EFEKTIVITAS METODE OLSI (OWN IT, LEARN IT, SHARE IT) DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI

Authors

  • I Gusti Putu Agung Arimbawa SMA Negeri 1 Petang

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.7675905

Keywords:

Pembelajaran OLSI, Motivasi belajar, prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar Biologi siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Petang tahun pelajaran 2021/2022 dengan implementasi metode OLSI. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas XI MIPA 4 yang berjumlah 33 orang. Objek penelitian ini adalah motivasi belajar dan prestasi belajar biologi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, tahapan tiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data motivasi belajar menggunakan angket motivasi belajar dan data prestasi belajar menggunakan tes prestasi belajar, selanjutnya dianalisis secara diskriptif. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan motivasi belajar Biologi siswa kelas XI IPA4 SMAN 1 Petang tahun pelajaran 2021/2022 dilihat dari peningkatan rerata motivasi belajar Biologi siswa sebesar 79,98 (kategori tinggi) pada siklus I, menjadi 86,63 (kategori sangat tinggi) pada siklus II. Selain itu, terjadi peningkatan prestasi belajar biologi siswa kelas XI MIPA 4 SMA N 1 Petang tahun pelajaran 2021/2022 melalui implementasi metode OLSI. Dilihat dari peningkatan rerata prestasi belajar biologi siswa sebesar 73,03 (kategori cukup) pada siklus I, meningkat menjadi 89.00 (kategori sangat baik) pada siklus II.

This study aims to increase learning motivation and learning achievement in Biology class XI IPA 4 SMA Negeri 1 Petang for the 2021/2022 academic year by implementing the OLSI method. This research is a classroom action research, with 33 students in class XI MIPA 4 as subjects. The object of this research is learning motivation and achievement in learning biology. This research was conducted in two cycles, the stages of each cycle were planning, implementing, observing and reflecting. The data collected are learning motivation using a learning motivation questionnaire and learning achievement data using a learning achievement test, then analyzed descriptively. The results showed that there was an increase in the motivation to study Biology, seen from the increase in the average student motivation to study Biology by 79.98 (high category) in cycle I, to 86.63 (very high category) in cycle II. In addition, there was an increase in biology learning achievement for class XI MIPA 4 SMAN 1 Petang for the 2021/2022 academic year through the implementation of the OLSI method. Judging from the increase in the average student achievement in biology by 73.03 (enough category) in cycle I, it increased to 89.00 (very good category) in cycle II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arimbawa, I.G.P.A. (2021). Penerapan word wall game quis berpadukan classroom untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi. (2021). Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 324-332. https://doi.org/10.5281/zenodo.5244716

Chaeruman, U. A., Wargahadibrata, H., Wulandari, S. & Sakuro. A. R. (2022). Evaluasi pemanfaatan model pembelajaran own it, learn it, share it dalam pembelajaran oleh guru paud di desa cisaat, subang jawa barat. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(5), 5103–5122. https://bajangjournal.com/index.php/J-ABDI/article/view/3696.

Dianti Purwaningsih, N. M., & Widana, I. W. (2017). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar matematika dengan mengontrol bakat numerik siswa. Emasains, 6(2), 153-159. ISSN 2302-2124.

Hamalik, O. (2013). Prosedur belajar mengajar. Bumi Aksara

Lee, E & Hannafin, M. J. (2016). "A design framework for enhancing engagement in student-centered learning: own it, learn it, and share it." in Educational Technologi Research Development. Educational Technology Research and Development, 64, 707–734. https://doi.org/10.1007/s11423-015-9422-5.

Marzuq, A., Lustiyantie, N., Chaeruman, U., Bahtiar, I. R., & Zulharby, P. (2021). Project-based learning and olsi (own it, learn it, share it) model in the arabic language learning media course. IJLECR (International Journal of Language Education and Cultural Review), 7(2), 181-187. https://doi.org/10.21009/IJLECR.072.17.

Mulyasa, E. (2013). Menjadi guru profesional: menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Remaja Rosdakarya.

Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141-147. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.248.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas guru dalam memotivasi belajar peserta didik. JK: Jurnal Kependidikan, 5(2), 216-232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939.

Rahayu, Restu, et al. (2022)."Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak." Jurnal Basicedu, 6(4), 6313-6319, https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237.

Salamony, M. (2021). Pemanfaatan Model Olsi Berbasis Merdeka Belajar Terhadap hasil belajar Kimia SMA Negeri 9 Ambon. Penelitian Ilmiah di KIG. Presenter KIG.

Setyowati, D. & Widana, I. W. (2016). Pengaruh minat, kepercayaan diri, dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar matematika. Emasains, 5(1), 66-72. ISSN 2302-2124.

Sumandya, I. W. & Widana, I. W. (2019). Pengembangan skenario pembelajaran matematika berbasis vokasional untuk siswa kelas XI SMK. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(2), 244-253. https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4704

Widana, I. W. (2020). The effect of digital literacy on the ability of teachers to develop HOTS-based assessment. Journal of Physics: Conference Series 1503 (2020) 012045. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1503/1/012045

Published

2023-02-28

How to Cite

Arimbawa, I. G. P. A. (2023). EFEKTIVITAS METODE OLSI (OWN IT, LEARN IT, SHARE IT) DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI . Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 3(4), 534-543. https://doi.org/10.5281/zenodo.7675905