PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA SD NEGERI TULANGAMPIANG
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.7675864Keywords:
Model pembelajaran kuantum, prestasi belajar, PKnAbstract
Latar belakang dilakukan Penelitian ini karena adanya kesulitan yang dialami siswa kelas VI B pada semester I tahun pelajaran 2019/2020 pada mata pejalaran PKn. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran PKn menggunakan model pembelajaran kuantum. Model dalam penelitian ini menggunakan model penelitian Mc. Kernan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI B semester I tahun pelajaran 2019/2020 di SD Negeri Tulangampiang dengan jumlah 42 siswa. Data hasil penelitian ini dikumpulkan dengan cara pemberian tes prestasi belajar. Data penelitian dianalisis dengan metode analisis deskriptif. Data yang dihasilkan dari penelitian ini terdiri dari data awal, data siklus I dan data Siklus II. Dari data awal diperoleh rata-rata kelas baru mencapai nilai 73,17 dan ketuntasan belajarnya baru mencapai 36%. Data ini jauh di bawah harapan mengingat KKM mata pelajaran PKn di sekolah ini adalah 75. Pada siklus I sudah terjadi peningkatan yaitu rata-rata kelasnya mencapai 76,64 dan persentase ketuntasan belajar mencapai 71%. Pada siklus II perolehan rata-rata kelas sudah mencapai 82,86 dan persentase ketuntasan belajarnya sudah mencapai 98%. Data pada Siklus II ini sudah sesuai harapan akibat penggunaan model pembelajaran yang sifatnya konstruktivis. Simpulan yang diperoleh adalah model pembelajaran kuantum dapat meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas VI B semester I tahun pelajaran 2019/2020 di SD Negeri Tulangampiang.
The background to this research was due to the difficulties experienced by class VI B students in semester I of the 2019/2020 academic year in the Civics subject. The purpose of this study is to improve learning achievement in Civics subjects using the Kuantum learning model. The model in this study uses the Mc research model. Kernan. The subjects of this study were students of class VI B semester I of the 2019/2020 academic year at the Tulangampiang Elementary School with a total of 42 students. Data from this study were collected by administering a learning achievement test. Research data were analyzed using descriptive analysis method. The data generated from this study consisted of initial data, cycle I data and cycle II data. From the initial data, it was obtained that the average class value was 73.17 and the learning completeness was only 36%. This data is far below expectations considering that the KKM for Civics subjects in this school is 75. In cycle I there has been an increase, namely the class average reached 76.64 and the percentage of learning completeness reached 71%. In cycle II, the class average acquisition has reached 82.86 and the percentage of learning completeness has reached 98%. The data in Cycle II are as expected due to the use of a constructivist learning model. The conclusion obtained is that the Kuantum learning model can improve the learning achievement of Civics students of class VI B semester I of the 2019/2020 academic year at Tulangampiang Elementary School.
Downloads
References
Artini, N. L. (2021). Penerapan model pembelajaran Kuantum untuk meningkatkan prestasi belajar PKN. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 345-355.
Damayanthi, K. A. U., Widana, I. W., & Sumandya, I. W. (2022). Pengembangan bahan ajar matematika berbasis vokasi menggunakan linkfly siswa kelas X SMK. Indonesian Journal of Educational Development, 3(2), 199-208. https://doi.org/10.5281/zenodo.7026852
Devi, D. A. P. P. S., Widana, I. W., & Sumandya, I. W. (2022). Pengaruh penerapan ice breaking terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas XI di SMK Wira Harapan. Indonesian Journal of Educational Development, 3(2), 240-247. https://doi.org/10.5281/zenodo.7032283
Fadila, N. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Kuantum Teaching Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Dongeng Siswa Kelas III SD Negeri Minasa Upa Kota Makassar. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Harmono, S. (2017). pengaruh model pembelajaran Kuantum dan gaya belajar terhadap pemahaman konseptual dan ketrampilan gerak pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan siswa sma kota kediri. Jurnal Pembelajaran Olahraga, 3.
Lider, G. (2022). Penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan aplikasi quizizz untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VI semester 1 SD Negeri 5 Sangsit. Indonesian Journal of Educational Development, 3(1), 189-198.
Rohmanurmeta, F. M. R. (2016). Peningkatan motivasi belajar IPA melalui metode pembelajaran Kuantum teaching bagi siswa kelas IV. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 5(02).
Setiani, A., Ramafrizal, Y., & Prihatin, D. (2022). PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA (Survey kelas X IPS SMA Negeri 1 Ngamprah). Jurnal Inovasi Penelitian, 3(3), 5515-5522.
Siahaan, K. W., Sinabutar, A. T., & Haloho, U. H. (2020). Pengaruh metode Kuantum teaching dalam menciptakan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan pada anak SD.
Suharti, S. P., Sumardi, M. K., Hanafi, M., & Hakim, L. (2020). Strategi belajar mengajar. Jakad Media Publishing.
Suparni, N. N. (2021). Usaha maksimal meningkatkan prestasi belajar sosiologi dengan pemanfaatan metode tanya jawab multiarah siswa kelas XI ips 1 SMA Negeri 1 kuta. Jurnal Nalar: Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 48-55.
Susmariani, N. K., Widana, I. W., & Rasmen Adi, I. N. (2022). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis blended learning dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 230-240. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.675
Tianyar, I. (2019). Penerapan model pembelajaran kuantum untuk meningkatkan prestasi belajar pkn siswa kelas V semester I tahun pelajaran 2017/2018 di SD Negeri 2 yangapi, bangli. Widyadari, 21(26), 1-8.
Widana, I. W. (2022). Studi Eksploratif: Kemampuan guru SLB mengembangkan asesmen pembelajaran berbasis kearifan lokal di provinsi Bali. Widyadari 23(2), 427-442. https://doi.org/10.5281/zenodo.7191533
Winarto, W. (2020). Penerapan model pembelajaran Kuantum teaching untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran ipa di sekolah dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(2), 221-222.
Wirta, I. M. (2021). Upaya meningkatkan prestasi belajar PKN melalui model pembelajaran kooperatif tipe students team achievement division (STAD). Indonesian Journal of Educational Development, 1(4), 716-725.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 I Ketut Suardana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an Open Access article distributed under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License, which permits use, sharing, adaptation, distribution and reproduction in any medium or format, as long as you give appropriate credit to the original author(s) and the source, provide a link to the Creative Commons licence, and indicate if changes were made. The images or other third party material in this article are included in the article's Creative Commons licence, unless indicated otherwise in a credit line to the material.