Model pembelajaran numbered head together untuk meningkatkan kemampuan menentukan struktur teks anekdot
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.7367682Keywords:
an appreciation of literature, learning model Numbered Head Together (NHT) and text structures anecdotesAbstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menentukan struktur teks anekdot pada siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Selat. Untuk mengatasi hal tersebut digunakan strategi pembelajaran Numbered Head Together dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dan respon siswa dalam menentukan struktur teks anekdot. Rancangan penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan melalui empat langkah yaitu: 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan semester II tahun pelajaran 2019/2020 di kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Selat, yang berjumlah 39 orang siswa. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah 1) metode tes tindakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan 2) metode observasi untuk mengetahui respon siswa. Metode pengolahan data yang digunakan adalah deskriptif. Berdasarkan metode yang digunakan hasil penelitian ini mengalami peningkatan. Terbukti dengan hasil rata-rata yang diperoleh siswa pada siklus I meningkat dari 74,43 menjadi menjadi 86,02 pada siklus II. Selain itu, terlihat juga dengan adanya peningkatan pada observasi respon siswa yang awalnya pada siklus I sebesar 70,12 menjadi sebesar 85,76 pada siklus II.
The background of this study is the low ability to determine the structure of anecdotal texts in class X IPS 3 SMA Negeri 1 Selat, to overcome this problem, the Numbered Head Together learning strategy is used with the aim of knowing the improvement of students' abilities and student responses in determining the structure of anecdotal texts. This classroom action research design was carried out through four steps, namely: 1) planning, 2) action, 3) observation, and 4) reflection. This research was carried out in the second semester of the 2019/2020 academic year in class X IPS 3 SMA Negeri 1 Selat, totaling 39 students. The methods used to collect data are 1) the action test method to determine student learning outcomes, and 2) the observation method to determine student responses. The data processing method used is descriptive. Based on the method used, the results of this study have increased. Evidenced by the average results obtained by students in the first cycle increased from 74.43 to 86.02 in the second cycle. In addition, it was also seen that there was an increase in the observation of student responses, which was initially 70.12 in the first cycle to 85.76 in second cycle.
Downloads
References
Atmaja, I. K. S., Sukendra, I. K., & Widana, I. W. (2021). Pengembangan bahan ajar digital matematika SMA kelas X berorientasi HOTS. Widyadari, 22(2), 459 – 468. https://doi.org/10.5281/zenodo.5550368
Erliafika, D. N. (2017). Penggunaan kalimat dalam teks anekdot. Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 11-12. https://doi.org/10.32528/bb.v2i1.642.
Harta, I. W. (2020). Penerapan model pembelajaran induktif berbasis pendekatan analogi untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia dalam menulis teks ekposisi. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 122-130. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760735
Kosasih. 2016. Jenis-jenis Teks: Analisis Fungsi, Struktur, dan Kaidah serta Langkah Penulisannya. Yrama Widya.
Lagur, D, S., & Makur, A. P., & Ramda, A. H. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap kemampuan komunikasi matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 357-368. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.160.
Lestari, N. P. C. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Journal of Education Action Research, 2(4), 318-325. https://doi.org/10.23887/jear.v2i4.16331.
Mirayani, P., Widana, I. W., Purwati, N. K. R. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem solving dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 7 Denpasar tahun pelajaran 2020/2021. Widyadari, 22(2), 429 - 438. https://doi.org/10.5281/zenodo.5550368
Mulyati, A. & Hanifah, N. (2022). Intisari materi bahasa indonesia SMA: Plus Soal AKM. CV. Jejak.
Nasirun., Mukhlis, M., & Ermawati, S. (2020). Struktur dan kaidah teks anekdot dalam kumpulan cerita abu nawas. GERAM: Gerakan aktif menulis, 8(1), 60-69. https://doi.org/10.25299/geram.2020.vol8(1).4964.
Sujiati, T. (2021). Meningkatkan hasil belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. (2021). Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 207-218. https://doi.org/10.5281/zenodo.5232392
Suliantini, N. W., Martha, I. N. & Artawa, G. (2021). Citra perempuan dalam buku puisi tubuhmu selembar daun karya Gede Artawan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa, 10(1), 113-118. https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v10i1.396.
Widana, I. W., Sopandi, A. T., Suwardika, I. G. (2021). Development of an authentic assessment model in mathematics learning: A science, technology, engineering, and mathematics (STEM) approach. Indonesian Research Journal in Education, 5(1), 192-209. https://doi.org/10.22437/irje.v5i1.12992
Widana, I. W. & Ratnaya, I. G. (2021). Relationship between divergent thinking and digital literacy on teacher ability to develop HOTS assessment. Journal of Educational Research and Evaluation, 5(4), 516-524. https://doi.org/10.23887/jere.v5i4.35128
Yuniarti, Y. (2021). Project based learning sebagai model pembelajaran teks anekdot pada siswa SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 9(2), 73-81. http://dx.doi.org/10.30659/jpbi.9.2.%25p.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Ni Made Ariadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an Open Access article distributed under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License, which permits use, sharing, adaptation, distribution and reproduction in any medium or format, as long as you give appropriate credit to the original author(s) and the source, provide a link to the Creative Commons licence, and indicate if changes were made. The images or other third party material in this article are included in the article's Creative Commons licence, unless indicated otherwise in a credit line to the material.