Implementasi metode diskusi kelompok kecil untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelompok belajar B1 semester 1 tahun pelajaran 2018/2019 di TK Eka Dharma Kumara

Authors

  • Ni Putu Suratningsih TK Eka Dharma Kumara

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.7367532

Keywords:

small group discussion method, cognitive ability

Abstract

Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah metode Diskusi Kelompok Kecil dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa TK Eka Dharma Kumara  di Kelas B1 Semester  I  Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di TK Eka Dharma Kumara Kelas B1 Semester I yang kemampuan siswanya untuk tingkat kemampuan kognitif siswa masih sangat rendah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan kognitif siswa. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Diskusi Kelompok Kecil dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas B1 semester I yang dibuktikan dari hasil yang sebelumnya diperoleh dengan rata-rata kelas 68,3 dan persentase ketuntasan belajar adalah 35%, pada siklus I meningkat menjadi 72,8 dengan persentase sebesar 70,5% dan pada siklus II meningkat kembali dengan rata-rata kelas 77,7 dengan persentase sebesar 100%. Hasil tersebut setelah dilakukan analisis menggunakan analisis deskriptif diperoleh kesimpulan bahwa menggunakan metode Diskusi Kelompok Kecil dapat meningkatkan kreativitas dan kemampuan kognitif siswa kelas B1 semester I TK Eka Dharma Kumara.

The purpose of writing this classroom action research is to find out whether the Small Group Discussion Method can improve the cognitive abilities of Eka Dharma Kumara Kindergarten students in Class B1 Semester I of the 2018/2019 academic year. This research was conducted in Eka Dharma Kumara Kindergarten Class B1 Semester I where the students' ability to cognitive ability level is still very low. The data collection method in this study was a test of students' cognitive abilities. The data analysis method is descriptive. The results obtained from this study are the Small Group Discussion Learning Model can improve the cognitive abilities of first semester B1 students as evidenced by the results previously obtained with a class average of 68.3 and the percentage of learning completeness is 35%, in the first cycle it increased to 72 ,8 with a percentage of 70.5% and in the second cycle it increased again with a class average of 77.7 with a percentage of 100%. These results, after analyzing using descriptive analysis, concluded that using the Small Group Discussion Method can improve creativity and cognitive abilities of B1 graders in the first semester of Eka Dharma Kumara Kindergarten. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andylah, K. N., Wahid, F. S., & Yono, R. R. (2022). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Perilaku Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 5 di SDIT Harapan Umat. Profesional Jurnal Pendidikan, 1(4), 41- 51. https://jurnal.statistikawan.com/index.php/pjp/article/download/35/36

Ardiana, R. (2022). Strategi Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak Kanak. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 1-10. https://murhum.ppjpaud.org/index.php/murhum/article/download/116/41

Astawayasa, K. G., Widana, I. W., & Rasmen Adi, I. N. (2022). Pengembangan asesmen HOTS mata pelajaran matematika sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 129-141. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.660

Catrining, L., dan Widana, I. W. (2018). Pengaruh pendekatan pembelajaran realistic mathematics education terhadap minat dan hasil belajar matematika. Emasains, 7(2), 120-129.

Faiz, A., Hakam, K. A., Nurihsan, J., & Komalasari, K. (2022). Pembelajaran Kognitif Moral melalui Cerita Dilema Berbentuk Animasi. Jurnal Basicedu, 6(4), 6463-6470. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/download/3284/1701

Herawati, E. L. (2022). Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP S. Islamiyah Hessa Air Genting Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 3(2), 117-125. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JPPG/article/viewFile/7092/7766

Lestari, I. D., Ekanara, B., & Purwaningsih, D. E. (2021). Upaya meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas XI SMAN 4 Kota Serang melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Indonesian Journal of Educational Development, 1(4), 641-649. https://doi.org/10.5281/zenodo.4560738

Puspita, Y., Sari, M., Zalisman, Z., Nasrianti, R., & Rizal, S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dalam Mengenal Lambang Bilangan 1-20 melalui Bermain Kartu Angka. Journal of Education Research, 3(3), 112-118. https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/download/88/76

Rohman, A. (2011). Memahami pendidikan dan ilmu pendidikan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Sumandya, I. W. & Widana, I. W. (2019). Pengembangan skenario pembelajaran matematika berbasis vokasional untuk siswa kelas XI SMK. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(2), 244-253, DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4704

Tari, I. D. A. E. P. D., Karpika, I. P., Sapta, I. K., Suhardhita, K., & Aman, V. (2020). Pendekatan konseling rational emotive behavioral therapy (REBT) dengan teknik dispute kognitif untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas VII.F SMP Negeri 12 Denpasar. Indonesian Journal of Educational Development, 1(3), 429-436. https://doi.org/10.5281/zenodo.4285218

Uji, L. T., Asikin, M., & Mulyono, M. (2021).Problem Solving Ability Viewed from Students’ Cognitive Style on Brain Based Learning Model Based on Self Assessment. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 11(A), 21-26.

Wicaksono, A. W., Nafi'ah, A., Winona, A. F. S., & Muhid, A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Kognitif melalui Metode Bernyanyi pada Anak Usia Dini: Literature Review. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(2), 408-420. http://jurnal.unw.ac.id/index.php/IJEC/article/view/1635/pdf

Widana, I. W. (2021). Analisis keterampilan guru matematika SMA untuk mengembangkan asesmen HOTS. El-Markazi

Widana, I. W. & Diartini, P. A. (2021). Model pembelajaran problem based learning berbasis etnomatematika untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, X(1), 88-98. https://doi.org/10.5281/zenodo.4657740

Published

2022-11-30

How to Cite

Suratningsih, N. P. (2022). Implementasi metode diskusi kelompok kecil untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelompok belajar B1 semester 1 tahun pelajaran 2018/2019 di TK Eka Dharma Kumara. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 3(3), 379-387. https://doi.org/10.5281/zenodo.7367532