Usaha maksimal penerapan model pembelajaran kuantum untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelompok B1 semester II tahun pelajaran 2018/2019 di TK Kumarasari VII Denpasar

Authors

  • Ni Ketut Ayuning TK Kumasari VII Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.7367662

Keywords:

quantum learning model, cognitive ability

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di TK Kumarasari VII Denpasar Kelas B1 Semester II yang kemampuan siswanya untuk tingkat kemampuan kognitif  siswa masih sangat rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Kuantum dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa TK Kumarasari VII Denpasar di Kelas B1 Semester  II  Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes prestasi belajar siswa. Metode analisis data adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Kuantum dapat meningkatkan kemampuan kognitif  siswa kelas B1 semester II yang dibuktikan dari hasil yang sebelumnya diperoleh dengan rata-rata kelas 71,6 dan persentase ketuntasan belajar adalah 42,8%, pada siklus I meningkat menjadi 75,7 dengan prosentase sebesar 78,5% dan pada siklus II meningkat kembali dengan rata-rata kelas 77,6 dengan prosentase sebesar 100%. Hasil tersebut setelah dilakukan analisis menggunakan analisis deskriptif diperoleh kesimpulan bahwa menggunakan Model pembelajaran Kuantum dapat meningkatkan kreativitas dan kemampuan kognitif siswa kelas B1 semester II TK Kumarasari VII Denpasar.

This research was conducted in TK Kumarasari VII Denpasar Class B1 Semester II where the students' ability to cognitive ability level is still very low. The purpose of writing this classroom action research is to find out whether the Quantum learning model can improve the cognitive abilities of Kumarasari VII Denpasar Kindergarten students in Class B1 Semester II 2018/2019 Academic Year. The method of data collection in this study is the student's Quantum learning achievement test. The data analysis method is descriptive. The results obtained from this study are the Quantum learning model can improve the cognitive abilities of class B1 students in the second semester as evidenced by the results previously obtained with a class average of 71.6 and the percentage of learning completeness is 42.8%, in the first cycle it increased to 75 .7 with a percentage of 78.5% and in the second cycle it increased again with a class average of 77.6 with a percentage of 100%. After analyzing the results using descriptive analysis, it was concluded that using the Quantum learning model could increase the creativity and cognitive abilities of the second semester B1 graders of TK Kumarasari VII Denpasar. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiarsa, I. G. (2020). Meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelasXII TKJ A SMKN 3 Tabanan melalui penerapan pembelajaran berbasismasalah dengan teknik diskusi kelompok. Indonesian Journal of Educa-tional Development, 1(1), 82-92. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760711.

Darmada, I. M., Widana, I. W., Suarta, I. M., Suryaabadi, IBG. (2020). Penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar kabupaten Tabanan Bali Indonesia. Widyadari, 21(2), 394 – 411. https://doi.org/10.5281/zenodo.4059735

Hasan, H. (2022). Implementasi model quantum teaching realitic (QTR)untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan media sampah. Indonesian Journal of Educational Development, 2(4), 561-570. https://doi.org/10.5281/zenodo.6203138

Juliana, D. G., Widana, I. W., & Sumandya, I. W. (2017). Hubungan motivasiberprestasi, kebiasaan belajar dan minat belajar terhadap hasil belajarmatematika. Emasains, 6(1), 40-60.

Lestari, ID. (2017). Pengaruh literasi sains terhadap kemampuan kognitif siswa pada konsep ekosistem. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Untirta, 1(2), 103-106.

Lestari, I. D., Ekanara, B., & Purwaningsih, D. E. (2021). Upaya meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas XI SMAN 4 Kota Serang melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Indonesian Journal of Educational Development, 1(4), 641-649. https://doi.org/10.5281/zenodo.4560738

Mirayani, P., Widana, I. W., Purwati, N. K. R. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem solving dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 7 Denpasar tahun pelajaran 2020/2021. Widyadari, 22(2), 429 - 438. https://doi.org/10.5281/zenodo.5550368

Nurlina, W. O. (2022). Upaya meningkatkan hasil belajar kimia melalui model pembelajaran kuantum pada siswa kelas x ipa 2 sma negeri 3 baubau. Jurnal Akademik FKIP Unidayan, 1(1), 30-38.

Setyowati, D. & Widana, I. W. (2016). Pengaruh minat, kepercayaan diri, dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar matematika. Emasains, 5(1), 66-72. ISSN 2302-2124.

Sulendri, N. N. (2019). Penggunaan model pembelajaran kuantum untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa indonesiasiswa kelas vb semester i di sd padangsambiandenpasar tahun pelajaran 2017/2018. Widyadari, 21(26), 1-11. http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/940/1/NI%20NENGAH%20SULENDRI.pdf

Sumudra, I. B. (2019). Penerapan model pembelajaran kuantum untuk meningkatkanp restasi belajar pkn pada siswa kelas V SD Negeri Kayubihi semester I tahun pelajaran 2017/2018. Widyadari, 21(2), 1-8.

Widana, I. W., Sumandya, I.W., & Suhardita, K. (2020). Pendidikan antikorupsi berbasis Tri Kaya Parisudha. Mahameru Press.

Yahya, H. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran quantum

teaching terhadap hasil belajar biologi siswa SMS Islam Terpadu AlFityan Gowa. Jurnal Biotek, 5(1), 155-166.

Yustiyawati, Y., Hasanudin, C. H., & Amin, A. K. A. (2021). Analisis keterampilan menulis teks ulasan dengan metode quantum learning berbantukan google classroom. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 3(01), 1-9.

Published

2022-11-30

How to Cite

Ayuning, N. K. (2022). Usaha maksimal penerapan model pembelajaran kuantum untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelompok B1 semester II tahun pelajaran 2018/2019 di TK Kumarasari VII Denpasar. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 3(3), 428-437. https://doi.org/10.5281/zenodo.7367662