Nilai-nilai cinta tanah air film Rudy Habibie dan relevansinya dalam pembelajaran PPKN di sekolah
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.7367554Keywords:
homeland values of love, the film Rudy Habibie, PPKNAbstract
Penelitian ini mengungkap nilai-nilai cinta tanah air film Rudy Habibie dan relevansinya dalam pembelajaran PPKN. Objek material penelitian ini adalah film Rudy Habibie karya Hanung Bramantyo dan Gina S. Noer. Film ini diambil dari kisah nyata presiden ketiga Indonesia, yaitu Bacharuddin Jusuf Habibie. Objek formal penelitian ini adalah nilai-nilai cinta tanah air film Rudy Habibie serta relevansinya dalam pembelajaran PPKN di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini memiliki dua tujuan sebagai berikut. Pertama, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai cinta tanah air yang terkandung pada film Rudy Habibie. Kedua, melihat relevansi nilai-nilai cinta tanah air film Rudy Habibie dengan pembelajaran PPKN di sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan ada lima nilai-nilai cinta tanah air dalam film Rudy Habibie. Nilai-nilai tersebut di antaranya: (1) kesetiaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, (2) kepedulian kepada bangsa dan negara, (3) pengabdian untuk kesejahteraan bangsa dan negara, (4) rela berkorban demi bangsa dan negara, dan (5) menghargai budaya dan ciri khas bangsa. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa adanya relevansi antara nilai-nilai cinta tanah air film Rudy Habibie dengan pembelajaran PPKN di sekolah. Hal ini terkait dengan adanya materi nilai-nilai pancasila dalam pelajaran PPKN kelas XII semester I.
This study reveals the values of patriotism in the film "Rudy Habibie" and its relevance in learning Civics. The object of this research is the film "Rudy Habibie" by Hanung Bramantyo and Gina S. Noer. This film is based on the true story of Indonesia's third president, Bacharuddin Jusuf Habibie. The formal object of this research is the values of patriotism in the film "Rudy Habibie" and its relevance in learning Civics in schools. This study uses a qualitative method. This research has two objectives as follows. First, this study aims to determine the values of love for the homeland contained in the film "Rudy Habibie. Second, look at the relevance of the values of patriotism in the film "Rudy Habibie" with learning Civics in schools. The results of this study indicate that there are five values of love for the homeland in the film "Rudy Habibie". These values include: (1) loyalty in the life of the nation and state, (2) concern for the nation and state, (3) dedication to the welfare of the nation and state, (4) willing to sacrifice for the nation and state, and (5) respect the culture and characteristics of the nation. The results of this study also show that there is a relevance between the values of patriotism in the film "Rudy Habibie" and learning PPKN in schools. This is related to the material values of Pancasila in the PPKN class XII semester I.
Downloads
References
Astiti, N. M. (2021). Upaya meningkatkan prestasi sekolah dasar negeri 1 Semarapura Klod melalui pendikar si buling berbasis kearifan lokal. Indonesian Journal of Educational Development, 2(1), 138-147. https://doi.org/10.5281/zenodo.4781875
Asyahidah, N. L., & Dewi, D. A. (2022). Implementasi Nilai-nilai Pancasila dalam Menumbuhkan Kesadaran Nasionalisme pada Generasi Muda di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9901–9908. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3988.
Fakhrurozi, J., & Adrian, Q. J. (2020). Ekranisasi cerpen ke film pendek: alternatif pembelajaran kolaboratif di perguruan tinggi. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, 21 Oktober 2020, 91-97. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/issue/view/956/.
Ismawati, Y. T., & Suyanto, T. (2015). Peran guru PKn dalam membentuk sikap cinta tanah air siswa di SMA Negeri 1 Mojosari kabupaten Mojokerto. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 02(03), 877-891.
Juliana, D. G., Widana, I. W., & Sumandya, I. W. (2017). Hubungan motivasi berprestasi, kebiasaan belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Emasains, 6(1), 40-60. ISSN 2302-2124.
Karmini, N. N. (2017). Fungsi Dan Makna Sastra Bali Tradisional Sebagai Pembentuk Karakter Diri. Mudra Jurnal Seni Budaya, 32(2), 149-161. https://doi.org/10.31091/mudra.v32i2.106
Kesuma, D. (2013). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Remaja Rosdakarya.
Nugroho, I. A., & Surjono, H. D. (2019). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis video materi sikap cinta tanah air dan peduli lingkungan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(1), 29-41. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i1.15911.
Puspitasari, S. (2021). Pentingnya realisasi bela negara terhadap generasi muda sebagai bentuk cinta tanah air. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 3(1), 72-79. https://doi.org/10.52483/ijsed.v3i1.43.
Rubiati, & Sriwaty, W. (2020). Penerapan model inquratif dalam pembelajaran menulis teks biografi berbantuan media film. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 28-44. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760432.
Trianton, T. (2013). Film Sebagai Media Belajar. Graha Ilmu.
Wibowo, A. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Sastra Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Melalui Pengajaran Sastra. Pustaka Pelajar.
Widana, I. W. (2022). Meta-analysis: The relationship between self-regulated learning and mathematical critical reasoning. Education.Innovation.Diversity,1(4), 64-75. https://doi.org/10.17770/eid2022.1.6739
Wijayanto, M., & Marzuki. (2018). Pendidikan bela negara sebagai tonggak peradaban jiwa patriotisme generasi muda. JIPPK, 3(2), 186-191. http://dx.doi.org/10.17977/um019v3i2p186-191.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Ni Luh Yeni Rosani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an Open Access article distributed under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License, which permits use, sharing, adaptation, distribution and reproduction in any medium or format, as long as you give appropriate credit to the original author(s) and the source, provide a link to the Creative Commons licence, and indicate if changes were made. The images or other third party material in this article are included in the article's Creative Commons licence, unless indicated otherwise in a credit line to the material.