IMPLEMENTASI MODEL KUANTUM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DALAM MENEMUKAN IDE POKOK SERTA MEMBUAT LAPORAN
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.7675897Keywords:
model pembelajaran kuantum, prestasi belajar, bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia dalam menemukan ide pokok serta membuat laporan. Pada zaman yang serba canggih seperti sekarang diperlukan kecerdasan siswa dalam berliterasi. Karena siswa pada sekolah dasar kurang memahami isi bacaan, menemukan ide pokok baik dalam bentuk cerita, laporan dan grafik atau diagram. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI A Semester I tahun Pelajaran 2020/2021 SD Negeri 17 Dauh Puri berjumlah 40 siswa, sedangkan objek penelitian ini prestasi belajar Bahasa Indonesia. Metode pengumpulan data dilakukan tes prestasi belajar. Metode analisis data dalam penelitian menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan dalam penelitian ini yaitu nilai rata-rata siswa mencapai sama dengan atau lebih dari nilai 70 sesuai tuntutan KKM yang ditetapkan oleh sekolah dengan persentase hasil belajar siswa secara klasikal sama dengan atau lebih dari 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 73,42 dan 28 orang siswa dinyatakan tuntas (70%). Sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas bertambah menjadi 40 siswa (100%) dengan nilai rata-rata 82,52. Dengan demikian, implementasi model kuantum dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia dalam menemukan ide pokok dan membuat laporan pada siswa kelas VI A Semester I Tahun Pelajaran 2020/2021 di SD Negeri 17 Dauh Puri Denpasar dalam dua siklus.
This study aims to improve Indonesian learning achievement in finding main ideas and making reports. In this sophisticated era, students' intelligence in literacy is needed. Because students in elementary schools do not understand the contents of the reading, find the main ideas in the form of stories, reports and graphs or diagrams. The subjects of this study were 40 students in class VI A Semester I for the 2020/2021 academic year at SD Negeri 17 Dauh Puri, while the object of this research was the achievement in learning Indonesian. The data collection method was carried out by learning achievement tests. Methods of data analysis in research using quantitative descriptive analysis. The success criteria set in this study were that the average student score was equal to or more than 70 according to the KKM requirements set by the school with a classical percentage of student learning outcomes equal to or more than 85%. The results showed that in the first cycle the class average score reached 73.42 and 28 students were declared complete (70%). Whereas in cycle II the number of students who passed increased to 40 students (100%) with an average value of 82.52. Thus, the implementation of the quantum model can improve Indonesian language learning achievement in finding main ideas and making reports to students of class VI A Semester I of the 2020/2021 Academic Year at SD Negeri 17 Dauh Puri Denpasar in two cycles.
Downloads
References
Anzar, S. F., & Mardhatillah, M. (2018). Analisis kesulitan belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun Ajaran 2015/2016. Bina Gogik: JurnalIlmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar,4(1) 53-64
Alwi, N. A., Halimah, N., Susanti, M., & Marcelina, L. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Digital (Kamus Digital) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa kelas IV SD. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 13(1), 143-152.
Boyadi, S. P. (2020). Upaya meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia dengan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) siswa kelas VI SDN 2 Keniten Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Revolusi Pendidikan (JUREVDIK),3(2), 1-9.
Budiarsa, I. G. (2020). Meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelasXII TKJ A SMKN 3 Tabanan melalui penerapan pembelajaran berbasismasalah dengan teknik diskusi kelompok. Indonesian Journal of Educational Development,1(1), 82-92
https://doi.org/10.5281/zenodo.3760711
Devi, D. A. P. P. S., Widana, I. W., & Sumandya, I. W. (2022). Pengaruh penerapan ice breaking terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas XI di SMK Wira Harapan. Indonesian Journal of Educational Development, 3(2), 240-247. https://doi.org/10.5281/zenodo.7032283
Dharmayanti, D. P. A. (2022). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas VI semester I SDN 3 Sudaji. Indonesian Journal of Educational Development, 3(1), 152-161. https://doi.org/10.5281/zenodo.6575115
Harta, I. W. (2020). Penerapan model pembelajaran induktif berbasis pendekatan analogi untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia dalam menulis teks ekposisi. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 122-130. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760735
Pujawan, I. M. (2022). Implementasi model pembelajaran kuantum berbasis quizizz untuk meningkatkan prestasi belajar PKN siswa kelas V semester II SD Negeri 2 Pangkung Karung. Indonesian Journal of Educational Development, 3(1), 34-43. https://doi.org/10.5281/zenodo.6566356
Setiasih, N. W. (2019). Penggunaan model pembelajaran kuantum sebagaiupaya untuk meningkatkan prestasi belajar PKN siswa kelasVI. Indonesian Journal of Educational Research and Review,2(3),319-324
Sudiarta, I. G. P., & Widana, I. W. (2019). Increasing mathematical proficiency and students character: lesson from the implementation of blended learning in junior high school in Bali. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series1317 (2019) 012118. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012118
Sumudra, I. B. N. N (2019). Penerapan model pembelajaran kuantum untuk meningkatkan prestasi belajar pkn pada siswa kelas v sd negeri kayubihi semester 1 tahun pelajaran 2017/2018. Widyadari, 21(26), 1-8.
Tarigan, S. (2021). Meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia siswa melalui penerapan pembelajaran berbasis proyek. Indonesian Journal of Educational Development, 2(1), 148-157. https://doi.org/10.5281/zenodo.4781878
Widana, I. W., Suarta, I. M., & Citrawan, I. W. (2019). Work motivation and creativity on teacher ability to develop HOTS-basedassessments. International Journal of Social Sciences and Humanities, 3(3), 188-200. https://doi.org/10.29332/ijssh.v3n3.378
Yahya, H. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar biologi siswa SMS Islam Terpadu Al-Fityan Gowa. Jurnal Biotek,5(1), 155-166.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Ni Ketut Sekarini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an Open Access article distributed under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License, which permits use, sharing, adaptation, distribution and reproduction in any medium or format, as long as you give appropriate credit to the original author(s) and the source, provide a link to the Creative Commons licence, and indicate if changes were made. The images or other third party material in this article are included in the article's Creative Commons licence, unless indicated otherwise in a credit line to the material.