MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI SISWA SD NEGERI 17 DAUH PURI

Authors

  • Ni Ketut Poni SD Negeri 17 Dauh Puri

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.7676186

Keywords:

model kuantum, prestasi belajar pendidikan agama dan budi pekerti

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 17 Dauh Puri di Kelas IV Semester I tahun pelajaran 2019/2020. Rendahnya prestasi belajar Pendidikan Agama dan Budi Pekerti siswa kelas Kelas IV Semester I SD Negeri 17 Dauh Puri Tahun Pelajaran 2019/2020 yang baru mencapai rata-rata 72,48 sedangkan kriteria ketuntasan minimal pada mata pelajaran ini yaitu 78 yang menunjukkan bahwa peserta didik yang diteliti kemampuannya masih sangat rendah. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IV Semester I SD Negeri 17 Dauh Puri, sedangkan objek penelitian ini prestasi belajar. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama dan Budi Pekerti siswa kelas Kelas IV Semester I SD Negeri 17 Dauh Puri Tahun Pelajaran 2019/2020 setelah Penerapan model Kuantum dalam pembelajaran. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes prestasi belajar. Metode analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model kuantum dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada pada awalnya 72,48 setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 75,6  dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 84,44. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Penerapan model Kuantum dapat meningkatkan Prestasi belajar Pendidikan Agama dan Budi Pekerti siswa kelas Kelas IV Semester I SD Negeri 17 Dauh Puri Tahun Pelajaran 2019/2020.

This research was conducted at Dauh Puri 17 Public Elementary School in Class IV Semester I whose academic achievement was still low. The low learning achievement of Religious and Moral Education students in Grade IV Semester I SD Negeri 17 Dauh Puri for the 2019/2020 Academic Year only reached an average of 72.48 while the minimum completeness criterion in this subject was 78 which indicates that students studying ability is still very low. The subjects of this study were students of Grade IV Semester I SD Negeri 17 Dauh Puri, while the object of this study was academic achievement. The purpose of writing this class action research is to improve the learning achievement of Religious and Moral Education students of Grade IV Semester I SD Negeri 17 Dauh Puri Academic Year 2019/2020 after applying the Quantum model in learning. The data collection method was carried out by learning achievement tests. Research data analysis method using descriptive analysis. The results obtained from this study are that the Quantum Model can improve student achievement. This is evident from the results obtained at the beginning of 72.48 after taking action in cycle I it increased to 75.6 and in cycle II it increased again to 84.44. The conclusion obtained from this research is that the application of the Quantum model can improve the Learning Achievement of Religious Education and Character Education for students of class IV Semester I SD Negeri 17 Dauh Puri in the 2019/2020 Academic Year.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmada, I. M., Widana, I. W., Suarta, I. M., Suryaabadi, IBG. (2020). Penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar kabupaten Tabanan Bali Indonesia. Widyadari, 21(2), 394 – 411.

https://doi.org/10.5281/zenodo.4059735

Hartono, H. & Saputro, M. (2018). Pembentukan kepercayaan dirimahasiswa pendidikan matematika melalui penerapan supercamp. Majamath: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1), 43-56. https://doi.org/10.36815/majamath.v1i1.60

Hasan, H. (2022). Implementasi modelquantum teaching realitic (QTR)untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan media sampah. Indonesian Journal of Educational Development, 2(4), 561-570. https://doi.org/10.5281/zenodo.6203138

Mirayani, P., Widana, I. W., Purwati, N. K. R. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem solving dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMANegeri 7 Denpasar tahun pelajaran 2020/2021. Widyadari, 22(2), 429 -438.

https://doi.org/10.5281/zenodo.5550368

Nurlina, W. O. (2022). Upaya meningkatkan hasil belajar kimia melalui model pembelajaran kuantum pada siswa kelas x ipa 2 sma negeri 3 baubau. Jurnal Akademik FKIP Unidayan, 1(1), 30-38.

Putra, A. A. K. (2023). Hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar dalam mata pelajaran pkn siswa kelas va di Sd Negeri 75 Kota Bengkulu. Journal of Primary Education (JPE), 2(2), 59-67.

https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/jpe/article/download/7731/4340

Putra, I. N (2021). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar memahami unsur intrinsik cerpen. Indonesian Journal of Educational Development, 1(4) 692-701. https://doi.org/10.5281/zenodo.4562064

Rizka, N. R. & Pratama, F. A. (2018). Penerapan model pembelajaranquantum teaching melalui strategi tandur untuk meningkatkankompetensi kognisi siswa. Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akutansi, 6(1), 183-192. http://dx.doi.org/10.25157/je.v6i1.1681

Sudiarta, I. G. P., & Widana, I. W. (2019). Increasing mathematical proficiency and students character: lesson from the implementation of blended learning in junior high school in Bali. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series1317 (2019) 012118. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012118

Widana, I. W., Suarta, I. M., & Citrawan, I. W. (2019). Penerapan metode simpang tegar untuk meningkatkan kemampuan guru dalam penulisan PTK dan artikel ilmiah. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 365 - 375. https://doi.org/10.21067/jpm.v4i1.3016

Widana, I. W., Sumandya, I. W., Sukendra, K., Sudiarsa, I. W. (2020). Analysis of conceptual understanding, digital literacy, motivation, divergent of thinking, and creativity on the teachers skills in preparing hots-based assessments. Jour of Adv Research in Dynamical & Control Systems, 12(8), 459-466. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I8/20202612

Yahya, H. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran quantumteaching terhadap hasil belajar biologi siswa SMS Islam Terpadu AlFityan Gowa. Jurnal Biotek, 5(1), 155-166.

Published

2023-02-28

How to Cite

Poni, N. K. (2023). MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI SISWA SD NEGERI 17 DAUH PURI . Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 3(4), 592-601. https://doi.org/10.5281/zenodo.7676186