PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN KELAS VI A SDN 10 SUMERTA

Authors

  • Ni Wayan Swasdewi SD Negeri 10 Sumerta

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.7675866

Keywords:

contextual teaching and learning, prestasi belajar

Abstract

Pelaksanaan penelitian ini berlokasi di SD Negeri 10 Sumerta yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam proses pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI A semester I tahun pelajaran 2020/2021. Sedangkan objek penelitian adalah prestasi belajar PKn. Data penelitian dikumpulkan menggunakan tes prestasi belajar, sedangkan teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa dari nilai rata-rata awal 66,86 naik menjadi 77,11 pada siklus I dan naik menjadi 85,79 pada siklus II. Hasil pada siklus II sudah sesuai harapan indikator keberhasilan penelitian oleh karenanya penelitian ini tidak dilanjutkan ke siklus berikutnya. Dengan perolehan data tersebut dapat dipastikan bahwa penerapan model CTL dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar siswa sehingga hipotesis yang diajukan dapat diterima.

The implementation of this research is located at SD Negeri 10 Sumerta which aims to determine the increase in student achievement after applying the Contextual Teaching and Learning (CTL) model in the learning process. The research subjects were class VI A students in semester I of the 2020/2021 academic year. While the object of research is the learning achievement of Civics. The research data was collected using a learning achievement test, while the data analysis technique was carried out using a descriptive qualitative method. The research data showed that from the initial average value of 66.86 it rose to 77.11 in cycle I and rose to 85.79 in cycle II. The results in cycle II were in accordance with the expectations of indicators of research success, therefore this research was not continued to the next cycle. With the acquisition of these data it can be ascertained that the application of the CTL model in the implementation of the learning process is able to improve student achievement so that the hypothesis proposed can be accepted.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Z. (2022). Manajemen peserta didik sebagai upaya pencapaian tujuan pendidikan. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 8(1), 71-89.

Artini, N. M. (2022). Model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa SD Negeri 3 Lemukih Singaraja. Indonesian Journal of Educational Development, 3(3), 409-417.

Hidayatullah, P. A., Widana, I. W., Adnyana, I. K. S. (2022). Pengembangan media JESSTAR sebagai media pembelajaran tematik tema 9 kelas VI SD. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar, 10(1), 72-87. https://doi.org/10.22219/jp2sd. v10i1.20476

Leonson, S. B. (2018). peningkatan prestasi belajar siswa tentang makna demokrasi pelajaran pkn melalui penerapan pembelajaran kooperatif. HUMANIS: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, 10(2), 103-112.

Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar negri bojong 3 pinang. Bintang, 2(3), 418-430.

Muhartini, M., Mansur, A., & Bakar, A. (2023). pembelajaran kontekstual dan pembelajaran problem based learning. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1), 66-77.

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan pancasila sebagai upaya membentuk karakter jujur. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 33-41.

Putri, R. H., Rini, C. P., & Perdiansyah, F. (2022). Pengembangan media pembelajaran ensiklopedia ipa berbasis pendekatan contextual teaching & learning (CTL) pada materi energi dan perubahannya untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. FONDATIA, 6(3), 751-766.

Rofiah, N. H., & Rofiana, I. (2017). Penerapan metode pembelajaran peserta didik slow learner. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 94-107.

Saputra, D. J. (2022). Sertifikat pendidik syarat mutlak dalam pengangkatan jabatan fungsional guru dan peningkatan kesejahteraan guru. Jurnal Al-Kifayah: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 1(1), 1-15.

Seri, E. (2019). Penerapan strategi pembelajaran contextual teaching and learning untuk peningkatkan hasil belajar siswa pada materi virus di kelas X Mia1 SMA Negeri 1 bubon aceh barat. Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2).

Susmariani, N. K., Widana, I. W., & Rasmen Adi, I. N. (2022). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis blended learning dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 230-240. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.675

Widana, I. W. (2022). Studi Eksploratif: Kemampuan guru SLB mengembangkan asesmen pembelajaran berbasis kearifan lokal di provinsi Bali. Widyadari 23(2), 427-442. https://doi.org/10.5281/zenodo.7191533

Wirta, I. M. (2021). Upaya meningkatkan prestasi belajar PPKN melalui model pembelajaran kooperatif tipe students team achievement division (STAD). Indonesian Journal of Educational Development, 1(4), 716-725.

Published

2023-02-28

How to Cite

Swasdewi, N. W. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN KELAS VI A SDN 10 SUMERTA . Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 3(4), 475-483. https://doi.org/10.5281/zenodo.7675866