Penerapan model pembelajaran inquiry berbantuan platform zoom cloud meeting untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SD Negeri 14 Kesiman
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.7367481Keywords:
model pembelajaran inquiry, Aplikasi Zoom Cloud Meeting, prestasi belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas VI Semester II SD Negeri 14 Kesiman Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini mengambil subjek pada Kelas VI Semester II SD Negeri 14 Kesiman Tahun Pelajaran 2020/2021. Peningkatan prestasi belajar tersebut datanya diperoleh lewat pemberian tes, setelah data diperoleh, selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Perolehan data hasil penelitian ini, ternyata menggembirakan setelah cara pembelajaran yang konvensional diubah menggunakan model Inquiry. Kegiatan penelitian ini menghasilkan suatu peningkatan yang diharapkan yaitu meningkatnya perolehan data awal yang baru mencapai 62,19 dengan ketuntasan belajar 53% pada siklus I naik menjadi 74,69 dengan ketuntasan belajar 72%, dan pada siklus II naik menjadi 81,34 dengan ketuntasan belajar 100%. Hasil tersebut membuktikan keberhasilan penelitian ini sehingga peneliti berkesimpulan bahwa penerapan Model Inquiry berbantuan platform Zoom Cloud Meeting dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia. Siswa Kelas VI Semester II SD Negeri 14 Kesiman Tahun pelajaran 2020/2021.
This study aims to improve student achievement in Class VI Semester II SD Negeri 14 Kesiman for the 2020/2021 Academic Year. This study took the subject of Class VI Semester II SD Negeri 14 Kesiman Academic Year 2020/2021. The increase in learning achievement data is obtained through the provision of tests, after the data is obtained, then analyzed using descriptive analysis. The data obtained from this study were encouraging after the conventional learning method was changed using the Inquiry model. This research activity resulted in an expected increase, namely the increase in initial data acquisition which only reached 62.19 with 53% learning completeness in the first cycle increasing to 74.69 with 72% learning completeness, and in the second cycle increasing to 81.34 with learning mastery 100%. These results prove the success of this research, so the researchers conclude that the application of the Inquiry Model assisted by the Zoom Cloud Meeting platform in the implementation of the learning process can improve Indonesian language learning achievement. Class VI students in Semester II SD Negeri 14 Kesiman for the 2020/2021 academic year.
Downloads
References
Budiarsa, I. G. (2021). Penerapan model pembelajaran inkuiri sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar matematika. Indonesian Journal of Educational Development, 1(4), 650-660. https://doi.org/10.5281/zenodo.4560754
Christy, N. A. (2020). Revitalisasi pembelajaran bahasa dan sastra indonesia selama masa pandemi covid-19. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 1(1), 1-15.
Devi, D. A. P. P. S., Widana, I. W., & Sumandya, I. W. (2022). Pengaruh penerapan ice breaking terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas XI di SMK Wira Harapan. Indonesian Journal of Educational Development, 3(2), 240-247. https://doi.org/10.5281/zenodo.7032283
Katuuk, D. A., Rotty, V. N., Lengkong, J. S., & Rawung, R. K. (2021). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran online di masa pandemic covid-19 tantangan atau peluang. Media Manajemen Pendidikan,4(1), 160-171
Kuswandi, W. (2021). Efektivitas aplikasi zoom meeting terhadap kualitas pembelajaran jarak jauh mahasiswa pendidikan masyarakat IKIP Siliwangi Angkatan 2018. Comm-Edu (Community EducationJournal), 4(2), 76-81
Mardika, I. K. (2020). Upaya meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar kimia melalui penerapan model pembelajaran inkuiri. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 311-321. https://doi.org/10.5281/zenodo.4006135
Marhayani, D. A. (2021). Persepsi mahasiswa STKIP Singkawang terhadap penggunaan e-learning berbasis zoom meeting. Jurnal Inovasi Penelitian,1(8), 1637-1646
Putri, R. N. (2020). Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 705-709.
Suasthi, I. G. A., Arissusila, I. W., & Dana, I. P. A. (2022). Teknik e-learning dalam pembelajaran pendidikan agama hindu di kelas vii smp negeri 1 nusa penida. Widyanatya, 4(2), 134-147. https://ejournal.unhi.ac.id/index.php/widyanatya/article/download/3426/1766
Sudiartha, I. N. (2022). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa kelas XI P MIPA2 SMA negeri 1 Ubud semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Indonesian Journal of Educational Development, 2(4), 571-579. https://doi.org/10.5281/zenodo.6203204
Susmariani, N. K., Widana, I. W., & Rasmen Adi, I. N. (2022). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis blended learning dan kemandirian belajar Terada hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 230-240.
Toruan, D. L. (2022). Meningkatkan hasil belajar ipa materi induksi elektromagnetik melalui elearning dengan media video pembelajaran pada siswa kelas ix smpn 10 depok. Kompleksitas. Jurnal ilmiah manajemen, organisasi dan bisnis, 11(2), 25-30. http://ejurnal.swadharma.ac.id/index.php/kompleksitas/article/download/247/204
Widana, I. W., Sopandi, A. T., Suwardika, I. G. (2021). Development of an authentic assessment model in mathematics learning: A science, technology, engineering, and mathematics (STEM) approach. Indonesian Research Journal in Education, 5(1), 192-209. https://doi.org/10.22437/irje.v5i1.12992
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 I Wayan Narta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an Open Access article distributed under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License, which permits use, sharing, adaptation, distribution and reproduction in any medium or format, as long as you give appropriate credit to the original author(s) and the source, provide a link to the Creative Commons licence, and indicate if changes were made. The images or other third party material in this article are included in the article's Creative Commons licence, unless indicated otherwise in a credit line to the material.