METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn SISWA KELAS VI A SD NEGERI TULANGAMPIANG
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.7676164Keywords:
metode diskusi kelompok kecil, prestasi belajar, PKnAbstract
Kelemahan proses pembelajaran yang terjadi akibat ketidaktepatan menggunakan metode dan teknik-teknik dalam pembelajaran yang menyebabkan rendahnya prestasi belajar PKn siswa. Hal-hal lain yang juga menyebabkan rendahnya prestasi belajar PKn siswa adalah akibat rendahnya kemauan guru untuk menerapkan metode dan strategi pembelajaran yang bisa membuat peserta didik aktif dalam belajar. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar PKn siswa kelas VI A semester I SD Negeri Tulangampiang tahun pelajaran 2019/2020 setelah diterapkan metode diskusi kelompok kecil dalam proses belajar mengajar. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian tindakan model Ebbut. Data penelitian tentang prestasi belajar siswa dikumpulkan menggunakan tes prestasi belajar. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa mengikuti proses pembelajaran dari rata-rata awal sebesar 71,19 meningkat menjadi 76,44 pada siklus I dan meningkat menjadi 82,95 pada siklus II dengan ketuntasan belajar awal 34%, pada siklus I meningkat menjadi 71%, dan pada siklus II meningkat menjadi 98%. Simpulan yang dapat diambil dari hasil tersebut adalah penerapan metode diskusi kelompok kecil dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas VI A semester I SD Negeri Tulangampiang tahun pelajaran 2019/2020.
Weaknesses in the learning process that occur due to the inaccuracy of using methods and techniques in learning that cause low learning achievement in Civics students. Other things that also cause low learning achievement in Civics students are the result of the teacher's low willingness to apply learning methods and strategies that can make students active in learning. This classroom action research aims to determine the learning achievement of civics class VI A students in semester I of SD Negeri Tulangampiang for the 2019/2020 academic year after applying the small group discussion method in the teaching and learning process. The research design used in this research is the Ebbut model of action research design. Research data on student achievement was collected using a learning achievement test. Data were analyzed using descriptive statistical analysis. The results obtained from this study indicate an increase in students' ability to follow the learning process from an initial average of 71.19 increasing to 76.44 in cycle I and increasing to 82.95 in cycle II with initial learning mastery of 34%, in cycle I increased to 71%, and in cycle II it increased to 98%. The conclusion that can be drawn from these results is that the application of the small group discussion method in the implementation of the learning process is able to improve the learning achievement of Civics class VI A students in semester I of SD Negeri Tulangampiang for the 2019/2020 academic year.
Downloads
References
Erwinsyah, A. (2017). Manajemen pembelajaran dalam kaitannya dengan peningkatan kualitas guru. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 69-84.
Junindra, A., Fitri, H., Putri, A. R., Nasti, B., & Erita, Y. (2021). Mendesain pembelajaran ips dan pkn berbasis literasi ict (information and communication technology) pada tingkat sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6264 –6270. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1827.
Kistian, A. (2019). Penerapan model pembelajaran proble based learning (pbl) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri ujong tanjong kabupaten aceh barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).
Meilanie, R. S. M. (2020). Survei kemampuan guru dan orangtua dalam stimulasi dini sensori pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 958–964. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.741.
Miasari, N. M. (2018). Peningkatan prestasibelajar matematika dengan penggunaan metode diskusi kelompok kecil pada siswa Kelas VI Semester II SD Negeri 2 Peguyangan Tahun Pelajaran 2016/2017. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 59–70. https://doi.org/10.25078/aw.v3i2.885.
Miswandi, M. (2018). Peningkatan hasil belajar PKN SD melalui stategi crossword puzzle. jurnal pendidikan: riset dan konseptual, 2(3), 300. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i3.66.
Mirayani, P., Widana, I. W., Purwati, N. K. R. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem solving dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 7 Denpasar tahun pelajaran 2020/2021. Widyadari, 22(2), 429 - 438. https://doi.org/10.5281/zenodo.5550368
Parawangsa, E., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Hakikat pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar (SD). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8050-8054.
Setiarsih, A. (2017). Diskursus pendidikan kritis (critical pedagogy) dalam kajian pendidikan kewarganegaraan. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(2), 76-85.
Setiawan, L., Sulistya Wardani, N., Intan Permana, T., & Kristen Satya Wacana, U. (2021). Peningkatan kreativitas siswa pada pembelajaran tematik menggunakan pendekatan project based learning. Jurnal Basicedu, 5(4), 1879–1887. https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1068.
Sudiarta, I. G. P., & Widana, I. W. (2019). Increasing mathematical proficiency and students character: lesson from the implementation of blended learning in junior high school in Bali. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series1317 (2019) 012118. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012118
Sumandya, I. W. & Widana, I. W. (2019). Pengembangan skenario pembelajaran matematika berbasis vokasional untuk siswa kelas XI SMK. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(2), 244-253, DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4704.
Widana, I. W. (2022). Meta-analysis: The relationship between self-regulated learning and mathematical critical reasoning. Education.Innovation.Diversity,1(4), 64-75. https://doi.org/10.17770/eid2022.1.6739
Winarno, W. W., Rusnaini, R., Muchtarom, M., Yuliandri, E., Rasyid, M. Al, & Suryaningsih, A. (2020). Analisis kesulitan guru PPKn dalam mengembangkan materi pembelajaran bhinneka tunggal ika. Journal of Moral and Civic Education, 4(2), 97–112. https://doi.org/10.24036/8851412422020510.
Yanni, M. H. (2018). Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui strategi pembelajaran TAPPS berbasis pendekatan (STEM). jurnal pendidikan matematika (JUDIKA EDUCATION),1(2), 117–125. https://doi.org/10.31539/judika.v1i2.373.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 I Komang Mertayasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an Open Access article distributed under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License, which permits use, sharing, adaptation, distribution and reproduction in any medium or format, as long as you give appropriate credit to the original author(s) and the source, provide a link to the Creative Commons licence, and indicate if changes were made. The images or other third party material in this article are included in the article's Creative Commons licence, unless indicated otherwise in a credit line to the material.