MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 17 DAUH PURI

Authors

  • Ni Made Arsani SD Negeri 17 Dauh Puri

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.7676168

Keywords:

model pembelajaran kuantum, prestasi belajar, matematika

Abstract

Penelitian tindakan kelas merupakan salah satu alat ukur untuk menguji sejauh mana kita dapat mentransfer pengetahuan dan membimbing siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa di SD Negeri 17 Dauh Puri Denpasar Kelas II Semester 1 yang kemampuan siswanya untuk tingkat prestasi belajar Matematika siswa masih sangat rendah, sedangkan objek penelitian ini prestasi belajar matematika. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kuantum dapat meningkatkan prestasi hasil belajar Matematika siswa SD Negeri 17 Dauh Puri Denpasar Kelas II Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes prestasi belajar Matematika siswa. Metode analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif. Kriteria keberhasilan: nilai rata-rata kelas minimal 70 dan ketuntasan secara klasikal minimal mencapai 85%. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran kuantum dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika. Pada kegiatan prasiklus nilai rata-rata kelas 67,68 dan persentase ketuntasan belajar adalah 62,5%; pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 73,1 dengan persentase sebesar 68,7%; dan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat kembali dengan rata-rata kelas 82,5 dengan persentase sebesar 100%.

Classroom action research is a measuring tool to test the extent to which we can transfer knowledge and guide students. The subjects of this study were students at SD Negeri 17 Dauh Puri Denpasar Class II Semester 1 whose students' abilities for the level of student achievement in mathematics were still very low, while the object of this study was achievement in learning mathematics. The purpose of writing this class action research is to find out whether the quantum learning model can improve the mathematics learning achievement of SD Negeri 17 Dauh Puri Denpasar Class II Semester 1 Academic Year 2021/2022. The data collection method in this study was the student achievement test in Mathematics. Research data analysis method using descriptive analysis. Criteria for success: a minimum grade point average of 70 and a minimum of 85% classical completeness. The results obtained from this study are that the quantum learning model can improve mathematics learning achievement. In pre-cycle activities the class average score was 67.68 and the percentage of learning completeness was 62.5%; in cycle I the class average score increased to 73.1 with a percentage of 68.7%; and in cycle II the class average value increased again with a class average of 82.5 with a percentage of 100%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abustang, P. B. (2018). Pengaruh lingkungan sosial dan motivasi terhadap hasil belajar IPS siswa SD INPRES Perumnas Antang Kecamatan Manggala Kota Makassar. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 76-84. http://103.8.79.252/index.php/pendasmahakam/article/download/236/138

Astuti, W. (2017). Model Quantum Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pecahan. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 2(2), 124-129.

Ayuning, N. K (2022). Usaha maksimal penerapan model pembelajaran kuantum untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelompok B1 Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019 di Tk Kumarasari VII Denpasar. Indonesian Journal of Educational Development, 3(3), 428-437

Devi, D. A. P. P. S., Widana, I. W., & Sumandya, I. W. (2022). Pengaruh penerapan ice breaking terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas XI di SMK Wira Harapan. Indonesian Journal of Educational Development, 3(2), 240-247. https://doi.org/10.5281/zenodo.7032283

Hasan, H. (2022). Implementasi model quantum teaching realitic (QTR) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan media sampah. Indonesian Journal of Educational Development, 2(4), 561-570 https://doi.org/10.5281/zenodo.6203138

Karmi, N. K. (2019). Model pembelajaran kuantum untuk meningkatkan prestasi belajar ips siswa kelas vii d semester i di smp negeri 1 selemadeg tabanan tahun pelajaran 2017/2018. Widyadari, 21(26), 1-11.

Nurlina, W. O. (2022). Upaya meningkatkan hasil belajar kimia melalui model pembelajaran kuantum pada siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 3 Baubau. Jurnal Akademik FKIP Unidayan, 1(1), 30-38.

Kardana, I. G. K. (2022). Meningkatkan prestasi belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran team games tournamen siswa smp negeri 4 mendoyo kabupaten jembrana. Suluh Pendidikan, 20(1), 21-29.

Santosa, D. S. S., Sampaleng, D., & Amtiran, A. (2020). Meningkatkan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen,1(1), 11-24.

Sumandya, I. W. & Widana, I W. (2022). Reconstruction of Vocational-Based Mathematics Teaching Materials Using a Smartphone. Journal of Education Technology, 6(1), 133-139. https://dx.doi.org/10.23887/jet.v6i1.42833

Sumudra, I. B. (2019). Penerapan model pembelajaran kuantum untuk meningkatkan restasi belajar PKN pada siswa kelas V SD Negeri Kayubihi semester I tahun pelajaran 2017/2018. Widyadari, 21(2), 1-8

Tahir, N., & Usman, U. (2023). Penerapan model quantum learning terhadap hasil belajar matematika di smp negeri pasang. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 2(1), 68-82.

http://ejurnal.stkipddipinrang.ac.id/index.php/jse/article/download/37/45

Widana, I. W., Sumandya, I. W., & Suhardita, K. (2020). Pendidikan antikorupsi berbasis Tri Kaya Parisudha. Mahameru Press.

Widana, I. W., Sumandya, I. W., Sukendra, K., Sudiarsa, I. W. (2020). Analysis of conceptual understanding, digital literacy, motivation,divergent of thinking, and creativity on the teachers skills in preparinghots-based assessments. Jour of Adv Research in Dynamical & ControlSystems,12(8),459-466 https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I8/20202612

Published

2023-02-28

How to Cite

Arsani, N. M. (2023). MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 17 DAUH PURI . Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 3(4), 553-561. https://doi.org/10.5281/zenodo.7676168