MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA GANCARAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS

Authors

  • Putu Ayu Gede Wedawati SMAN 2 MENGWI

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.7675883

Keywords:

gancaran, STAD, bahasa Bali

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca gancaran peserta didik kelas XI MIPA 6 Semester Genap SMAN 2 Mengwi Tahun Pelajaran 2019/2020 melalui penerapan metode pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD). Penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Mengwi dengan peserta didik XI MIPA 6 sebagai subjek penelitiannya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus, di mana setiap siklusnya terdiri dari empat komponen yaitu, perencanaan, tindakan, observasi serta refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Data dianalisis menggunakan metode deskriftif kualitatif dengan kriteria keberhasilan adalah nilai peserta didik mencapai rata-rata minimum 65 dengan ketuntasan klasikal minimal 80%. Hasil yang diperoleh pada pra-siklus, nilai rata-rata peserta didik adalah 62,50 dengan ketuntasan klasikal hanya 41,67% yang tergolong belum tuntas. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas mencapai 69,58 dengan ketuntasan klasikal mencapai 72,22%, namun belum dapat dikatakan tuntas karena belum mencapai kriteria yang ditentukan. Pada siklus II, nilai rata-rata peserta didik mencapai 75,83% dengan nilai ketuntasan klasikal mencapai 97,22%. Dari data tersebut dapat dikatakan tuntas dan sudah mencapai target sesuai kriteria keberhasilan yang ditetapkan. 

The purpose of this research is to improve the ability to read rewards for students in class XI MIPA 6 Even Semester at SMAN 2 Mengwi for the 2019/2020 academic year through the application of the Student Team Achievement Divisions learning method. This research was conducted at SMAN 2 Mengwi with XI MIPA 6 students as research subjects. This research is a classroom action research, which was conducted in two cycles, where each cycle consisted of four components, namely, planning, action, observation and reflection. The data collection method used is a test. Data were analyzed using descriptive methods with the success criterion being that the student's score average value of students minimum of 65 with a minimum classical completeness of 80%. The results obtained in the pre-cycle, the average value of students is 62.50 with classical completeness only 41.67% which is classified as incomplete. In cycle I, the class average score reached 69.58 with classical completeness reaching 72.22%. In cycle II, the average score of students reached 75.83% with a classical completeness score of 97.22%. From these data it can be said that it is complete and meet the success criteria.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, D., R., Listyarini, I., & Huda, C. (2019). Keefektifan Model Picture and Picture Berbantu Media Flashcard Terhadap Keterampilan Menulis Karangan. International Journal of Elementary Education, 3(1), 35–40. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17282.

Badan Pengembangan dan pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2019). Kamur Besar Bahasa Indonesia Daring. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/gancaran

Bawamenewi, A. (2021). Penerapan strategi the learning cell terhadap kemampuan membaca artikel dalam media cetak. Jurnal ReviewPendidikan dan Pengajaran, 4(1), 154-161. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1887.

Darmada, I. M., Widana, I. W., Suarta, I. M., Suryaabadi, IBG. (2020). Penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar kabupaten Tabanan Bali Indonesia. Widyadari, 21(2), 394 – 411. https://doi.org/10.5281/zenodo.4059735

Lubis, S. S. W. (2020). Membangun budaya literasi membaca dengan pemanfaatan media jurnal baca harian. Pionir: Jurnal Pendidikan, 9(1), 127-135. http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v9i1.7167.

Mayudana, I. K. Y., & Sukendra, I. K. (2020). Analisis kebijakan penyederhanaan RPP: Surat edaran menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 14 tahun 2019. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 61-68. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760682.

Mirayani, P., Widana, I. W., Purwati, N. K. R. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem solving dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 7 Denpasar tahun pelajaran 2020/2021. Widyadari, 22(2), 429 - 438. https://doi.org/10.5281/zenodo.5550368

Rosmaya, E. (2018). Pembelajaran menulis teks eksposisi dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe investigasi kelompok di SMP. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 72-81. http://dx.doi.org/10.33603/deiksis.v5i1.999.

Saputra, N., Meilana, S. F., Kurnia, I., Akbar, M. R., Pratiwi, D, A., & Widya, A. F. (2021). Prosa fiksi dan drama. Penerbit Media Sains Indonesia.

Slavin, E. Robert. (2003). Educational Psychology, Theory and Practice. Pearson Longman

Sukartha, I, N. (2016). Makna satua pan balang tamak. Jurnal Manuskrip Nusantara, 7(2), 234-276. https://doi.org/10.37014/jumantara.v7i2.288.

Supantini, N. M. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Peserta didik Kelas X SMA Negeri Satu Atap Tejakula Tahun Pelajaran 2016-2017. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 7(2). https://doi.org/10.23887/jjpbs.v7i2.11623.

Susilo, J. J., & Wahyuni V. E. (2016). Peran guru pembelajar sebagai pegiat gerakan literasi sekolah: tantangan dan solusi. Prosiding: Seminar Nasional Pengembangan Literasi Berbasis Kearifan Lokal Pengukuhan Jatidiri Kebudayaan Bangsa, 528-536. http://fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/repository/article/view/268.

Suwarsa, I. W. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 274-282. https://doi.org/10.5281/zenodo.4004199.

Widana, I. W. (2017). Higher order thinking skills assessment (HOTS). Journal of Indonesia Student Assessment and Evaluation (JISAE), 3(1), 32-44, https://doi.org/10.21009/JISAE.031.04.

Widana, I. W. & Septiari, L. K. (2021). Kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran Project-Based Learning berbasis pendekatan STEM. Jurnal Elemen, 7(1), 209-220. https://doi.org/10.29408/jel.v7i1.3031

Wirta, I. M. (2021). Upaya meningkatkan prestasi belajar PPKN melalui model pembelajaran kooperatif tipe students team achievement division (STAD). Indonesian Journal of Educational Development, 1(4), 716-725. https://doi.org/10.5281/zenodo.4562076.

Published

2023-02-28

How to Cite

Wedawati, P. A. G. (2023). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA GANCARAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS . Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 3(4), 495-505. https://doi.org/10.5281/zenodo.7675883