Model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa SD Negeri 3 Lemukih Singaraja
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.7367614Keywords:
contextual teaching and learning model, science learning achievementAbstract
Pelaksanaan penelitian ini berlokasi di SD Negeri 3 Lemukih Singaraja yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas VI semester II tahun pelajaran 2019/2020 setelah diterapkan model contextual teaching and learning dalam kegiatan belajar dan mengajar. Permasalahan awal yang terjadi adalah belum maksimalnya proses pembelajaran yang dilakukan guru dalam meningkatkan prestasi belajar IPA siswa. Setelah data dikumpulkan menggunakan instrumen berupa tes prestasi belajar IPA siswa dari nilai rata-rata awal 59,27 naik menjadi 68,73 pada siklus I dan naik menjadi 84,65 pada siklus II. Hasil pada siklus II sudah sesuai harapan indikator keberhasilan penelitian oleh karenanya penelitian ini tidak dilanjutkan ke siklus berikutnya. Dengan perolehan data tersebut dapat dipastikan bahwa penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar siswa sehingga hipotesis yang diajukan dapat diterima.
The implementation of this research is located at SD Negeri 3 Lemukih Singarajawhich aims to determine the increase in student achievement after applying the Contextual Teaching and Learning (CTL) model in the learning process. The purpose of this research is to improve the science learning achievement of class VI students in semester II of the 2019/2020 academic year after applying the contextual teaching and learning model in teaching and learning activities. The initial problem that occurs is that the teacher's learning process has not been maximized in improving students' science learning achievement. After the data was collected using an instrument in the form of a science learning achievement test, the students' initial average score was 59.27, rising to 68.73 in cycle I and rising to 84.65 in cycle II. The results in cycle II were in accordance with the expectations of indicators of research success, therefore this research was not continued to the next cycle. With the acquisition of these data it can be ascertained that the application of the Contextual Teaching and Learning (CTL) model in the implementation of the learning process is able to improve student achievement so that the hypothesis proposed can be accepted.
Downloads
References
Aryantari, N. G. A. (2020). Optimalisasi model pembelajaran contextualteaching and learning dengan metode demonstrasi untuk meningkatkan prestasi belajar seni budayasiswa. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 10(2).
Atmaja, I. K. S., Sukendra, I. K., & Widana, I. W. (2021). Pengembangan bahan ajar digital matematika SMA kelas X berorientasi HOTS. Widyadari, 22(2), 459 – 468. https://doi.org/10.5281/zenodo.5550368
Citrawan, I. W., Widana, I.W., Suarta, I. M. (2018). Education Sector Optimization for Improving of Human Development Index. International Journal of Social Science and Humanities, 2(1), 117-133. http://dx.doi.org/10.29332/ijssh.v2n1.102
Dharmayanti, D. P. A. (2022). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa indonesia siswa kelas VI semester I SD N 3 sudaji. Indonesian Journal of Educational Development, 3(1), 152-161.
Hadianti, L. S. (2017). Pengaruh Pelaksanaan tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan belajar siswa (Penelitian deskriftif analisis di SDN sukakarya II kecamatan samarang kabupaten garut). Jurnal Pendidikan UNIGA, 2(1), 1-8.
Hasan, H. (2021). Meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan model contextual teaching and learning pada era new normal. Indonesian Journal of Educational Development, 1(4), 630-640.
Karim, A. (2017). Analisis pendekatan pembelajaran ctl (contextual teaching and learning) di smpn 2 teluk jambe timur, karawang. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2).
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40.
Marlinda, N. L. P. M. (2021). Realisasi pada model contextual teaching and learning (ctl) sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas XII IPS 1 semester II sma negeri 1 kuta selatan tahun pelajaran2019/2020. Widyadari, 22(1).
Padmiati, N. W. (2019). Meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia melalui penerapan model pembelajaran mastery learning dengan metode bercerita dan pemberian tugas siswa kelas I semester I SD Negeri 1 Bona Tahun Pelajaran 2017/2018. Widyadari, 21(26), 1-14.
Pusparina, R. (2021). Meningkatkan motivasi berprestasi siswa melalui model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan CTL. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 391-400. https://doi.org/10.5281/zenodo.5257412
Putra, P. (2018). Penerapan pendekatan inkuiri pada mata pelajaran IPA untuk mengembangkan karakter siswa di SDN 01 Kota Bangun. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 28-47.
Soka, N. K. (2018). Pnerapan strategiexperiental learning (belajar pengalaman) dengan prinsip 4 m untuk meningkatkan prestasi belajar ipa. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 8(2).
Suhendra, A. (2019). Implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran sd/mi. Prenada Media.
Widana, I. W. (2017). Higher order thinking skills assessment (HOTS). Journal of Indonesia Student Assessment and Evaluation (JISAE), 3(1), 32-44, https://doi.org/10.21009/JISAE.031.04
Wijaya, I. W. (2019). Realisasi pada model contextual teaching and learning (ctl) untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa indonesia siswa kelas V semester I SD negeri 4 tamanbali tahun pelajaran 2017/2018. Widyadari, 21(26), 1-8.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Ni Made Artini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an Open Access article distributed under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License, which permits use, sharing, adaptation, distribution and reproduction in any medium or format, as long as you give appropriate credit to the original author(s) and the source, provide a link to the Creative Commons licence, and indicate if changes were made. The images or other third party material in this article are included in the article's Creative Commons licence, unless indicated otherwise in a credit line to the material.