Meningkatkan prestasi belajar IPA melalui implementasi model pembelajaran kooperatif jigsaw berbantuan media audio visual

Authors

  • I Wayan Sunarta SD Cipta Dharma

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.6570302

Keywords:

model pembelajaran Jigsaw, media audio visual, prestasi belajar IPA

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan di SD Cipta Dharma Denpasar. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif Jigsaw berbantuan media audio visual dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV D semester II tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 31 siswa. Objek penelitian adalah prestasi belajar IPA. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes prestasi belajar IPA. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila memenuhi kriteria keberhasilan sebagai berikut: Nilai rata-rata mate pelajaran IPA secara klasikal minimal sebesar 75 (KKM) dan ketuntasan secara klasikal minimal 85%. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya rata-rata prestasi belajar siswa adalah 65,10 dengan ktuntasan secara klasikal hanya 48%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 74,74 dengan ketuntasan secara klasikal mencapai 71%. Pada siklus II menjadi 82,52 dengan ketuntasan klasikal mencapai 97%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Jigsaw berbantuan media audio visual dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas IV D semester II tahun pelajaran 2019/2020 SD Cipta Dharma Denpasar.

This research is a classroom action research, which was conducted at SD Cipta Dharma Denpasar. The purpose of this classroom action research is to find out whether the Jigsaw cooperative learning model assisted by audio-visual media can improve students' science learning achievement. The subjects in the study were students of class IV D semester II of the 2019/2020 school year, totaling 31 students. The object of research is science learning achievement. The data collection method in this study used a science learning achievement test. The data analysis method in this research is descriptive. This research is said to be successful if it meets the following success criteria: The average value of classical science subjects is at least 75 (KKM) and classical completeness is at least 85%. The results obtained from this study are the Jigsaw learning model can improve student achievement. It is evident from the results obtained at the beginning that the average student achievement was 65.10 with a classical completeness of only 48%. In the first cycle the average value of the class increased to 74.74 with classical completeness reaching 71%. In the second cycle it became 82.52 with classical completeness reaching 97%. The conclusion obtained from this study is that the Jigsaw learning model assisted by audio-visual media can improve science learning achievement for grade IV D semester II students in the 2019/2020 academic year at Cipta Dharma Elementary School Denpasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, R. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran kimia di madrasah aliyah. Lantanida Journal, 5(1), 13-28.

Haryoko, S. (2012). Efektivitas pemanfaatan media audio-visual sebagai alternatif optimalisasi model pembelajaran. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1), 1-10

Lestari, I. D., Ekanara, B., & Purwaningsih, D. E. (2021). Upaya meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas XI SMAN 4 Kota Serang melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Indonesian Journal of Educational Development, 1(4), 641-649. https://doi.org/10.5281/zenodo.4560738

Lubis, N. A., & Harahap, H. (2016). Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Jurnal As-Salam, 1(1), 96-102.

Nisa, A., Lestari, N., & Sedijani, P. (2018) Perbedaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan numbered head together (nht) berbantuan media audio-visual terhadap hasil belajar ipa biologi siswa di smp negeri 3 mataram tahun ajaran 2016/2017. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 1(1), 81-86.

Pujingsih, R. R. S. H. (2021). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika dengan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw di SMA Negeri 1 Gerung. Jurnal Paedagogy, 8(1), 50-56.

Putra, I. N. (2021). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar memahami unsur intrinsik cerpen. Indonesian Journal of Educational Development, 1(4), 692-701. https://doi.org/10.5281/zenodo.4562064

Rosyidah, U. (2016). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 115-124.

Suartini, N. W. (2019). Penggunaan model pembelajaran kooperatif jigsaw untuk meningkatkan prestasi belajar matematika. Widyadari, 21(26), 1-8.

Sumandya, I. W. & Widana, I. W. (2019). Pengembangan skenario pembelajaran matematika berbasis vokasional untuk siswa kelas XI SMK. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(2), 244-253, DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4704

Suyanto, A. (2017). Manajemen lembaga pendidikan sebagai suatu sistem sosial. IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya, 1(1), 1-19.

Widana, I. W. & Septiari, L. K. (2021). Kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran Project-Based Learning berbasis pendekatan STEM. Jurnal Elemen, 7(1), 209-220. https://doi.org/10.29408/jel.v7i1.3031

Widarta, G. M. A. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 131-141. https://doi.org/10.5281/zenodo.4003775

Published

2022-05-27

How to Cite

Sunarta, I. W. (2022). Meningkatkan prestasi belajar IPA melalui implementasi model pembelajaran kooperatif jigsaw berbantuan media audio visual. Indonesian Journal of Educational Development, 3(1), 133-141. https://doi.org/10.5281/zenodo.6570302

Issue

Section

Articles