Meningkatkan budaya literasi membaca dan menulis siswa melalui pembiasaan di kelas
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.7365136Keywords:
litercy culture , reading, writingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan budaya literasi membaca dan menulis peserta didik dengan cara melakukan kegiatan pembiasaan peserta didik siswa MI DDI Lipu di Madrasah. Mengingat kondisi siswa yang saat ini jauh sekali dari keinginannya untuk membaca dan menulis, baik di rumah ataupun di madrasah. Dalam penelitian ini yang menjadi sasarannya adalah seluruh siswa kelas satu sampai dengan kelas enam. Kegiatan pembiasaan yang di laksanakan memiliki jadwal yang telah disusun berdasarkan hasil rapat kepala Madrasah dan dewan guru. Kegiatan pembiasaan budaya literasi membaca dan menulis ternyata di sambut baik oleh guru dan siswa. Pelaksanaan kegiatan pembiasaan ini sudah berjalan selama dua bulan dan di pantau langsung oleh kepala madrasah sebagai penggagas kegiatan pembiasaan ini. Siswa sangat antusias mengikuti kegiatan pembiasaan ini.
This study aims to improve the reading and writing literacy culture of MI Lipu students in Madrasahs.considering the current condition of students who are far from wanting to read and write, either at home or in schools. In this study, the targets were all students in grades one through six. Habituation activities carried out have a schedule that has been prepared based on the results of the head meeting madrasah and teacher councils. cultural habituation activities Literacy reading and writing. was well received by teachers and students. The implementation of this habituation activity has been running for two months. and monitored directly by the head of the madrasa as the initiator of this habituation activity. All of students were very enthusiastic in participating in this habituation activity.
Downloads
References
Ahmadi, F. & Ibda, H. (2022). Media Literasi Sekolah (Teori dan Praktik). Pilar Nusantara
Apriani, A. N., & Aryani, Y. D. (2018). Membangun Budaya Literasi Permulaan Bagi Siswa SD Kelas Awal Melalui Pop Up Book. Prosiding Seminar Nasional “Menjadi Pembelajar Sepanjang Hayat Dengan Literasi Sebagai Upaya Mewujudkan Pendidikan Anak Bangsa.”
Chandra, R., Damaianti, V. S., & Syaodih, E. (2021). Krisis Kemampuan Membaca Lancar Anak Indonesia Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(2), 903-910. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.848
Darmada, I. M., Widana, I. W., Suarta, I. M., Suryaabadi, IBG. (2020). Penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar kabupaten Tabanan Bali Indonesia. Widyadari, 21(2), 394 – 411. https://doi.org/10.5281/zenodo.4059735.
Gea, H., Mataputun, Y., & Tanta, C. (2022). Implementasi gerakan literasi membaca di SD Inpres Dabolding Kabupaten Pegunungan Bintang Provinsi Papua. NOKEN: Jurnal Pengelolaan Pendidikan, 3(1), 128-137.
Hasanah, U., & Silitonga, M. (2020). Implementasi gerakan literasi sekolah di sekolah dasar. Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Henry, T. G. (2018). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Penerbit Angkasa.
Kemendikbud. 2016. “Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah”. https://dikdas.kemdikbud.go.id/index.php/des
Lestari, A. W., & Fausiah, G. (2018). Pembudayaan gerakan literasi informasi siswa tingkat sekolah dasar di tanggerang selatan. EDULIB: Journal of Library and Information Science, 8(2), 167-179 https://doi.org/10.17509/edulib.v8i2.13490
Machmud, M. (2016). Tuntutan penelitian tugas akhir berdasarkan prinsip dasar penelitian. Penerbit Selaras.
Muhsyanur. (2019). Pengembangan keterampilan membaca suatu keterampilan berbahasa reseptif. UNIPRIMA PRESS.
Sadli, M., & Saadati, B. A. (2019). Analisis Pengembangan Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar. Terampil : Jurnal Pendidikan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151-164. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4829
Suardi, M. (2018). Belajar dan pembelajaran. Deepublish.
Sukma, H. H. & Rendi, A. S. (2021). Strategi Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Dididk Di Sekolah Dasar. Jurnalvaridka 33(1): 11-20. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.13200.
Sumandya, I. W. & Widana, I W. (2022). Reconstruction of Vocational-Based Mathematics Teaching Materials Using a Smartphone. Journal of Education Technology, 6(1), 133-139. https://dx.doi.org/10.23887/jet.v6i1.42833
Octavia, L. P. (2017). Pengaruh modelling the way terhadap kemampuan menulis teks cerita fabel siswa SMP. Retorika: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya, 10(2), 89-91. https://doi.org/10.26858/retorika.v10i2.4854
Wardiah, D. (2017). Peran storytelling dalam meningkatkan kemampuan menulis, minat membaca dan kecerdasan emosional siswa. Wahana Dikdatika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 15(2), 42-56. http://dx.doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v15i2.1236.
Wahyuningsih, S. (2021). Modul literasi baca tulis di sekolah dasar. In modul.
Widana, I. W. (2022). Meta-analysis: The relationship between self-regulated learning and mathematical critical reasoning. Education.Innovation.Diversity,1(4), 64-75. https://doi.org/10.17770/eid2022.1.6739
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Kamila Kamila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an Open Access article distributed under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License, which permits use, sharing, adaptation, distribution and reproduction in any medium or format, as long as you give appropriate credit to the original author(s) and the source, provide a link to the Creative Commons licence, and indicate if changes were made. The images or other third party material in this article are included in the article's Creative Commons licence, unless indicated otherwise in a credit line to the material.