Implementasi metode diskusi kelompok kecil untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelompok belajar B1 semester 1 tahun pelajaran 2018/2019 di TK Eka Dharma Kumara
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.7367532Keywords:
small group discussion method, cognitive abilityAbstract
Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah metode Diskusi Kelompok Kecil dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa TK Eka Dharma Kumara di Kelas B1 Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di TK Eka Dharma Kumara Kelas B1 Semester I yang kemampuan siswanya untuk tingkat kemampuan kognitif siswa masih sangat rendah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan kognitif siswa. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Diskusi Kelompok Kecil dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas B1 semester I yang dibuktikan dari hasil yang sebelumnya diperoleh dengan rata-rata kelas 68,3 dan persentase ketuntasan belajar adalah 35%, pada siklus I meningkat menjadi 72,8 dengan persentase sebesar 70,5% dan pada siklus II meningkat kembali dengan rata-rata kelas 77,7 dengan persentase sebesar 100%. Hasil tersebut setelah dilakukan analisis menggunakan analisis deskriptif diperoleh kesimpulan bahwa menggunakan metode Diskusi Kelompok Kecil dapat meningkatkan kreativitas dan kemampuan kognitif siswa kelas B1 semester I TK Eka Dharma Kumara.
The purpose of writing this classroom action research is to find out whether the Small Group Discussion Method can improve the cognitive abilities of Eka Dharma Kumara Kindergarten students in Class B1 Semester I of the 2018/2019 academic year. This research was conducted in Eka Dharma Kumara Kindergarten Class B1 Semester I where the students' ability to cognitive ability level is still very low. The data collection method in this study was a test of students' cognitive abilities. The data analysis method is descriptive. The results obtained from this study are the Small Group Discussion Learning Model can improve the cognitive abilities of first semester B1 students as evidenced by the results previously obtained with a class average of 68.3 and the percentage of learning completeness is 35%, in the first cycle it increased to 72 ,8 with a percentage of 70.5% and in the second cycle it increased again with a class average of 77.7 with a percentage of 100%. These results, after analyzing using descriptive analysis, concluded that using the Small Group Discussion Method can improve creativity and cognitive abilities of B1 graders in the first semester of Eka Dharma Kumara Kindergarten.
Downloads
References
Andylah, K. N., Wahid, F. S., & Yono, R. R. (2022). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Perilaku Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 5 di SDIT Harapan Umat. Profesional Jurnal Pendidikan, 1(4), 41- 51. https://jurnal.statistikawan.com/index.php/pjp/article/download/35/36
Ardiana, R. (2022). Strategi Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak Kanak. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 1-10. https://murhum.ppjpaud.org/index.php/murhum/article/download/116/41
Astawayasa, K. G., Widana, I. W., & Rasmen Adi, I. N. (2022). Pengembangan asesmen HOTS mata pelajaran matematika sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 129-141. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.660
Catrining, L., dan Widana, I. W. (2018). Pengaruh pendekatan pembelajaran realistic mathematics education terhadap minat dan hasil belajar matematika. Emasains, 7(2), 120-129.
Faiz, A., Hakam, K. A., Nurihsan, J., & Komalasari, K. (2022). Pembelajaran Kognitif Moral melalui Cerita Dilema Berbentuk Animasi. Jurnal Basicedu, 6(4), 6463-6470. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/download/3284/1701
Herawati, E. L. (2022). Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP S. Islamiyah Hessa Air Genting Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 3(2), 117-125. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JPPG/article/viewFile/7092/7766
Lestari, I. D., Ekanara, B., & Purwaningsih, D. E. (2021). Upaya meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas XI SMAN 4 Kota Serang melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Indonesian Journal of Educational Development, 1(4), 641-649. https://doi.org/10.5281/zenodo.4560738
Puspita, Y., Sari, M., Zalisman, Z., Nasrianti, R., & Rizal, S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dalam Mengenal Lambang Bilangan 1-20 melalui Bermain Kartu Angka. Journal of Education Research, 3(3), 112-118. https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/download/88/76
Rohman, A. (2011). Memahami pendidikan dan ilmu pendidikan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Sumandya, I. W. & Widana, I. W. (2019). Pengembangan skenario pembelajaran matematika berbasis vokasional untuk siswa kelas XI SMK. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(2), 244-253, DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4704
Tari, I. D. A. E. P. D., Karpika, I. P., Sapta, I. K., Suhardhita, K., & Aman, V. (2020). Pendekatan konseling rational emotive behavioral therapy (REBT) dengan teknik dispute kognitif untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas VII.F SMP Negeri 12 Denpasar. Indonesian Journal of Educational Development, 1(3), 429-436. https://doi.org/10.5281/zenodo.4285218
Uji, L. T., Asikin, M., & Mulyono, M. (2021).Problem Solving Ability Viewed from Students’ Cognitive Style on Brain Based Learning Model Based on Self Assessment. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 11(A), 21-26.
Wicaksono, A. W., Nafi'ah, A., Winona, A. F. S., & Muhid, A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Kognitif melalui Metode Bernyanyi pada Anak Usia Dini: Literature Review. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(2), 408-420. http://jurnal.unw.ac.id/index.php/IJEC/article/view/1635/pdf
Widana, I. W. (2021). Analisis keterampilan guru matematika SMA untuk mengembangkan asesmen HOTS. El-Markazi
Widana, I. W. & Diartini, P. A. (2021). Model pembelajaran problem based learning berbasis etnomatematika untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, X(1), 88-98. https://doi.org/10.5281/zenodo.4657740
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Ni Putu Suratningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an Open Access article distributed under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License, which permits use, sharing, adaptation, distribution and reproduction in any medium or format, as long as you give appropriate credit to the original author(s) and the source, provide a link to the Creative Commons licence, and indicate if changes were made. The images or other third party material in this article are included in the article's Creative Commons licence, unless indicated otherwise in a credit line to the material.