PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING

Authors

  • Ni Made Suwidiariathi SD Negeri Tulangampiang

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.7675893

Keywords:

prestasi belajar, mastery learning, bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV C semester I tahun pelajaran 2019/2020 di SD Negeri Tulangampiang. Untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa, diimplementasikan model pembelajaran Mastery Learning. Rancangan penelitian terdiri dari rencana, tindakan, observasi, dan refleksi dalam setiap siklus. Penelitian tindakan kelas dilakukan dari Agustus hingga Desember 2019. Pada penelitian tindakan kelas ini, diusulkan dua indikator keberhasilan penelitian, yaitu nilai rata-rata minimal mencapai 72 dan presentase ketuntasan belajar minimal mencapai 80%. Pada kondisi mula-mula diketahui capaian nilai rata-rata siswa hanya mencapai 69,15 dan persentase ketuntasan siswa hanya mencapai 42,50%. Pada siklus I terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa mencapai 71,45 dan persentase ketuntasan siswa mencapai 62,50%. Pada siklus II kembali terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa mencapai 79,33 dan persentase ketuntasan siswa hingga mencapai 95,00%. Dengan demikian pada siklus II, indikator keberhasilan capaian nilai rata-rata minimal dan persentase ketuntasan minimal telah berhasil dilampaui. Berdasarkan fakta-fakta yang telah disamapaikan, dapat ditarik kesimpulan, Penggunaan model Pembelajaran mastery learning dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV C semester I tahun pelajaran 2019/2020 di SD Negeri Tulangampiang.

This classroom action research was motivated by the low achievement in learning Indonesian in Grade IV C students in semester I of the 2019/2020 academic year at SD Negeri Tulangampiang. To improve students' Indonesian learning achievement, the Mastery Learning learning model is implemented. The research design consists of plans, actions, observations, and reflections in each cycle. Classroom action research was conducted from August to December 2019. In this classroom action research, two indicators of research success were proposed, namely a minimum average score of 72 and a minimum learning completeness percentage of 80%. In the initial conditions it was known that the average student achievement score only reached 69.15 and the percentage of student completeness only reached 42.50%. In cycle I there was an increase in the average student score reaching 71.45 and the percentage of student completeness reaching 62.50%. In cycle II again there was an increase in the average value of students reaching 79.33 and the percentage of student completeness up to 95.00%. Thus in cycle II, the indicators of success in achieving the minimum average value and minimum percentage of completeness have been exceeded. Based on the facts that have been presented, it can be concluded that the use of the mastery learning model can improve the learning achievement of Indonesian students in grade IV C semester I of the 2019/2020 academic year at Tulangampiang Elementary School.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrita, L. (2021). Penerapan model pembelajaran mastery learning dalam meningkatan hasil belajar ipa pada peserta didik kelas IX. 3 SMP NEGERI 32 PALEMBANG. JURNAL EDUKASI: KAJIAN ILMU PENDIDIKAN, 7(2), 60-72.

Damayanthi, K. A. U., Widana, I. W., & Sumandya, I. W. (2022). Pengembangan bahan ajar matematika berbasis vokasi menggunakan linkfly siswa kelas X SMK. Indonesian Journal of Educational Development, 3(2), 199-208. https://doi.org/10.5281/zenodo.7026852

Hayati, N., Ahmad, M. Y., & Harianto, F. (2017). Hubungan penggunaan media pembelajaran audio visual dengan minat peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama islam di sman 1 bangkinang kota. Jurnal Al-Hikmah, 14(2), 160–180.

Herlina, L., & Suwatno, S. (2018). Kecerdasan intelektual dan minat belajar sebagai determinan prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 3(2), 246-254.

Hidayatullah, P. A., Widana, I. W., Adnyana, I. K. S. (2022). Pengembangan media JESSTAR sebagai media pembelajaran tematik tema 9 kelas VI SD. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar, 10(1), 72-87. https://doi.org/10.22219/jp2sd. v10i1.20476

Padmiati, N. W. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Mastery Learning Dengan Metode Bercerita Dan Pemberian Tugas Siswa Kelas I Semester I SD Negeri 1 Bona Tahun Pelajaran 2017/2018. Widyadari, 21(26), 1-14.

Pratiwi, N. K. (2017). Pengaruh tingkat pendidikan, perhatian orang tua, dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa indonesia siswa smk kesehatan di kota tangerang. Pujangga: Jurnal Bahasa dan Sastra, 1(2), 31.

Restu Trinadi Asih, N. P., Fitriani Asni, M., & Widana, I. W. (2022). Profil guru di era society 5.0. Widyadari, 23(1). https://doi.org/10.5281/zenodo.6390955

Rubiati, & Sriwaty, W. (2020). Penerapan model inquratif dalam pembelajaran menulis teks biografi berbantuan media film. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 28-44. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760432

Silalahi, J. (2017). Peningkatan hasil belajar pendidikan agama kristen melalui metode card sort pada siswa kelas IV SD Negeri 163084 kota tebing tinggi. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 7(1), 62-71.

Suandi, I. N. (2020). Implementasi model pembelajaran mastery learning untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa indonesia siswa kelas VI semester VI SD Negeri 13 dauh puri tahun pelajaran 2017/2018. Widyadari, 27(27), 1-11.

Sumandya, I. W. & Widana, I W. (2022). Reconstruction of Vocational-Based Mathematics Teaching Materials Using a Smartphone. Journal of Education Technology, 6(1), 133-139. https://dx.doi.org/10.23887/jet.v6i1.42833

Susilo, S. V. (2018). Refleksi nilai-nilai pendidikan ki hadjar dewantara dalam upaya upaya mengembalikan jati diri pendidikan indonesia. Cakrawala Pendas, 4(1), 33–41. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v4i1.710

Suwantari, I. G. A. (2022). Penerapan metode pemberian tugas untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas I semestar I SD Negeri 3 Jagaraga. Indonesian Journal of Educational Development, 3(1), 44-52.

Widyastuti, R. (2022). Peningkatan motivasi pembelajaran materi bulan ramadhan yang indah melalui media vidio pembelajaran pada Siswa Kelas V SDN 199 Bengkulu Utara. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(6), 245-252.

Published

2023-02-28

How to Cite

Suwidiariathi, N. M. (2023). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 3(4), 506-514. https://doi.org/10.5281/zenodo.7675893