pg.v7i1.2838.

Pardede, M. (2019). efektivitas model pembelajaran realistic mathematic education (RME) terhadap kemampuan komunikasi dan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik pada materi sistem persamaan linear tiga variabel di SMA Negeri 1 Sipahutar TA 2018/2019. http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2727.

Rodiat, Y., Handayani, H., & Nurdiansyah, N. (2022). pengaruh model realistic mathematics education (RME) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika pada materi keliling dan luas persegi panjang. Sebelas April Elementary Education (SAEE), 1(3), 57-65. https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/saee/article/view/456.

Siagian, M. D. (2017). Pembelajaran matematika dalam persfektif konstruktivisme. Jurnal Pendidikan Islam dan Teknologi Pendidikan, VII(2), 61-73.

Widana, I. W., Suarta, I. M., & Citrawan, I. W. (2019). Work motivation and creativity on teacher ability to develop HOTS-based assessments. International Journal of Social Sciences and Humanities, 3(3), 188-200. https://doi.org/10.29332/ijssh.v3n3.378.

Widana, I. W., Sumandya, I. W., Sukendra, K., Sudiarsa, I. W. (2020). Analysis of conceptual understanding, digital literacy, motivation, divergent of thinking, and creativity on the teachers skills in preparing hots-based assessments. Jour of Adv Research in Dynamical & Control Systems, 12(8), 459-466. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I8/20202612.

Widana, I. W. (2021). Realistic mathematics education (RME) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di Indonesia. Jurnal Elemen, 7(2), 450 – 462. https://doi.org/10.29408/jel.v7i2.3744

Published

2023-02-28

How to Cite

Hasan, H. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI IMPLEMENTASI MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 3(4), 456-465. https://doi.org/10.5281/zenodo.7675860