Implementasi pendekatan SAVI untuk peningkatan prestasi belajar PJOK siswa kelas V SD Negeri 7 Peguyangan semester I tahun pelajaran 2019/2020

Authors

  • I Wayan Swardiana SD Negeri 7 Peguyangan

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.7367670

Keywords:

savi approach, learning achievement

Abstract

Penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SD Negeri 7 Peguyangan di Kelas V pada semester I tahun pelajaran 2019/2020 bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran PJOK menggunakan pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 7 Peguyangan yang berjumlah 35 siswa, sedangkat objek penelitian ini prestasi belajar PJOK. Data hasil penelitian ini dikumpulkan dengan cara pemberian tes prestasi belajar. Dalam menganalisis data yang diperoleh digunakan metode analisis deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes prestasi belajar peserta didik setelah diberikan tindakan. Data yang dihasilkan dari penelitian ini terdiri dari data awal, data siklus I dan data Siklus II. Dari data awal diperoleh rata-rata kelas baru mencapai nilai 66,11 dan ketuntasan belajarnya hanya mencapai 51%. Data ini jauh di bawah harapan mengingat KKM mata pelajaran PJOK di sekolah ini adalah 70 Pada siklus I sudah terjadi peningkatan yaitu rata-rata kelasnya mencapai 72,29 dan presentase ketuntasan belajar mencapai 74% Pada siklus II perolehan rata-rata kelas sudah mencapai 81,17 dan persentase ketuntasan belajarnya sudah mencapai 100%. Data pada Siklus II ini sudah sesuai harapan akibat penggunaan pendekatan pembelajaran yang sifatnya konstruktivis. Simpulan yang diperoleh adalah pendekatan SAVI dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Classroom action research conducted at SD Negeri 7 Peguyangan in Class V in the first semester of the 2019/2020 school year aims to improve learning achievement in PJOK subjects using the SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual) approach. The subjects of this study were the fifthgrade students of SD Negeri 7 Peguyangan, totaling 35 students, while the object of this research was PJOK learning achievement. The data from this research were collected by giving a learning achievement test. In analyzing the data obtained, descriptive analysis method was used. The data collection method used in this study used a student achievement test after being given an action. The data generated from this study consisted of initial data, cycle I data and data from Cycle II. From the initial data, the average grade for the new class reached 66.11 and the learning completeness only reached 51%. This data is far below expectations considering the KKM for PJOK subjects in this school is 70. In the first cycle there has been an increase, namely the class average reaches 72.29 and the percentage of learning completeness reaches 74%. In the second cycle the average class gain has reached 81, 17 and the percentage of complete learning has reached 100%. The data in Cycle II is in line with expectations due to the use of a constructivist learning approach. The conclusion obtained is that the SAVI approach can improve student achievement.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, R. (2020). Buku Jago Sepak Bola. Tanggerang: PT. Cemerlang

Ariestika, E., & Amni, H. (2022). Keterampilan menggiring bola: apakah ada hubungan kecepatan dan kelincahan pada pemain sepakbola. Jurnal Pelita Ilmu Keolahragaan, 2(1), 1-12. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/pjkr/article/download/237/184

Hamdayama, J. (2022). Metodologi pengajaran. Bumi Aksara.

Parengkuan, A., Paturusi, A., & Lomboan, E. B. (2022). Pengaruh Gaya Mengajar Periksa Sendiri Terhadap Kemampuan Menggiring Bola Dalam Permainan Sepak Bola. PHYSICAL: Jurnal Ilmu Kesehatan Olahraga, 3(1), 45-51.

Parwata I. M. Y. (2021). Pengaruh metode problem based learning terhadap peningkatan hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan: meta-analis. Indonesian Journal of Educational Development, 2(1), 1-9 https://doi.org/10.5281/zenodo.4781835

Pratiwi, E. (2021). Buku ajar strategi pembelajaran pendidikan jasmani(pedoman guru dalam mengajar penjas).

Rodriquez, E. I. S., Dwiyogo, W. D., & Supriyadi, S. (2020). Blended Learning Matakuliah Sepakbola untuk Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2), 206-213. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13171

Rohmansyah, N. A. (2017). Pengaruh model pembelajaran problem basedlearning terhadap kemampuan pemahaman konsep pendidikan jasmanipada pembelajaran tematik terintegrasi siswa kelas IV. Jurnal Penjakora, 4(2), 28–35.

Sudiarta, I. G. P., & Widana, I. W. (2019). Increasing mathematical proficiency and students character: lesson from the implementation of blended learning in junior high school in Bali. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series1317 (2019) 012118. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012118

Sukarini. (2020). Meningkatkan hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) materi permainan bola basket melalui penerapan model pembelajaran problem based learning. Journal of Education Action Research, 4(3), 371–377.

Susila. I. G (2022). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipethink-pair-share untuk meningkatkan prestasibelajar pjok. Indonesian Journal of Educational Development. 3(1), 104-112. https://doi.org/10.5281/zenodo.6570031

Widana, I. W. (2016). Sensitivitas Mendeteksi Bias Butir Metode Uji Beda Taraf Sukar, Khi-Kuadrat Lord dan Distribusi Sampling Empiris. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 7(2), 77-85. https://doi.org/10.21009/JEP.072.01

Widana, I. W. & Septiari, L. K. (2021). Kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran Project-Based Learning berbasis pendekatan STEM. Jurnal Elemen, 7(1), 209-220. https://doi.org/10.29408/jel.v7i1.3031

Published

2022-11-30

How to Cite

Swardiana, I. W. (2022). Implementasi pendekatan SAVI untuk peningkatan prestasi belajar PJOK siswa kelas V SD Negeri 7 Peguyangan semester I tahun pelajaran 2019/2020. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 3(3), 438-446. https://doi.org/10.5281/zenodo.7367670