Usaha maksimal penerapan model pembelajaran kuantum untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelompok B1 semester II tahun pelajaran 2018/2019 di TK Kumarasari VII Denpasar
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.7367662Keywords:
quantum learning model, cognitive abilityAbstract
Penelitian ini dilaksanakan di TK Kumarasari VII Denpasar Kelas B1 Semester II yang kemampuan siswanya untuk tingkat kemampuan kognitif siswa masih sangat rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Kuantum dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa TK Kumarasari VII Denpasar di Kelas B1 Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes prestasi belajar siswa. Metode analisis data adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Kuantum dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas B1 semester II yang dibuktikan dari hasil yang sebelumnya diperoleh dengan rata-rata kelas 71,6 dan persentase ketuntasan belajar adalah 42,8%, pada siklus I meningkat menjadi 75,7 dengan prosentase sebesar 78,5% dan pada siklus II meningkat kembali dengan rata-rata kelas 77,6 dengan prosentase sebesar 100%. Hasil tersebut setelah dilakukan analisis menggunakan analisis deskriptif diperoleh kesimpulan bahwa menggunakan Model pembelajaran Kuantum dapat meningkatkan kreativitas dan kemampuan kognitif siswa kelas B1 semester II TK Kumarasari VII Denpasar.
This research was conducted in TK Kumarasari VII Denpasar Class B1 Semester II where the students' ability to cognitive ability level is still very low. The purpose of writing this classroom action research is to find out whether the Quantum learning model can improve the cognitive abilities of Kumarasari VII Denpasar Kindergarten students in Class B1 Semester II 2018/2019 Academic Year. The method of data collection in this study is the student's Quantum learning achievement test. The data analysis method is descriptive. The results obtained from this study are the Quantum learning model can improve the cognitive abilities of class B1 students in the second semester as evidenced by the results previously obtained with a class average of 71.6 and the percentage of learning completeness is 42.8%, in the first cycle it increased to 75 .7 with a percentage of 78.5% and in the second cycle it increased again with a class average of 77.6 with a percentage of 100%. After analyzing the results using descriptive analysis, it was concluded that using the Quantum learning model could increase the creativity and cognitive abilities of the second semester B1 graders of TK Kumarasari VII Denpasar.
Downloads
References
Budiarsa, I. G. (2020). Meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelasXII TKJ A SMKN 3 Tabanan melalui penerapan pembelajaran berbasismasalah dengan teknik diskusi kelompok. Indonesian Journal of Educa-tional Development, 1(1), 82-92. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760711.
Darmada, I. M., Widana, I. W., Suarta, I. M., Suryaabadi, IBG. (2020). Penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar kabupaten Tabanan Bali Indonesia. Widyadari, 21(2), 394 – 411. https://doi.org/10.5281/zenodo.4059735
Hasan, H. (2022). Implementasi model quantum teaching realitic (QTR)untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan media sampah. Indonesian Journal of Educational Development, 2(4), 561-570. https://doi.org/10.5281/zenodo.6203138
Juliana, D. G., Widana, I. W., & Sumandya, I. W. (2017). Hubungan motivasiberprestasi, kebiasaan belajar dan minat belajar terhadap hasil belajarmatematika. Emasains, 6(1), 40-60.
Lestari, ID. (2017). Pengaruh literasi sains terhadap kemampuan kognitif siswa pada konsep ekosistem. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Untirta, 1(2), 103-106.
Lestari, I. D., Ekanara, B., & Purwaningsih, D. E. (2021). Upaya meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas XI SMAN 4 Kota Serang melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Indonesian Journal of Educational Development, 1(4), 641-649. https://doi.org/10.5281/zenodo.4560738
Mirayani, P., Widana, I. W., Purwati, N. K. R. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem solving dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 7 Denpasar tahun pelajaran 2020/2021. Widyadari, 22(2), 429 - 438. https://doi.org/10.5281/zenodo.5550368
Nurlina, W. O. (2022). Upaya meningkatkan hasil belajar kimia melalui model pembelajaran kuantum pada siswa kelas x ipa 2 sma negeri 3 baubau. Jurnal Akademik FKIP Unidayan, 1(1), 30-38.
Setyowati, D. & Widana, I. W. (2016). Pengaruh minat, kepercayaan diri, dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar matematika. Emasains, 5(1), 66-72. ISSN 2302-2124.
Sulendri, N. N. (2019). Penggunaan model pembelajaran kuantum untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa indonesiasiswa kelas vb semester i di sd padangsambiandenpasar tahun pelajaran 2017/2018. Widyadari, 21(26), 1-11. http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/940/1/NI%20NENGAH%20SULENDRI.pdf
Sumudra, I. B. (2019). Penerapan model pembelajaran kuantum untuk meningkatkanp restasi belajar pkn pada siswa kelas V SD Negeri Kayubihi semester I tahun pelajaran 2017/2018. Widyadari, 21(2), 1-8.
Widana, I. W., Sumandya, I.W., & Suhardita, K. (2020). Pendidikan antikorupsi berbasis Tri Kaya Parisudha. Mahameru Press.
Yahya, H. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran quantum
teaching terhadap hasil belajar biologi siswa SMS Islam Terpadu AlFityan Gowa. Jurnal Biotek, 5(1), 155-166.
Yustiyawati, Y., Hasanudin, C. H., & Amin, A. K. A. (2021). Analisis keterampilan menulis teks ulasan dengan metode quantum learning berbantukan google classroom. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 3(01), 1-9.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Ni Ketut Ayuning
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an Open Access article distributed under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License, which permits use, sharing, adaptation, distribution and reproduction in any medium or format, as long as you give appropriate credit to the original author(s) and the source, provide a link to the Creative Commons licence, and indicate if changes were made. The images or other third party material in this article are included in the article's Creative Commons licence, unless indicated otherwise in a credit line to the material.