Penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa SD Negeri 3 Sawan tahun pelajaran 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.7365464Keywords:
Indonesian Realistic Mathematics Education Approach, Mathematics learning achievementAbstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Sawan di Kelas III yang prestasi belajar matematika masih rendah. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Data penelitian tentang prestasi belajar matematika siswa dikumpulkan menggunakan tes prestasi belajar. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa mengikuti proses pembelajaran dari rata-rata awal 65,18 meningkat menjadi 74,06 pada siklus I dan meningkat menjadi 83,71 pada siklus II dengan ketuntasan belajar awal 41% pada siklus I meningkat menjadi 76% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Simpulan yang dapat diambil dari hasil tersebut adalah penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar matematika siswa.
This research was conducted at SD Negeri 3 Sawan in Grade III where mathematics learning achievement is still low. This classroom action research aims to find out the Indonesian Realistic Mathematics Education Approach (PMRI) can improve students' learning achievement in mathematics. Research data on students' mathematics learning achievement was collected using a learning achievement test. Data were analyzed using descriptive statistical analysis. The results obtained from this study indicate an increase in students' ability to follow the learning process from an initial average of 65.18 increased to 74.06 in the first cycle and increased to 83.71 in the second cycle with 41% early learning completeness in the first cycle increased to 76% and in the second cycle increased to 100%. The conclusion that can be drawn from these results is that the application of the Indonesian Realistic Mathematics Education Approach (PMRI) in the implementation of the learning process is able to improve students' mathematics learning achievement.
Downloads
References
Dahlan, A. H. (2018). Pengembangan model pembelajaran pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) untuk meningkatkan ketertarikan belajar matematika. Jurnal Pendidikan Matematika (JUPITEK), 1(1), 8-14.
Damayanthi, K. A. U., Widana, I. W., & Sumandya, I. W. (2022). Pengembangan bahan ajar matematika berbasis vokasi menggunakan linkfly siswa kelas X SMK. Indonesian Journal of Educational Development, 3(2), 199-208. https://doi.org/10.5281/zenodo.7026852
Eka, S., & Pratiwi, N. I. M. (2013). Upaya meningkatkan hasil belajar geometri bangun ruang melalui pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR) pada siswa kelas V SD negeri karangnongko 1 kalasan sleman. Repository UNY.
Herliania, E. F., & Wardono, W. (2019, February). Perlunya kemampuan Literasi Matematika ditinjau dari Gaya Kognitif dalam pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME). In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 234-238).
Kusumawati, N., & Maruti, E. S. (2019). Strategi belajar mengajar di sekolah dasar. Cv. Ae Media Grafika.
Khotimah, S. H., & Asâ, M. (2020). Pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 491-498.
Kartika, N. W. (2019). Pendekatan matematika realistik indonesia (pmri) untuk meningkatkan prestasi belajar matematika. Widyadari, 21(26), 1-8.
Sarah, e. S. (2016). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pada siswa kelas 3 sdn sukagalih 8 bandung (Doctoral Dissertation, Fkip Unpas).
Sumaka, I. G. (2022). Penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VI semester I SD Negeri 3 SUWUG berbantuan platform zoom cloud meeting. Indonesian Journal of Educational Development, 3(1), 142-151.
Sumandya, I. W. & Widana, I W. (2022). Reconstruction of Vocational-Based Mathematics Teaching Materials Using a Smartphone. Journal of Education Technology, 6(1), 133-139. https://dx.doi.org/10.23887/jet.v6i1.42833
Sundawan, M. D. (2016). Perbedaan model pembelajaran konstruktivisme dan model pembelajaran langsung. Logika Jurnal Ilmiah Lemlit Unswagati Cirebon, 16(1).
Susetyawati, M. E. (2021). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika realistik dalam upaya meningkatkan prestasi belajar matematika siswa smp di yogyakarta. Indonesian Journal Of Education and Humanity, 1(4), 202-216.
Susmariani, N. K., Widana, I. W., & Rasmen Adi, I. N. (2022). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis blended learning dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 230-240. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.675
Widana, I. W. (2022). Meta-analysis: The relationship between self-regulated learning and mathematical critical reasoning. Education.Innovation.Diversity,1(4), 64-75. https://doi.org/10.17770/eid2022.1.6739
Yuberta, K. R., & Kurnia, L. (2017). RME sebagai alternatif pendekatan pembelajaran matematika untuk membangun generasi kreatif dan berkarakter. Proceeding IAIN Batusangkar, 1(2), 303-310.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Luh Yudiani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an Open Access article distributed under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License, which permits use, sharing, adaptation, distribution and reproduction in any medium or format, as long as you give appropriate credit to the original author(s) and the source, provide a link to the Creative Commons licence, and indicate if changes were made. The images or other third party material in this article are included in the article's Creative Commons licence, unless indicated otherwise in a credit line to the material.