Usaha maksimal untuk meningkatkan prestasi belajar IPA dengan penggunaan model pembelajaran inkuiri pada siswa SD Negeri 2 Bebetin
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.7367510Keywords:
Science Learning Achievement, Inquiry Learning ModelAbstract
Kemajuan mutu pendidikan utamanya peningkatan proses pembelajaran yang dilakukan guru di sekolah akan mampu diupayakan lewat sebuah penelitian tindakan. Oleh karenanya penulis mencoba melakukan penelitian ini demi adanya upaya perbaikan tersebut. Tujuan tersebut terfokus adalah untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa Kelas VI semester II SD Negeri 2 Bebetin Tahun Pelajaran 2019/2020 setelah usaha maksimal penggunaan model pembelajaran Inkuiri dalam pembelajaran. Peningkatan prestasi belajar tersebut datanya diperoleh lewat pemberian tes, setelah data diperoleh, selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Perolehan data hasil penelitian ini, ternyata menggembirakan setelah cara pembelajaran yang konvensional dirubah menggunakan model Inkuiri. Kegiatan penelitian ini menghasilkan suatu peningkatan yang diharapkan yaitu meningkatnya perolehan data awal yang baru mencapai 64,42 dengan ketuntasan belajar 53% pada siklus I naik menjadi 74,11 dengan ketuntasan belajar 74%, dan pada siklus II naik menjadi 84,37 dengan ketuntasan belajar 100%. Hasil tersebut membuktikan keberhasilan penelitian ini sehingga peneliti berkesimpulan bahwa usaha maksimal penggunaan model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas VI semester II SD Negeri 2 Bebetin tahun pelajaran 2019/2020.
The progress of the quality of education, especially the improvement of the learning process carried out by teachers in schools, will be able to be pursued throughan action research. Therefore, the author tries to do this research for the sake of these improvements. The goal is clearer and more focused, namely to improve the science learning achievement of Class VI students in the second semester of SD Negeri 2 Bebetin for the 2019/2020 academic year after maximum efforts are made to use the Inquiry learning model in learning. The increase in learning achievement data is obtained through the provision of tests, after the data is obtained, then analyzed using descriptive analysis. The data obtained from this study were encouraging after the conventional learning method was changed using the Inquiry model. This research activity resulted in an expected increase, namely the increase in initial data acquisition which only reached 64.42 with 53% learning completeness in the first cycle increasing to 74.11 with 74% learning completeness, and in the second cycle increasing to 84.37 with learning mastery 100%. These results prove the success of this study, so the researchers concluded that maximum effort in using the Inquiry learning model can improve science learning achievement for sixth grade students in the second semester of SD Negeri 2 Bebetin for the 2019/2020 school year.
Downloads
References
Benyamin, B., Qohar, A., & Sulandra, I. M. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa sma kelas x dalam memecahkan masalah SPLTV. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 909-922.
Effendie, I. N., Yusup, H., & Gundara, A. (2022). Pengaruh tingkat intensitas komunikasi orangtua terhadap prestasi belajar siswa: studi deskriptif analitis mengenai pengaruh tingkat intensitas komunikasi orangtua terhadap prestasi belajar siswa kelas viii mts al-bazari parungkuda kabupaten sukabumi. Jurnalika: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 68-82.
Kusumawati, N., & Maruti, E. S. (2019). Strategi belajar mengajar di sekolah dasar. Cv. Ae Media Grafika.
Mardika, I. K. (2020). Upaya meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar kimia melalui penerapan model pembelajaran inkuiri. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 311-321. https://doi.org/10.5281/zenodo.4006135
Meje, M. N., Nggandung, Y., & LoE, A. P. (2022). Persepsi guru pamong terhadap keterampilan mengajar mahasiswa praktek pengalaman lapangan (PPL) pada UPTD SMP Negeri 1 kupang. Journal Economic Education, Business and Accounting (JEEBA), 1(2), 87.
Mirayani, P., Widana, I. W., Purwati, N. K. R. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem solving dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 7 Denpasar tahun pelajaran 2020/2021. Widyadari, 22(2), 429 - 438. https://doi.org/10.5281/zenodo.5550368
Mirdad, J. (2020). Model-model pembelajaran (empat rumpun model pembelajaran). Jurnal Sakinah, 2(1), 14-23.
Murtini, N. M. (2019). Penerapan model pembelajaran inquiry untuk meningkatkan prestasi belajar PKN siswa kelas v semester ii sd negeri 6 peguyangan. Daiwi Widya, 6(2).
Qory, Aina. 2010. Hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan penyesuaian sosial pada siswa akselerasi bina insani. Skripsi UPI Bandung.
Saputro, A. N. C., Kuswandi, S., Purba, S., Aswan, N., Ermawati, E. A., Yuniwati, I., ... & Subakti, H. (2022). Manajemen mutu terpadu untuk pendidikan. Yayasan Kita Menulis.
Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).
Sumandya, I. W. & Widana, I. W. (2019). Pengembangan skenario pembelajaran matematika berbasis vokasional untuk siswa kelas XI SMK. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(2), 244-253, DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4704
Sutarningsih, N. L. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Journal of Education Action Research, 6(1).
Widana, I. W. (2022). Studi Eksploratif: Kemampuan guru SLB mengembangkan asesmen pembelajaran berbasis kearifan lokal di provinsi Bali. Widyadari 23(2), 427-442, https://doi.org/10.5281/zenodo.7191533
Zikra, Z., Aini, Q., & Suwarniati, S. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 7(2, Oktober), 227-234.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 I Gede Sumaka
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an Open Access article distributed under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License, which permits use, sharing, adaptation, distribution and reproduction in any medium or format, as long as you give appropriate credit to the original author(s) and the source, provide a link to the Creative Commons licence, and indicate if changes were made. The images or other third party material in this article are included in the article's Creative Commons licence, unless indicated otherwise in a credit line to the material.