Supervisi akademik sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan guru di SMK Negeri 1 Sarjo Kabupaten Pasangkayu dalam melaksanakan proses pembelajaran pada semester I tahun pelajaran 2019/2020

Authors

  • I Made Wiryasana SMK Negeri 1 Sarjo

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.7365117

Keywords:

academic supervision, learning process

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru melaksanakan proses pembelajaran melalui supervisi akademik. Rancangan penelitian ini penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan sekolah. Subjek penelitian tindakan sekolah ini adalah guru-guru di SMK Negeri 1 Sarjo yang berjumlah 10 orang. Metode analisis data penelitian menggunakan analisi deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan melaksanakan proses pembelajaran para guru mata pelajaran meningkat secara sinifikan, pada Prasiklus memperoleh hasil rata-rata 63,22 (kriteria kurang), Siklus I memperoleh hasil 68,93 (kriteria cukup), dan Siklus II memperoleh hasil rata-rata 86,28 (kriteria sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran melalui supervisi akademik mengalami peningkatan. Saran bagi guru untuk terus meningkatkan kemampuannya dengan bimbingan dari kepala sekolah maupun pengawas sekolah, serta belajar secara mandiri.

The purpose of this study was to improve the ability of teachers to carry out the learning process through academic supervision. This research design is a qualitative research with a school action research approach. The subjects of this school action research were 10 teachers at SMK Negeri 1 Sarjo. The research data analysis method used descriptive analysis. The results showed that the level of ability to carry out the learning process of subject teachers increased significantly, in the Pre-cycle the average results were 63.22 (less criteria), Cycle I obtained 68.93 results (sufficient criteria), and Cycle II obtained average results. -average 86.28 (very good criteria). Based on the results of the study, it can be concluded that the ability of teachers to carry out the learning process through academic supervision has increased. Based on the conclusions, suggestions are made for teachers to continue to improve their abilities with guidance from school principals and school supervisors, and learn independently.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apiyani, A. (2022). Implementasi pengembangan keprofesian berkelanjutan (pkb) guru madrasah dalam meningkatkan keprofesian. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 499–504.

Arifudin, O. (2021). Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Damayanthi, K. A. U., Widana, I. W., & Sumandya, I. W. (2022). Pengembangan bahan ajar matematika berbasis vokasi menggunakan linkfly siswa kelas X SMK. Indonesian Journal of Educational Development, 3(2), 199-208. https://doi.org/10.5281/zenodo.7026852

Dwiyono, Y. (2018). Academic supervision implementation by head of school. International Journal of Scientific Conference an Call for Papers, 1(1), 110–115. https://doi.org/10.2991/icei-18.2018.67

Handayani, L., & Sukirman, S. (2020). Perbandingan efektivitas pelaksanaan supervisi akademik dan supervisi klinis oleh kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru pada SMP 3 Bae Kudus. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 499–512.

https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/515

Musyadad, V. F., Hanafiah, H., Tanjung, R., & Arifudin, O. (2022). Supervisi akademik untuk meningkatkan motivasi kerja guru dalam membuat perangkat pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936-1941. https://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/download/653/597

Najmiah , S. (2021). Upaya peningkatan kompetensi guru dalam menyusun silabus dan rpp melalui supervisi akademik yang berkelanjutan di madarul inabah. Indonesian Journal of Educational Development 2(3), 480-490 https://doi.org/10.5281/zenodo.5681443

Rofiki, M. (2019). Urgensi supervisi akademik dalam pengembangan profesionalisme guru di era industri 4.0. Indonesian Journal of Basic Education, 2(3), 502–514.

Sulaeman, D. (2022). Implementasi media peraga dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Edumaspul Jurnal Pendidikan, 6(1), 71–77.

Sulastri, S. (2021). Supervisi akademik berbasis TIK di SDN 013 Bukit Bestari Tanjung pinang. Indonesian Journal of Educational Development, 2(1), 88-97. https://doi.org/10.5281/zenodo.4781861.

Tanjung, R. (2022). Manajemen mutu dalam penyelenggaraan pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29–36.

Widana, I. W., Suarta, I. M., & Citrawan, I. W. (2019). Penerapan metode simpang tegar untuk meningkatkan kemampuan guru dalam penulisan PTK dan artikel ilmiah. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 365 - 375. https://doi.org/10.21067/jpm.v4i1.3016

Widana, I. W. (2020). The effect of digital literacy on the ability of teachers to develop HOTS-based assessment. Journal of Physics: Conference Series 1503 (2020) 012-045.

https://doi.org/10.1088/1742-6596/1503/1/012045

Winarti, T. (2020). Penerapan model pembinaan kelompok dan individu untuk meningkatkan nilai akreditasi komponen standar isi bagi sekolah binaan SMP wilayah kecamatan Pemalang. Indonesian Journal of Educational Development,1(3),516-524. https://doi.org/10.5281/zenodo.4287482.

Published

2022-11-30

How to Cite

Wiryasana, I. M. (2022). Supervisi akademik sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan guru di SMK Negeri 1 Sarjo Kabupaten Pasangkayu dalam melaksanakan proses pembelajaran pada semester I tahun pelajaran 2019/2020. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 3(3), 320-329. https://doi.org/10.5281/zenodo.7365117